Jumat, 20 April 2018

HUKUM MAYIT TERUS MENGELUARKAN DARAH

KESIMPULAN TEAM DHF
CARA MERAWAT MAYYIT KORBAN TABRAKAN
==========================================

✅PERTANYAAN

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

بسم الله الرحمن الرحيم

Titipan:

Bagaimana cara merawat mayyit korban tabrakan, yg mana dari anggauta badan nya keluar darah terus menerus..???

Bolehkah melakukan tindakan dgn cara membalut luka yg kluar darah tersbut dgn pelastik agar tidak keluar darah lagi...???

Atas jawabn nya terimaksih jazakulllahi khoiran bi ahsanil jaza'

والسلام عليكم

✅JAWABAN

Wa'alaikum salam

Jawaban sub A:
Kewajiban kita masih tetap sama dengan janazah lainnya, mengkafani, mensholati dan menguburkannya, selama masih bisa di mandikan maka wajib di mandikan kecuali jika seandainya di mandikan kulit jenazah tersebut akan mengelupas, sperti korban kebakaran maka di ganti dengan tayammum.

Adapun apabila
mayit akibat kecelakan itu trs keluar darah dr lukanya stelah di mandikan sblm di kafani,mka wajib di bersihkan (disucikan, darahnya) saja tanpa perlu mengulang mandinya, tetapi wajib di tutup dngn kain atau apa saja yg se kiranya dpt menahan darah keluar,dn sah di shalatkan,

Sebagaimana di jelaskan oleh imam Imam Syams Al-Din Muhammad Ibnu Ahmad Al-Ramli Al-Shaghir ( م ر)
Hal senada dikemukakan oleh Imam Syihab Al-Din Ibnu Qasim Al-Abadi ( س م).

Beliau menyatakan bahwa: jika keadaan mayit mengeluarkan darah secara terus menerus, maka hukum mayit tersebut sama dengan orang hidup yang berhadas secara terus menerus (beser) yang mana hukum mandi dan shalatnya dinyatakan sah dengan ketentuan sebagai berikut:
• Melaksanakan mandi (orang beser) atau dimandikan (mayat).
• Setelah dimandikan anggauta tubuh yang mengeluarkan darah dibalut dengan kapas atau dengan sesuatu yang bisa menyumbat keluarnya darah untuk kemudian segera melaksanakan sahalat(orang beser) atau dishalatkan (mayat). 

◾adapun jika sudah melakukan ikhtiayr dgn cara menyumbatnya ternyata masih keluar darah maka sah sholat nya.

◾Sedangkan apabila darah atw najis itu keluarnya stlh di kafani/di bungkus,maka terjadi khilafiyah di kalangan ulama'

1⃣Pendapat pertama:
Tidak wajib di sucikan lagi

2⃣Pendapat yg kedua:
Sebagaiman di kemukakan imam al baghowi, darah yg kluar sesudah di mandikan dan di kafani
  masih wajib di bersihkan.
(Baru boleh di sholati)

Sub B:
Boleh kah di sbat dgn plastik..?

Boleh
Justru memng yg harus di lakukan adalah yg demikian, guna menyumbat bagian yg trus menerus keluar darah tersebut sekalipun dgn pelastik.

📚REFRENSI

📔Al Bajuri 1/ 242 - 243

(وَيَلْزَمُ) عَلَى طِرِيْقِ فَرْضِ الْكِفَايَةِ (فِي الْمَيِّتِ)... الْمُسْلِمِ غَيْرِ الْمُحْرِمِ وَالشَّهِيْدِ (أَرْبَعَةُ أَشْيَاءَ غُسْلُهُ وَتَكْفِيْنُهُ وَالصَّلاَةُ عَلَيْهِ وَدَفْنُهُ ) (قَوْلُهُ غُسْلُهُ) أَيْ أَوْ بَدُلُهُ وَهُوَ التَّيَمُّمُ كَمَا لَوْ حُرِقَ بِالنَّارِ وَكَانَ لَوْ غُسِلَ تَهَرَّى .

📔Asna alMathoolib I/305

وَإِنْ كان بِحَيْثُ لو غُسِّلَ تَهَرَّى لِحَرْقٍ أو نَحْوِهِ يُمِّمَ بَدَلَ الْغُسْلِ لِعُسْرِهِ

📔kitab Fat_hul Mu'in / I'anah juz II halaman 110 

ولو خرج منه بعد الغسل نجس لم ينقض الطهر بل تجب إزالته فقط إن خرج قبل التكفين لا بعده
( قوله ولو خرج منه ) أي من الميت ولو من السبيلين ( قوله ولم ينقض الطهر ) أي لم يبطله ( قوله بل تجب إزالته ) أي النجس الخارج ( وقوله فقط ) أي من غير إعادة غسله وذلك لسقوط الفرض بما وجد وحصول النظافة بإزالة الخارج ( قوله إن خرج قبل التكفين لا بعده ) هكذا عبارة شيخه في فتح الجواد إلا أنه أحالها فيه على إفتاء البغوي وجزم في التحفة بوجوبها أيضا بعد التكفين ونصها مع الأصل ولو خرج بعده أي الغسل أي وقبل الإدراج في الكفن نجس ولو من الفرج وجب إزالته تنظيفا له فقط لأن الفرض قد سقط بما وجد

حاشية البجيرمي على المنهاج . الجز 4. صفحة 380.
فرع لو لم يمكن قطع الدم الخارج من الميت بغسله صح غسله وصحت الصلاة عليه لأن غايته أنه كالحي السلس وهو تصح صلاته فكذا الصلاة عليه م ر سم . وقضية التشبيه بالسلس وجوب حشو محل الدم بنحو قطن وعصبه عقب الغسل والمبادرة بالصلاة عليه بعده حتى لو أخر لا لمصلحة الصلاة وجب إعادة ما ذكر وينبغي أن من المصلحة كثرة المصلين كما في تأخير السلس بإجابة المؤذن وانتظار الجماعة >

نهاية المحتاج إلى شرح المنهاج . الجز 8. صفحة  155.
) فرع ( لو لم يمكن قطع الدم الخارج من الميت بغسله صح غسله وصحت الصلاة عليه ؛ لأن غايته أنه كالحي السلس وهو تصح صلاته فكذا الصلاة عليه م ر ا هـ

: فتح المعين . الجز 2. صفحة  126.
ولو خرج منه بعد الغسل نجس لم ينقض الطهر، بل تجب إزالته فقط إن خرج قبل التكفين، لا بعده.

Hasyiah jamal 2/148 maktabah syamilah:

ولو خرج بعده) أي الغسل (نجس وجب إزالته فقط) وإن خرج من الفرج لسقوط الفرض بما وجد
_________
(قوله ولو خرج بعده نجس) أي ولو بعد الصلاة وقبل الدفن

bughiyah al mustarsyidiin_ hal. 92

مسئلة ي) تجب ازالة النجاسة غبر المعفو عنها عن الميت سواء الاجنبية والخارجية منه قبل ادراجه فى الكفن اتفقا ولو من غير السبلين، وما بعده فى الاصح كغسل الكفن اللمث بها ، ولا تصح الصلاة عليه حينئذ مع وجود الماء المزيل لها

وقال البغوى لاتجب الازالة  بعد الاندراج مطلقا وان تضمخ الكفن اهـ

Krn kondisinya darurat
Maka langkah yg tepat

قلت ورجحه فى الامداد وقال باعشن ولو لم يمكن قطع الخارج من الميت صح غسله والصلاة عليه لكن يجب فهوالحشو والغصب على محل النجاسة والمبادرة بالصلاة عليه كالسلس اهـ

Wallahu a'lam bish_showab.
diskusihukumfiqh212.blogspot.com
hikmahdhf.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar