Minggu, 01 April 2018

HUKUM BUTA,TULI,BISU TIDAK WAJIB SHOLAT

KESIMPULAN TEAM DHF
SEPUTAR SHOLAT ORANG BUTA, TULI DAN BISU
______________________
*PERTANYAAN*
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته.

Titipan.

Minta penjelasannya Ust/zah,  Sekalian Ibarohnya.

Pernah Guru Sekolah saya bilang kalau orng buta, orang Tuli, orang bisu. Tidak Wajib Sholat.!!!
Apa benar demikia?

Itu gimana menurut para ust/zah.
# silahkan dibantu Al Faqir Rijal Noerool Qolbyie Moh Rifa'e Hamim Fikri Sahrowardi Masgumi Sawardi Gharibul Hasan

*JAWABAN*
وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

⏩antara syarat wajib sholat adalah mendengar melihat.

Maka sebagaimana pertanyaan sail ,hukum nya di tafsil:

⏩1. jika dia buta tuli semenjak lahir, maka telah gugur atas dia kewajiban syari'at islam, karena tidak adanya cara untuk menyampaikan dakwah kepadanya.

⏩2. Berbeda apabila kondisi (buta tuli) itu datang setelah tamyiz (masa menjelang baligh) dan telah mengetahui hukum (permasalahan) sholat, maka yang bersangkutan terkena kewajiban.

Kewajiban melaksanakan solat bagi anak yang sudah tamyiz dan belum baligh, doktrin atau khithobnya lebih ke orang tua wali untuk mulai memberikan latihan sholat kepada anak-anaknya.

Keterangan tambahan:

[Nihayatuzzain 1/9].
⏩Syarat wajib solat fardlu:
1. MUSLIM
2. MUKALLAF (aqil baligh)
3. sampainya da'wah (islam)

Maka bagi orang yang tidak tersentuh da'wah islam karena tidak terjangkau, seperti orang yang tinggal di puncak gunung misalnya, maka mereka tidak terkena hukum wajib. Begitu juga orang yang dilahirkanan dalam keadaan buta dan tuli, mereka tidak terkena kewajiban, dikarenakan tidak ada cara untuk menyampaikan da'wah kepadanya.

📚*REFERENSI*
📓Nihayatuzzain : 1/9
ﻭَﻛَﺬَﺍ ﻣﻦ ﺧﻠﻖ ﺃﻋﻤﻰ ﺃَﺻﻢّ ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﻏﻴﺮ ﻣُﻜَﻠّﻒ ﺑِﺸَﻲْﺀ ﺇِﺫْ ﻟَﺎ ﻃَﺮِﻳﻖ ﻟَﻪُ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟْﻌﻠﻢ ﺑﺬﻟﻚ ﻭَﻟَﻮ ﻛَﺎﻥَ ﻧﺎﻃﻘﺎ ﻟِﺄَﻥ ﺍﻟﻨُّﻄْﻖ ﺑِﻤُﺠَﺮَّﺩِﻩِ ﻟَﺎ ﻳﻜﻮﻥ ﻃَﺮِﻳﻘﺎ ﻟﻤﻌْﺮِﻓَﺔ ﺍﻟْﺄَﺣْﻜَﺎﻡ ﺍﻟﺸَّﺮْﻋِﻴَّﺔ ﺑِﺨِﻠَﺎﻑ ﻣﻦ ﻃَﺮَﺃَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺫَﻟِﻚ ﺑﻌﺪ ﺍﻟْﻤﻌﺮﻓَﺔ ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﻣُﻜَﻠّﻒ
"begitu pula orang yang dilahirkanan dalam keadaan buta dan tuli, mereka tidak terkena kewajiban atas sesuatupun, dikarenakan tidak ada cara untuk menyampaikan da'wah kepadanya."

📓[ albujairomi ala al khotib 1/408 ]
ﺃَﻣَّﺎ ﺍﻟﻄَّﺎﺭِﺉُ ﻓَﺈِﻥْ ﻛَﺎﻥَ ﻗَﺒْﻞَ ﺍﻟﺘَّﻤْﻴِﻴﺰِ ﻓَﻜَﺎﻟْﺄَﺻْﻠِﻲِّ ﻭَﺇِﻥْ ﻛَﺎﻥَ ﺑَﻌْﺪَ ﺍﻟﺘَّﻤْﻴِﻴﺰِ ﻭَﻟَﻮْ ﻗَﺒْﻞَ ﺍﻟْﺒُﻠُﻮﻍِ ﻭَﻋَﺮَﻑَ ﺍﻟْﺤُﻜْﻢَ ﺗَﻌَﻠَّﻖَ ﺑِﻪِ ﺍﻟْﻮُﺟُﻮﺏُ ﺍﻫـ ﺍﺝ .
"Apabila kondisi (buta tuli) itu sebelum tamyiz, maka hukumnya seperti asal ( tidak ada kewajiban hukum ), dan apabila datang setelah tamyiz walupun belum baligh dan telah mengetahui hukum maka yang bersangkutan terkena kewajiban."

⏩[ kasyifatussaja 51 ].

(إِنَّمَا تجب الْمَكْتُوبَة) أَي الصَّلَوَات الْخمس (على مُسلم)  (مُكَلّف) أَي بَالغ عَاقل سليم الْحَواس بلغته الدعْوَة
وَمن نَشأ بشاهق جبل وَلم تبلغه دَعْوَة الْإِسْلَام غير مُكَلّف بِشَيْءوَكَذَا من خلق أعمى أَصمّ فَإِنَّهُ غير مُكَلّف بِشَيْء إِذْ لَا طَرِيق لَهُ إِلَى الْعلم بذلك وَلَو كَانَ ناطقا لِأَن النُّطْق بِمُجَرَّدِهِ لَا يكون طَرِيقا لمعْرِفَة الْأَحْكَام الشَّرْعِيَّة بِخِلَاف من طَرَأَ عَلَيْهِ ذَلِك بعد الْمعرفَة فَإِنَّهُ مُكَلّف

📓[فقه العبادات على المذهب الشافعي، ٢٢٢/١]
ولو خلق اعمى اصم اخرس فهو غير مكلف كمن لم تبلغه اادعوة ومثله من خلق اصم اعمى
بخلاف ما طرء بعد التمييز لانه يعرف الواجبات


[ والله اعلم بالصواب ]

Diskusihukumfiqh212.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar