Rabu, 11 April 2018

HUKUM IDDAH WANITA HAMIL KARENA ZINA

KESIMPULAN TEAM DHF

*HUKUM IDDAH WANITA YG HAMIL KARENA ZINA*
□□□□□□□□□□□□□□□■■■■■■■■■

PERTANYAAN:

Assalamu alaiku wr wb
Mau nanya ustd, ini yang mulai terjadi di masyarakat. Bagaimana iddah wanita hamil yang kehamilannya itu dengan laki-laki lain (bukan suaminya). Artinya begini, seorang janda dalam masa iddah, diawal masa iddahnya dia berhubungan dengan orang lain dan hamil dalam masa sebelum iddahnya selesai. Nah, iddah dia itu dihitung dari perceraiannya saja atau sampai melahirkan? Mohon jawabannya, syukron.

》JAWABAN TEAM DHF《

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Ada dua pendapat lintas madzhab bahwa wanita yg berzina wajib atau tdknya iddah.

●Pendapat madzhab imam syafii dan abu hanifah tdk wajib iddah.

●Madzhab imam malik dan imam abu ishaq ,imam atsauri,imam robi'ah imam ahmad

Wajib iddah bagi wanita yg berzina, disamakan dgn wati' subhad.

Jika ia hamil.maka iddah hamil, jika tdk hamil.maka 3x sucian.
(Al_bayan fil madzhab syafii 9/270).

Namun dalam maslah ini kami fokuskan pada madzhab SYAFII.

Sebagaimana di jelaskan dlam kitab al bajuri 2/129.
Bahwa apabila wanita hamil dari zina
atau ada wanita yg masih dalam masa iddah kemudian hamil krn berzina, maka masa iddah nya selesai sesudah lewat bulan
(Iddah sesuai yg berlaku pada nya semisal 3x sucian)
Bukan iddah hamil krn kehamilan sbb perzinahan tdk mukhtaram sehingga tdk di wajibkan iddah.

Karena
Dalam madzhab syafi'i telah ditetapkan bahwa wanita yang hamil diluar nikah (berzina) tidak memiliki masa iddah, ketentuan ini didasarkan pada sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam:

الوَلَدُ لِلْفِرَاشِ وَلِلْعَاهِرِ الحَجَرُ

“Anak yang lahir untuk pemilik kasur (artinya, anak yang dilahirkan oleh istri seseorang atau budak wanitanya adalah miliknya), dan seorang pezina tidak punya hak pada anak hasil perzinaannya.” ( Shahih Bukhari, no.6818 dan Shahih Muslim, no.1458 ).

Hal ini disebabkan karena disyari'atkannya iddah adalah untuk menjaga nasab, sedangkan perzinaan tidak menyebabkan adanya hubungan nasab antara seorang anak hasil perzinaan dengan lelaki yang menghamili ibunya, sebab nasabnya ikut pada ibunya.Pendapat ini juga merupakan pendapat madzhab Hanafi dan Imam Ats-Tsauri.

Maksudnya:
wanita hamil krn zina padahal ia masih dlm masa iddah

Jika Mengacu pada ketentuan tersebut maka masa iddah yang harus dijalani wanita yang hamil diluar nikah tetap dihitung dimulai semenjak suaminya meninggal jika ia menjalani iddah karena suaminya meninggal atau dihitung sesuai masa sucinya atau dihitung semenjak ia diceraikan oleh suaminya jika ia menjalani iddah karena diceraikan.

Begitu juga selesainya masa iddah sama dengan wanita pada umumnya, yaitu:

1. Masa iddahnya selesai setelah melewati masa 4 bulan 10 hari apabila ia menjalani iddah wafat. Masa iddah ini sebenarnya berlaku untuk wanita yang suaminya meninggal dan ia tidak sedang hamil, ketentuan ini diberlakukan bagi wanita yang hamil diluar nikah karena kehamilannya dianggap tidak ada karena hasil dari hubungan tidak sah.

3. Apabila ia menjalani iddah perceraian, maka masa iddahnya selesai setelah melewati 3 kali masa suci dari haid jika ia masih mengalami haid, sedangkan jika ia belum haid atau sudah tak lagi mengalami haid maka iddahnya adalah 3 bulan.

Refrensi:

البيان فى المذهب الامام الشافعى جز 9 ص 270 مكتبة الشاملة

[فرع لا تجب عدة على زانية عندنا]
وإذا زنت المرأة.. لم يجب عليها العدة، سواء كانت حائلا أو حاملا.
فإن كانت حائلا.. جاز للزاني أو لغيره عقد النكاح عليها.. وإن حملت من الزنا.. فيكره نكاحها قبل وضع الحمل، فإن تزوجها الزاني أو غيره قبل وضع الحمل.. صح، وهي إحدى الروايتين عن أبي حنيفة - رَحِمَهُ اللَّهُ -.
وذهب ربيعة، ومالك، والثوري، وأحمد، وإسحاق رحمة الله عليهم إلى: (أن الزانية تلزمها العدة كالموطوءة بشبهة، فإن كانت حائلا.. اعتدت بثلاثة أقراء، وإن كانت حاملا.. اعتدت بوضع الحمل، ولا يصح نكاحها قبل وضع الحمل) .

Hasiyah al- Bajuri 'ala Fathul Qorib, juz 2 hal. 129

فان كانت حاملامن الزنا أو حملت في العدةمنها نقضت عدتها بمضي الاشهر مع وجوده لأنه لاحرمةله

Majmu', juz 16 hal. 242

فرع :إذا زنت المرأة لم يجب عليها العدة، سواء كانت حائلا أو حاملا

Al-Mausu'ah al-Fiqhiyah al-Kuwaitiyah, juz 29 hal. 337
ذهب الحنفية والشافعية والثوري إلى أن الزانية لا عدة عليها، حاملا كانت أو غير حامل وهو المروي عن أبي بكر وعمر وعلي رضي الله عنهم، واستدلوا بقول الرسول صلى الله عليه وسلم: الولد للفراش وللعاهر الحجر. ولأن العدة شرعت لحفظ النسب، والزنا لا يتعلق به ثبوت النسب

Al-Ghoyah Wat-Taqrib, hal. 35

فصل: والمعتدة على ضربين متوفى عنها وغير متوفى عنها فالمتوفى عنها إن كانت حاملا فعدتها بوضع الحمل وإن كانت حائلا فعدتها أربعة أشهر وعشر وغير المتوفى عنها إن كانت حاملا فعدتها بوضع الحمل وإن كانت حائلا وهي من ذوات الحيض فعدتها ثلاثة قروء وهي الأطهار وإن كانت صغيرة أو آيسة فعدتها ثلاثة أشهر

نهاية المطالب فى دراية المذهب 15 ص 283 مكتبة الشاملة

وفحوى كلام الأئمة في التفريع يدل على أن من زنى بمعتدة أو منكوحة، لم يكن زناه سبباً لتحريمها؛ من جهة أن الزنا لا يتضمن اختلاط النسب؛ إذ لا نسب لزانٍ، ولا ينتسب إلى الزاني ولدٌ، وفيه جواب: إن من نكح أجنبية خلية عن النكاح والعدة نكاح شبهة، فلا تحرم عليه ولا يجري القول القديم فيه، وإنما يجري ذلك القول في الواطىء في نكاحٍ أو عدة مترتبة على النكاح، ولا يمتنع عندنا جريان هذا القول في عدة الشبهة؛ فإن نكاح الشبهة فراش يترتب عليه النسب، كما يترتب على النكاح الصحيح.

Wallahu a'lam bish showab

Diskusihukumfiqh212.blog.spot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar