Rabu, 11 April 2018

DIVINISI DAN HUKUM CALO DAN MAKELLAR

KESIMPULAN TEAM MUSYAWWIRIN DHF
HUKUM CALO/MAKELAR
==================
◼◼◼◼◼◼◼◼◼◼◼◼◼◼◼◼◼◼◼◼◼

✅PERTANYAAN:❓❓❓
Assalamualaikum wr wb

Bagaimana hukum calo/makelar?

🔜🔲JAWABAN:

Waalaikumussalam, wr wb

terlebih dahulu kami jelaskan tentang:
📓 DIVINISI CALO

◽Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia disebutkan bahwa Calo adalah orang yang menjadi perantara dan memberikan jasanya untuk menguruskan sesuatu berdasarkan upah. Sedangkan makelar adalah perantara perdagangan antara pembeli dan penjual, atau orang yang menjualkan barang atau mencarikan pembeli.

🔘Bisa juga diartikan sebagai orang atau badan hukum yang berjual beli sekuritas atau barang untuk orang lain atas dasar komisi. 

◻Dalam bahasa Arab, calo sering disebut dengan simsarah/dallaal.

🔲 *HUKUM CALO*

◼ Calo dibolehkan dalam Islam dengan syarat-syarat tertentu.

📖Adapun dalil-dalilnya adalah sebagai berikut :
Pertama : Firman Allah :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَوْفُوا بِالْعُقُودِ
“Wahai orang-orang beriman sempurnakanlah akad-akad ( janji-janji) kalian “ (Qs. al-Maidah : 1)

📝Pada ayat di atas, Allah  memerintahkan orang-orang beriman untuk menyempurnakan akad –akad, termasuk di dalamnya menyempurnakan perjanjian seorang pedagang dengan calo.

     ◼dalil Kedua :
📖 Hadist riwayat Qais bin Abi Gorzah, bahwasanya ia berkata  :
كُنَّا نُسَمَّى فِي عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – السَّمَاسِرَةَ ، فَمَرَّ بِنَا رَسُولُ اللَّهِ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – فَسَمَّانَا بِاسْمٍ هُوَ أَحْسَنُ مِنْهُ ، فَقَالَ : ” يَا مَعْشَرَ التُّجَّارِ ! إِنَّ الْبَيْعَ يَحْضُرُهُ اللَّغْوُ وَالْحَلِفُ فَشُوبُوهُ بِالصَّدَقَةِ
     “Kami pada masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam disebut dengan “samasirah“ (calo/makelar), pada suatu ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam menghampiri kami, dan menyebut kami dengan nama yang lebih baik dari calo, beliau bersabda : “Wahai para pedagang, sesungguhnya jual beli ini kadang diselingi dengan kata-kata yang tidak bermanfaat dan sumpah (palsu), maka perbaikilah dengan (memberikan) sedekah“ (Shahih, HR Ahmad, Abu Daud, Tirmidzi, Nasai dan Ibnu Majah)

📝Hadist di atas menunjukkan bahwa pekerjaan calo sudah ada sejak masa Rasulullahshallallahu ‘alahi wassalam, dan beliau tidak melarangnya, bahkan menyebut mereka sebagai pedagang.

     ◼ Ketiga: Calo adalah pekerjaan yang dibutuhkan masyarakat, karena ada sebagian masyarakat yang sibuk, sehingga tidak bisa mencari sendiri barang yang dibutuhkan, maka dia memerlukan calo untuk mencarikannya. Sebaliknya, sebagian masyarakat yang lain, ada yang mempunyai barang dagangan, tetapi dia tidak tahu cara menjualnya, maka dia membutuhkan calo untuk memasarkan dan menjualkan barangnya.
Cara Menentukan Upah Calo.

◾Para ulama membolehkan seorang calo untuk mengambil upah dari pedagang atau pembeli atau dari keduanya. Walaupun sebagian ulama mengatakan bahwa upah calo diambil dari pedagang, dan ini berdasarkan kebiasaan di pasar pada waktu itu.

✍Berkata Imam Nawawi : “Upah calo dibayar oleh pemilik barang yang memintanya untuk menjualkan barangnya.”

🔄 *UPAH CALO*
    
➖Apakah Upah Calo Boleh Dalam Bentuk Prosentasi ?

🔘Dalam hal ini para ulama berbeda pendapat berdasarkan perbedaan mereka dalam memandang status upah calo ini apakah termasuk dalam akad Ju’alah (semacam sayembara berhadiah), atau akad ijarah (sewa-menyewa) dalam hal ini menyewa tenaga calo, atau akad wakalah(perwakilan).

1⃣Pendapat Pertama : Mayoritas ulama menyatakan bahwa upah calo harus jelas nominalnya, seperti Rp. 500.000,- atau Rp. 1.000.000,-  dan tidak boleh dalam bentuk prosentasi, seperti dapat 10 % dari hasil penjualan.

🔖Alasan mereka, bahwa upah calo masuk dalam katagori Ju’alah, dan syarat Ju’alah harus jelas hadiah atau upahnya. 

🔖Hal ini berdasarkan hadist Abu Sa’id al-Khudri yang menyatakan :
نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ اسْتِئْجَارِ الْأَجِيرِ حَتَّى يُبَيَّنَ لَهُ أَجْرُهُ
“Bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam melarang seseorang menyewa seorang pekerja sampai menjelaskan jumlah upahnya“ (HR. Ahmad)

2⃣Pendapat Kedua :
🔖Madzhab Hanabilah membolehkan seseorang memberikan upah kepada calo dalam bentuk prosentase.

◼Berkata al-Bahuti di dalam Kasyaf al-Qina’ (11/ 382) :
“ Kalau seseorang memberikan hamba sahayanya atau kendaraannya  kepada orang yang bisa mempekerjakannya dengan imbalan upah dari sebagian hasilnya, maka dibolehkan. Begitu juga dibolehkan  jika dia memberikan baju kepada yang bisa menjahitnya, atau  kain kepada yang bisa menenunnya dengan imbalan upah dari sebagian keuntungannya.”

✍Mereka berdalil dengan hadist Amru bin ‘Auf bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalambersabda :
  الْمُسْلِمُونَ عَلَى شُرُوطِهِمْ إلَّا شَرْطًا حَرَّمَ حَلَالًا أَوْ أَحَلَّ حَرَامًا
“Seorang muslim itu terikat kepada syarat yang telah disepakati.

🔲 *CALO YANG DI LARANG*

👉 Adapun calo yang dilarang dalam Islam adalah sebagai berikut :

1⃣Pertama :
Jika dia berbuat sewenang-wenang kepada konsumen dengan cara menindas, mengancam, dan mengintimidasi. Sebagaimana yang sering dilakukan oleh sebagian calo tanah yang akan dibebaskan dan ticket bis pada musim lebaran.

2⃣Kedua : Berbuat curang dan tidak jujur, umpamanya dengan tidak memberikan informasi yang sesungguhnya baik kepada penjual maupun pembeli yang menggunakan jasanya.

3⃣Ketiga :
Calo yang memonopoli suatu barang yang sangat dibutuhkan masyarakat banyak, dan menaikkan harga lebih tinggi dari harga aslinya, seperti  yang dilakukan oleh calo-calo ticket kereta api pada musim liburan dan lebaran.

4⃣Keempat :
Pegawai negeri maupun swasta yang sudah mendapatkan gaji tetap dari kantornya, kemudian mendapatkan tugas melakukan kerjasama dengan pihak lain untuk suatu proyek   dan mendapatkan uang fee karenanya. Maka uang fee tersebut haram dan termasuk uang grativikasi yang dilarang dalam Islam dan dalam hukum positif di Indonesia.

5⃣Kelima :
Para pengusaha kota yang mendatangi pedagang dan petani di desa-desa dan membeli barang mereka dengan harga murah dengan memanfaatkan ketidaktahuan mereka terhadap harga-harga di kota, dan kadang disertai dengan tekanan dan pemberian informasi yang menyesatkan. 

◾👉. Cara kerja Makelar dalam fiqh diperbolehkan karena kategori Wakalah, sehingga selama orang pertama (pemilik barang) tidak memberi batasan tertentu dalam menjual, sesuai diskripsi diatas kinerja makelar sah.

◽Namun makelar bisa juga dikategorikan akad ju’alah

📚 REFERENSI
Definisi makelar/calo
📕 وهبة الزحيلي، الفقه الإسلامي وأدلته للزحيلي، ٣٣٢٦/٥]
يع السمسرة: السمسرة: هي الوساطة بين البائع والمشتري لإجراء البيع. والسمسرة جائزة، والأجر الذي يأخذه السمسار حلال؛ لأنه أجر على عمل وجهد معقول، لكن قال الشافعية: لا يصح استئجار بيّاع على كلمة لا تتعب، وإن روّجت السلعة؛ إذ لا قيمة لها (2). ولا بأس أن يقول شخص لآخر: بع هذا الشيء بكذا، وما زاد فهو لك، أو بيني وبينك، لما رواه أحمد وأبو داود والحاكم عن أبي هريرة: «المسلمون على شروطهم».

______________
Status akad calo: bisa wakalah bil ju'li& hukum upahnya
📕 نهاية المحتاج مع حاشية المغربي ج ص ١١٤
وَصُورَةُ أُجْرَةِ الدَّلَّالِ أَنْ يَكُونَ الثَّمَنُ عَرَضًا فَيَسْتَأْجِرُ مَنْ يَعْرِضُهُ لِلْبَيْعِ ثُمَّ يَشْتَرِي سِلْعَةً بِهِ ، أَوْ يَلْتَزِمُ الْمُشْتَرِي أُجْرَةَ دَلَالَةِ الْمَبِيعِ مُعَيَّنَةً وَمَحِلُّ دُخُولِ أُجْرَةِ مَنْ ذُكِرَ إذَا لَزِمَتْ الْمَوْلَى وَأَدَّاهَا وَمَعْنَى قَوْلِهِ دَخَلَ أَنَّهُ يَضُمُّهَا إلَى الثَّمَنِ فَيَقُولُ قَامَ عَلَيَّ بِكَذَا ، وَلَيْسَ الْمُرَادُ أَنَّهُ بِمُطْلَقِ ذَلِكَ تَدْخُلُ جَمِيعُ هَذِهِ الْأَشْيَاءِ مَعَ الْجَهْلِ بِهَا ( قَوْلُهُ : أَوْ يَلْتَزِمُ الْمُشْتَرِي أُجْرَةَ دَلَالَةِ الْمَبِيعِ مُعَيَّنَةً ) هَذَا لَا يُوَافِقُ مَا سَيَأْتِي لَهُ آخِرَ الضَّمَانِ مِنْ تَرْجِيحِ مَا قَالَهُ الْأَذْرَعِيُّ هُنَاكَ مِنْ بُطْلَانِ الْبَيْعِ بِالْتِزَامِ الدَّلَالَةِ مُطْلَقًا سَوَاءٌ كَانَتْ مَعْلُومَةً أَوْ مَجْهُولَةً ; لِأَنَّهُ شَرَطَ عَلَيْهِ أَمْرًا آخَرَ وَهُوَ أَنْ يَدْفَعَ كَذَا إلَى جِهَةِ كَذَا فَلْيُحَرَّرْ . ( قَوْلُهُ : فَيَسْتَأْجِرُ مَنْ يَعْرِضُهُ لِلْبَيْعِ ) قَالَ الْأَذْرَعِيُّ : إنَّ مَا ذُكِرَ فِي أُجْرَةِ الدَّلَّالِ وَالْكَيَّالِ حَيْثُ تُوجِبُ لَهُ أُجْرَةً بِاسْتِئْجَارٍ أَوْ جَعَالَةٍ ، وَأَمَّا إذَا لَمْ يُسَمَّ لَهُ شَيْءٌ أَصْلًا كَمَا هُوَ الْعَادَةُ فَالْوَجْهُ تَخْرِيجُ ذَلِكَ عَلَى الْخِلَافِ فِي اسْتِحْقَاقِ أُجْرَةٍ ، فَعَلَى الْمَذْهَبِ لَا يَجُوزُ الضَّمُّ ; لِأَنَّهُ مُتَبَرِّعٌ بِالْأُجْرَةِ إلَّا أَنْ يَحْكُمَ بِهَا حَاكِمٌ ا هـ ، وَلَعَلَّ هَذَا هُوَ حُكْمُهُ تَعْبِيرُ الشَّارِحِ بِقَوْلِهِ فَيَسْتَأْجِرُ


📕‏( ﺍﻟﻤﺠﻤﻮﻉ - 14/140 ) .
ﻭﺇﻥ ﻗﺪﺭ ﺍﻟﺜﻤﻦ ﻓﻘﺎﻝ : ﺑﻊ ﺑﺄﻟﻒ ﺩﺭﻫﻢ، ﻟﻢ ﻳﺠﺰ ﺃﻥ ﻳﺒﻴﻊ ﺑﻤﺎ ﺩﻭﻧﻬﺎ، ﻻﻥ ﺍﻻﺫﻥ ﻓﻲ ﺍﻻﻟﻒ ﻟﻴﺲ ﺑﺈﺫﻥ ﻓﻴﻤﺎ ﺩﻭﻧﻬﺎ، ﻭﺇﻥ ﺑﺎﻉ ﺑﺄﻟﻔﻴﻦ ﻧﻈﺮﺕ، ﻓﺎﻥ ﻛﺎﻥ ﻗﺪ ﻋﻴﻦ ﻣﻦ ﻳﺒﻴﻊ ﻣﻨﻪ ﻟﻢ ﻳﺠﺰ، ﻻﻧﻪ ﻗﺼﺪ ﺗﻤﻠﻴﻜﻪ ﺑﺄﻟﻒ ﻓﻼ ﻳﺠﻮﺯ ﺃﻥ ﻳﻔﻮﺕ ﻋﻠﻴﻪ ﻏﺮﺿﻪ، ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻌﻴﻦ ﻣﻦ ﻳﺒﻴﻊ ﻣﻨﻪ ﺟﺎﺯ . ﻻﻥ ﺍﻻﺫﻥ ﻓﻲ ﺍﻻﻟﻒ ﺇﺫﻥ ﻓﻴﻤﺎ ﺯﺍﺩ ﻣﻦ ﺟﻬﺔ ﺍﻟﻌﺮﻑ . ﻻﻥ ﻣﻦ ﺭﺿﻰ ﺑﺄﻟﻒ ﺭﺿﻰ ﺑﺄﻟﻔﻴﻦ ﻭﺇﻥ ﻗﺎﻝ ﺑﻊ ﺑﺄﻟﻒ ﻭﻻ ﺗﺒﻊ ﺑﻤﺎ ﺯﺍﺩ ﻟﻢ ﻳﺠﺰ ﺃﻥ ﻳﺒﻴﻊ ﺑﻤﺎ ﺯﺍﺩ، ﻻﻧﻪ ﺻﺮﺡ ﺑﺎﻟﻨﻬﻲ ﻓﺪﻝ ﻋﻠﻰ ﻏﺮﺽ ﻗﺼﺪﻩ ﻓﻠﻢ ﻳﺠﺰ ﻣﺨﺎﻟﻔﺘﻪ.

📕 [النووي، المجموع شرح المهذب، ١٧٠/٩]
اذَا قَالَ السِّمْسَارُ الْمُتَوَسِّطُ بَيْنَهُمَا لِلْبَائِعِ بِعْتَ بِكَذَا فَقَالَ نَعَمْ أَوْ بِعْتُ وَقَالَ لِلْمُشْتَرِي اشْتَرَيْتَ بِكَذَا فَقَالَ نَعَمْ أَوْ اشْتَرَيْتُ فَوَجْهَانِ حَكَاهُمَا الرافعي (أصحهما) عند الرافعى وغيره الانقعاد لِوُجُودِ الصِّيغَةِ وَالتَّرَاضِي


📕 ( ﻓﺘﺎﻭﻯ ﺍﻷﺯﻫﺮ - ‏( ﺝ 9 / ﺹ 382 )
ﺍﻟﺴﺆﺍﻝ : ﻟﻠﺴﻤﺎﺳﺮﺓ ﻧﺸﺎﻁ ﻛﺒﻴﺮ ﻓﻰ ﺍﻟﺘﺠﺎﺭﺓ ، ﻓﻬﻞ ﻋﻤﻠﻬﻢ ﺣﻼﻝ ، ﻭﻣﺎ ﺣﻜﻢ ﺍﻟﻤﺎﻝ ﺍﻟﺬﻯ ﻳﻜﺴﺒﻮﻧﻪ ﻣﻦ ﺫﻟﻚ ؟ ﺍﻟﺠﻮﺍﺏ : ﺍﻟﺴﻤﺴﺎﺭ ﻫﻮ ﺍﻟﻮﺳﻴﻂ ﺍﻟﺬﻯ ﻟﻢ ﻳﺄﺧﺬ ﺻﻔﺔ ﺍﻟﻮﻛﻴﻞ ﺍﻟﺸﺮﻋﻰ ، ﻭﻻ ﻳﻔﻴﺪ ﻛﻼﻣﻪ ﻣﻊ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺗﻌﺎﻗﺪﺍ ﺷﺮﻋﻴﺎ ﻣﻠﺰﻣﺎ ، ﻷﻧﻪ ﻻ ﻳﻤﻠﻚ ﺍﻟﺴﻠﻌﺔ ﺍﻟﺘﻰ ﻳﺘﻮﺳﻂ ﻓﻰ ﺑﻴﻌﻬﺎ ﺃﻭ ﺷﺮﺍﺋﻬﺎ ، ﻭﻣﺎ ﻳﺄﺧﺬﻩ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻓﻰ ﺳﺒﻴﻞ ﺇﺗﻤﺎﻡ ﺍﻟﺼﻔﻘﺔ ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﺑﺴﺨﺎﺀ ﻧﻔﺲ ﻓﻼ ﻣﺎﻧﻊ ﻣﻨﻪ ، ﻭﺇﻻ ﻓﻬﻮ ﺳﺤﺖ . ﻭﻗﺪ ﻳﺤﻜﻢ ﻟﻪ ﺑﺄﺟﺮ ﺍﻟﻤﺜﻞ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻌﻤﻞ ﺍﻟﺬﻯ ﺃﺗﻤﻪ . ﻟﻜﻦ ﺇﻥ ﺃﺧﺬ ﺻﻔﺔ ﺍﻟﻮﻛﻴﻞ ، ﺑﺄﻥ ﻗﺎﻝ ﻟﻪ ﺷﺨﺺ : ﺍﺷﺘﺮ ﻟﻰ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺴﻠﻌﺔ ، ﻭﺳﺄﻋﻄﻴﻚ ﻛﺬﺍ ﻓﻰ ﻣﻘﺎﺑﻞ ﺗﻌﺒﻚ ﻭﻋﻤﻠﻚ ﻓﻼ ﺣﺮﻣﺔ ﻓﻰ ﺍﻟﻌﻤﻞ ﻭﻻ ﻓﻰ ﺍﻟﻜﺴﺐ . ﺃﻣﺎ ﺇﺫﺍ ﻗﺎﻝ ﻟﻪ : ﺍﺷﺘﺮ ﻟﻰ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺴﻠﻌﺔ ﻭﺳﺄﻋﻄﻴﻚ 10 % ‏( ﻋﺸﺮﺓ ﻓﻰ ﺍﻟﻤﺎﺋﺔ ‏) ﻣﻦ ﺍﻟﺜﻤﻦ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻴﻪ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﺻﺎﺩﻗﺎ ﻓﻰ ﺍﻹﺧﺒﺎﺭ ﻋﻦ ﺍﻟﺜﻤﻦ ، ﻓﺈﻥ ﻛﺬﺏ ﻭﺯﺍﺩ ﻓﻴﻪ ﺣﺘﻰ ﺗﺰﻳﺪ ﻋﻤﻮﻟﺘﻪ ﻛﺎﻥ ﺫﻟﻚ ﺣﺮﺍﻣﺎ ﻓﺎﻟﻮﺍﺟﺐ ﻋﻠﻰ ﻣﻦ ﻳﻘﻮﻡ ﺑﺎﻟﻮﺳﺎﻃﺔ ﻋﻠﻰ ﺻﻔﺔ ﺍﻟﻮﻛﺎﻟﺔ ﺃﻭ ﺍﻹﺟﺎﺭﺓ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﺻﺎﺩﻗﺎ ﻭﺃﻣﻴﻨﺎ ﻭﺭﺣﻴﻤﺎ ﺣﺘﻰ ﻳﺒﺎﺭﻙ ﺍﻟﻠَّﻪ ﻟﻪ ﻓﻰ ﻛﺴﺒﻪ . ﻭﺃﺣﺬﺭ ﺍﻟﻮﻛﻼﺀ ﻭﺍﻟﻤﻔﻮﺿﻴﻦ ﻓﻰ ﺗﻮﺭﻳﺪ ﺃﻭ ﺷﺮﺍﺀ ﺷﻰﺀ ﻟﺸﺨﺺ ﺃﻭ ﺷﺮﻛﺔ ﺃﻭ ﻫﻴﺌﺔ ﻣﺜﻼ ﺃﻥ ﻳﺘﻔﻘﻮﺍ ﻣﻊ ﻣﺎﻟﻜﻰ ﺍﻟﺴﻠﻌﺔ ﻋﻠﻰ ﺗﺤﺮﻳﺮ ﻣﺴﺘﻨﺪﺍﺕ ﺑﺜﻤﻦ ﺃﻋﻠﻰ ﻟﻴﺤﺼﻠﻪ ﻣﻦ ﺍﻟﺠﻬﺔ ﺍﻟﺘﻰ ﻓﻮﺿﺘﻪ ﻓﻰ ﺣﻴﻦ ﺃﻧﻪ ﺩﻓﻊ ﺃﻗﻞ ﻣﻦ ﺫﻟﻚ ، ﻟﻴﺄﺧﺬ ﺍﻟﻔﺮﻕ ﻟﻪ ، ﻓﺘﻠﻚ ﺧﻴﺎﻧﺔ ، ﻓﺈﺫﺍ ﻭﺍﻓﻖ ﻣﻦ ﻓﻮﺿﻮﻩ ﻋﻠﻰ ﺃﻧﻪ ﺩﻓﻊ ﺛﻤﻨﺎ ﺃﻭ ﺍﺗﻔﻖ ﻋﻠﻰ ﺳﻌﺮ ﺃﻗﻞ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﻌﺘﺎﺩ . ﻋﻠﻰ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﺍﻟﻔﺮﻕ ﻟﻪ ﻓﻬﻮ ﺣﻼﻝ . ﻭﺍﻟﻤﻬﻢ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﺻﺎﺩﻗﺎ ﻏﻴﺮ ﻣﺘﻮﺍﻃﺊ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻜﺴﺐ ﺑﻬﺬﻩ ﺍﻟﺤﻴﻞ ، ﻭﺃﻻ ﻳﻜﻮﻥ ﻓﻴﻬﺎ ﺧﺴﺎﺭﺓ ﻟﻠﺠﻬﺔ ﺍﻟﻤﻮﺭﺩﺓ ﺃﻭ ﺍﻟﻤﺎﻟﻜﺔ ﻟﻠﺴﻠﻌﺔ ، ﻷﻧﻬﺎ ﻏﻴﺮ ﻣﻮﺍﻓﻘﺔ ﺃﻭ ﻷﻧﻬﺎ ﺟﺎﻫﻠﺔ ﺑﺘﺼﺮﻑ ﻣﻦ ﺑﺎﻉ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺴﻠﻌﺔ . ﻭﺃﻣﺜﺎﻝ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺘﺼﺮﻓﺎﺕ ﺍﻟﺒﻌﻴﺪﺓ ﻋﻦ ﻣﻮﺍﻓﻘﺔﺍﻟﻄﺮﻓﻴﻦ ﻣﻈﻨﺔ ﻟﻼﺗﻬﺎﻡ ، ﺑﻞ ﻣﺪﺭﺟﺔ ﺇﻟﻰ ﺍﺭﺗﻜﺎﺏ ﺃﻣﻮﺭ ﺧﻄﻴﺮﺓ ، ﺳﺘﻜﺸﻒ ﺍﻷﻳﺎﻡ ﻋﻨﻬﺎ ، ﻭﺑﺨﺎﺻﺔ ﺇﺫﺍ ﺍﺧﺘﺼﻢ ﺍﻟﻠﺼﺎﻥ . ﻭﻣﻨﺪﻭﺏ ﺍﻟﻤﺸﺘﺮﻳﺎﺕ ﺍﻟﺬﻯ ﻳﺄﺧﺬ ﻣﻦ ﺍﻟﺒﺎﺋﻊ ﻋﻤﻮﻟﺔ ﺃﻭ ﺇﻛﺮﺍﻣﻴﺔ ، ﻷﻧﻪ ﺍﺷﺘﺮﻯ ﻣﻨﻪ ﻭﺁﺛﺮﻩ ﻋﻠﻰ ﻏﻴﺮﻩ ، ﺃﻭ ﺃﺧﺬ ﻣﻨﻪ ﻛﻤﻴﺎﺕ ﻛﺒﻴﺮﺓ ، ﺇﻥ ﺗﻤﺖ ﺍﻟﺼﻔﻘﺔ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺸﺮﻭﻁ ﻭﺍﻟﻤﻮﺍﺻﻔﺎﺕ ﻭﺍﻟﺜﻤﻦ ﺍﻟﻤﻌﻠﻦ ﻋﻨﻪ ، ﻭﻟﻢ ﻳﻜﻦ ﻫﻨﺎﻙ ﻇﻠﻢ ﻭﻻ ﺍﺧﺘﻼﺱ ﻛﺎﻥ ﻣﺎ ﻳﻌﻄﻴﻪ ﺍﻟﺒﺎﺋﻊ - ﺷﺨﺼﺎ ﺃﻭ ﺷﺮﻛﺔ ﺃﻭ ﻏﻴﺮﻫﻤﺎ - ﻛﻬﺪﻳﺔ ﻟﻪ ﻻ ﻣﺎﻧﻊ ﻣﻨﻪ ﺷﺮﻋﺎ ، ﺃﻣﺎ ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻫﻨﺎﻙ ﻏﺶ ﻓﻰ ﺍﻟﺘﻐﺎﺿﻰ ﻋﻦ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﺸﺮﻭﻁ ﻭﺍﻟﻤﻮﺍﺻﻔﺎﺕ ، ﺃﻭ ﻇﻠﻢ ﻟﻤﻦ ﺭﺳﺎ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﻤﺰﺍﺩ ﻣﺜﻼ ﻛﺎﻥ ﻣﺎ ﻳﺄﺧﺬﻩ ﺣﺮﺍﻣﺎ ، ﺳﻮﺍﺀ ﺷﺮﻃﻪ ﻋﻠﻰ ﻣﺎﻟﻚ ﺍﻟﺴﻠﻌﺔ ﺃﻡ ﻟﻢ ﻳﺸﺮﻃﻪ . ﻭﻣﻊ ﺫﻟﻚ ﻳﻨﺒﻐﻰ ﺍﻟﺘﻌﻔﻒ ﻋﻨﻪ ﺑﻘﺪﺭ ﺍﻹﻣﻜﺎﻥ ، ﻭﺍﻟﻘﻴﺎﻡ ﺑﺎﻟﻮﺍﺟﺐ ﺍﻟﻤﻨﻮﻁ ﺑﻪ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻮﺟﻪ ﺍﻟﻤﺮﺿﻰ ، ﺩﻭﻥ ﻧﻈﺮ ﺇﻟﻰ ﻫﺪﻳﺔ ﺃﻭ ﻣﻜﺎﻓﺄﺓ - ﻣﺎﺩﻳﺔ ﺃﻭ ﺃﺩﺑﻴﺔ - ﻓﻴﺆﺩﻳﻪ ﺑﺤﻜﻢ ﻭﻇﻴﻔﺘﻪ ﺃﻭ ﻋﻤﻠﻪ ، ﻭﺍﻷﻣﺮ ﻳﻌﻮﺩ ﺑﻌﺪ ﺫﻟﻚ ﺇﻟﻰ - ﺃﻋﻄﺎﻩ ﻭﺑﻘﺪﺭ ﻧﻴﺘﻪ ﻳﻜﻮﻥ ﺟﺰﺍﺅﻩ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﻠّﻪ . ﻭﺇﺫﺍ ﻛﺎﻧﺖ ﺍﻟﺸﺒﻬﺎﺕ ﻣﻦ ﺑﺎﺏ ﺍﻟﺤﻼﻝ ، ﺃﻯ ﻏﻴﺮ ﺍﻟﺤﺮﺍﻡ ، ﻓﺎﻷﻭﻟﻰ ﺍﻟﺒﻌﺪ ﻋﻨﻬﺎ ، ﻓﺈﻥ ﺃﻗﻞ ﻣﺎ ﻓﻴﻬﺎ ﻫﻮ ﺍﻟﻘﻴﻞ ﻭﺍﻟﻘﺎﻝ . ﻭﻣﺎ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﻠّﻪ ﺧﻴﺮ ﻭﺃﺑﻘﻰ ﻟﻤﻦ ﺃﺧﻠﺺ ﻓﻰ ﻋﻤﻠﻪ ﺭﺍﺟﻴﺎ ﺛﻮﺍﺑﻪ ، ﻗﺎﻝ ﺗﻌﺎﻟﻰ { ﺇﻥ ﺍﻟﺬﻳﻦ ﺁﻣﻨﻮﺍ ﻭﻋﻤﻠﻮﺍ ﺍﻟﺼﺎﻟﺤﺎﺕ ﺇﻧَّﺎ ﻻ ﻧﻀﻴﻊ ﺃﺟﺮ ﻣﻦ ﺃﺣﺴﻦ ﻋﻤﻼ } ﺍﻟﻜﻬﻒ : 30. ﺍﻫـ

(والله اعلم بالصواب)  ‏

diskusihukumfiqh212.blogspot.com
hikmahdhf.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar