Minggu, 04 Maret 2018

HUKUM MEMASANG KAWAT GIGI (BEHEL)

KESIMPULAN TEAM DHF
__________________________
HUKUM MEMASANG BEHEL/KAWAT GIGI

PERTANYAAN:

Assalamu Alaikum akhi uhti

Sya mu nnyak gimn hukumnya memakai
Behel atu yg disebut kawat Gigi...
Menurut pandangan pra ulama gimn hukumnya......mohon penjelasannya......

Trima ksiih....

JAWAB:

Wa'alaykummussalam we, wb

Ada khilafiyah ulama'

Yg mana pemakainya tergantung niat n tujuan.

Jika memng tdk ada hajat yg sangat penting yg di legalkan olh syara' maka tdk di boleh kan krn ter masuk merubah bentuk apa yg sudah Allah ciptakan,

Namun bila ada hajat dan tdk merubah bentuk scr utuh, hnya skedar memperindah, bukam tujuan sombong
Maka hal yg demikian dibolehkan.

Haram jika tdk ada hajat syar'i .

ويحرم وصل الشعر وتفليح الاسنان والوشم لانه صلي الله عليه وسلم لعن فاعل ذلك والمفعول به

Hawaasyil Madaaniyyah II/59

Jika ada kebutuhan untuk meratakan gigi semisal susunangigi nampak jelek sehingga perludiratakan maka hukumnya tidakmengapa (baca:mubah)

.ﺃﻣﺎ ﺇﺫﺍ ﻟﻢ ﻳُﺤﺘﺞ ﺇﻟﻰ ﻫﺬﺍ ﻓﻬﻮ ﻻ ﻳﺠﻮﺯ ، ﺑﻞ ﺟﺎﺀ ﺍﻟﻨﻬﻲﻋﻦ ﻭﺷﺮ ﺍﻷﺳﻨﺎﻥ ﻭﺗﻔﻠﻴﺠﻬﺎ ﻟﻠﺤﺴﻦ ﻭﺟﺎﺀ ﺍﻟﻮﻋﻴﺪ ﻋﻠﻰﺫﻟﻚ ﻷﻥ ﻫﺬﺍ ﻣﻦ ﺍﻟﻌﺒﺚ ﻭﻣﻦ ﺗﻐﻴﻴﺮ ﺧﻠﻖ ﺍﻟﻠﻪ.

Namun jika tidak ada kebutuhan untukmengotak-atik gigi maka mengotak-atikgigi hukumnya haram, Bahkanterdapat larangan meruncingkan danmengikir gigi agar nampak indah.Terdapat ancaman keras atas tindakanini karena hal ini adalah suatu yang sia-sia dan termasuk mengubah ciptaanAllah.

ﺃﻣﺎ ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﻫﺬﺍ ﻟﻌﻼﺝ ﻣﺜﻼً ﺃﻭ ﻹﺯﺍﻟﺔ ﺗﺸﻮﻳﻪ ﺃﻭ ﻟﺤﺎﺟﺔﻟﺬﻟﻚ ﻛﺄﻥ ﻻ ﻳﺘﻤﻜﻦ ﺍﻹﻧﺴﺎﻥ ﻣﻦ ﺍﻷﻛﻞ ﺇﻻ ﺑﺈﺻﻼﺡﺍﻷﺳﻨﺎﻥ ﻭﺗﻌﺪﻳﻠﻬﺎ ﻓﻼ ﺑﺄﺱ ﺑﺬﻟﻚ.

Jadi mengotak-atik gigi dengan tujuanpengobatan, menghilangkan penampilangigi yang jelek atau ada kebutuhan yanglain semisal seorang itu tidak bisa makandengan baik kecuali jika susunan gigidiperbaiki dan ditata ulang maka haltersebut hukumnya tidak mengapa.

ﺳﺌﻞ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺻﺎﻟﺢ ﺍﻟﻔﻮﺯﺍﻥ ﻋﻦ ﺗﻘﻮﻳﻢ ﺍﻷﺳﻨﺎﻥ ﻓﻘﺎﻝ : ﺇﺫﺍﺍﺣﺘﻴﺞ ﺇﻟﻰ ﻫﺬﺍ ﻛﺄﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﻓﻲ ﺍﻷﺳﻨﺎﻥ ﺗﺸﻮﻳﻪ ﻭﺍﺣﺘﻴﺞ ﺇﻟﻰﺇﺻﻼﺣﻬﺎ ﻓﻬﺬﺍ ﻻ ﺑﺄﺱ ﺑﻪ ، ﺃﻣﺎ ﺇﺫﺍ ﻟﻢ ﻳُﺤﺘﺞ ﺇﻟﻰ ﻫﺬﺍ ﻓﻬﻮ ﻻﻳﺠﻮﺯ ، ﺑﻞ ﺟﺎﺀ ﺍﻟﻨﻬﻲ ﻋﻦ ﻭﺷﺮ ﺍﻷﺳﻨﺎﻥ ﻭﺗﻔﻠﻴﺠﻬﺎ ﻟﻠﺤﺴﻦﻭﺟﺎﺀ ﺍﻟﻮﻋﻴﺪ ﻋﻠﻰ ﺫﻟﻚ ﻷﻥ ﻫﺬﺍ ﻣﻦ ﺍﻟﻌﺒﺚ ﻭﻣﻦ ﺗﻐﻴﻴﺮﺧﻠﻖ ﺍﻟﻠﻪ .ﺃﻣﺎ ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﻫﺬﺍ ﻟﻌﻼﺝ ﻣﺜﻼً ﺃﻭ ﻹﺯﺍﻟﺔ ﺗﺸﻮﻳﻪ ﺃﻭ ﻟﺤﺎﺟﺔﻟﺬﻟﻚ ﻛﺄﻥ ﻻ ﻳﺘﻤﻜﻦ ﺍﻹﻧﺴﺎﻥ ﻣﻦ ﺍﻷﻛﻞ ﺇﻻ ﺑﺈﺻﻼﺡ ﺍﻷﺳﻨﺎﻥﻭﺗﻌﺪﻳﻠﻬﺎ ﻓﻼ ﺑﺄﺱ ﺑﺬﻟﻚ . ﺃﻣﺎ ﺇﺯﺍﻟﺔ ﺍﻷﺳﻨﺎﻥ ﺍﻟﺰﺍﺋﺪﺓ ﻓﻘﺎﻝﺍﻟﺸﻴﺦ ﺍﺑﻦ ﺟﺒﺮﻳﻦ : ﻻ ﺑﺄﺱ ﺑﺨﻠﻊ ﺍﻟﺴﻦ ﺍﻟﺰﺍﺋﺪ ﻷﻧﻪ ﻳﺸﻮﻩﺍﻟﻤﻨﻈﺮ ﻭﻳﻀﻴﻖ ﻣﻨﻪ ﺍﻹﻧﺴﺎﻥ ... ، ﻭﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﺍﻟﺘﻔﻠﻴﺞ ﻭﻻﺍﻟﻮﺷﺮ ﻟﻠﻨﻬﻲ ﻋﻨﻪ . ﺍﻧﻈﺮ ﻛﺘﺎﺏ ﻓﺘﺎﻭﻯ ﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﺔ ﺝ/1 ﺹ /477

Jika tjuan nya semata mata hanya utk kecantikan maka haram memasang behel pada gigi.
Dan jika memasang behel gigi di krn kan ad unsur aib pda gigi maka di perblh kan.

لعن الله الواشمات والمستوشمات والنامصات والمتنمصات والمتفلجات للحسن المغيرات خلق الله

Sbg perbandingan mslh mari kita bandingkan dg hdts:

سألت امرأة النبي صلى الله عليه وسلم فقالت: يا رسول الله، إن ابنتي أصابتها الحصبة، فامرق شعرها، وإني زوجتها، أفأصل فيه؟ فقال: لعن الله
الواصلة والمستوصلة

.Artinya : Ada seorang wanita bertanya kepada Rasulullah SAW : “Wahai Rasulullah, anak gadis saya terkena penyakit yang membuat rontok rambutnya dan saya hendak menikahkannya, apakah boleh saya sambung rambutnya?” Beliau bersabda: “Allah melaknat wanita penyambung rambut dan yang disambung rambutnya.(HR.Bukhari)

Wallohua'lam bishowwab
hikmahdhf.blogspot.com
diskusihukumfiqh212.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar