Kamis, 22 Maret 2018

CARA NIAT SHOLAT SAAT WAKTU SUDAH MEPET

KESIMPULAN TEAM DHF

NIAT KETIKA WAKTU SHOLAT MAU HABIS, (TIDAK MENCUKUPI SATU RAKA,AT)
----------------------------------

PERTANYAAN

Assalamu alaikum..
Diskripsi masalah,
shalat di akhir waktu tetap dikatakan ada', jika waktu yg tersisa tidak cukup untuk mengerjakan 1 raka'at, apa yg harus di ucapkan seseorang dalam niat shalat nya ketika waktu shalat tidak mencukupi untuk mengerjakan 1 raka'at?..
Syukron

JAWABAN PARA MUJAWWIB DHF

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

TERKAIT PERTANYAAN DI ATAS ADA EMPAT PENDAPAT

1.Menurut qaul ASHOH DI TAFSIL

- Kalau masih bisa menyelesaikan 1 rakaat menurut qoul ashoh dinamakan sholat ada', (NIAT ADA')

- tapi kalau kurang dari satu rokaat maka sholat tersebut adalah qodlo' (NIAT QODLO')

.
--------------------------- فالأصح أنه إن وقع في الوقت ركعة فأكثر فالجميع أداء وإلا بأن وقع فيه أقل من ركعة فقضاء........

2.PENDAPAT YANG KE DUA ( MAQOBILUL ASHOH )
meskipun tidak mencukupi 1 raka,at yg pentng masih ada waktu sholat saat TAKBIRATUL-IHRAM tetap di namakn sholat ADA' (NIAT ADA,) secara mutalak.

------- والوجه الثاني أن الجميع أداء مطلقا تبعا لما في الوقت ..............

3- PENDAAPAT YG KE TIGA :
di anggap sholat qodlo scra mutlak karn mengikuti pada rakaat yg sudah habis waktu nya.

--------والثالث أنه قضاء مطلقا تبعا لما بعد الوقت ........

4- PENDAPAT YG KE EMPAT:
rakaat yg masih mendapati waktu maka di nggap sholat ada'
yang lepas/lewat waktu di anggap sholat qodlo'

------------.الرابع أن ما وقع في الوقت أداء وما بعده قضاء وهو التحقيق وعلى القضاء يأثم المصلي بالتأخير........

KETERANGAN:
pendapat yg kuat adalah pendapat yg pertama yaitu tidak di namakan sholat ADA' tetapi dinamakn sholat qodlo' jika memng tidak mncukupi waktu utk mlaksakan satu rakaat, maka niatnya pun niat qodlo' bukan ada'

----------------------
REFRENSI

hsyiatul jamal juz 3 hal 20

حاشية الجمل (3/ 20)ومن وقع بعض صلاته في الوقت وبعضها خارجه فالأصح أنه إن وقع في الوقت ركعة فأكثر فالجميع أداء وإلا بأن وقع فيه أقل من ركعة فقضاء والوجه الثاني أن الجميع أداء مطلقا تبعا لما في الوقت ، والثالث أنه قضاء مطلقا تبعا لما بعد الوقت .الرابع أن ما وقع في الوقت أداء وما بعده قضاء وهو التحقيق وعلى القضاء يأثم المصلي بالتأخير.
------------------------------------------
mughni al muhtaj 2 hal 103

مغني المحتاج إلى معرفة ألفاظ المنهاج (2/ 103)
ومن وقع بعض صلاته في الوقت ، فالأصح أنه إن وقع ركعة فالجميع أداء وإلا فقضاء .

الشرح( ومن وقع بعض صلاته في الوقت ) وبعضها خارجه ( فالأصح أنه إن وقع ) في الوقت ( ركعة ) أو أكثر كما فهم بالأولى ( فالجميع أداء ) لخبر الصحيحين { من أدرك ركعة من الصلاة فقد أدرك الصلاة } أي مؤداة ( وإلا ) بأن وقع فيه أقل من ركعة ( فقضاء ) لمفهوم الخبر المتقدم إذ مفهومه أن من لم يدرك ركعة لا يدرك الصلاة مؤداة ، والفرق أن الركعة مشتملة على معظم أفعال الصلاة ، وغالب ما بعدها كالتكرار لها فكان تابعا لها .

-------------------------------
SYARQOWI JUZ 1 HAL 275

واذابقي من الوقت مايسع دون ركعة نوى القضاء وجوبااذلاوجه لنية الاداء حينئذبل لاتصح كنيته بعدالوقت هذا اذااراد التعرض للاداء اوالقضاء والافنية احدهمالاتجب.( شرقاوي ج ١ ص )
٢٧٥

Apabila sisa wkt tdk muat untuk 1rakaat,maka wajib niat qodo' karn tdk ada jalan/alasan bginya untuk berniat ada' bahkan tdk sah sholatnya ,sebagaimana orang yg sholat pada wkt ada'dg niat qodo'
demikian itu a pabila niatny mau di pasangi niat ada' atau niat qodo'
Abila niatnya tdk mau di pasangi niat
ada' atau qodo' maka tdk usah di pasangi niat ada' atau qodo' karna niat ada' atau niat qodo' itu tdk wajib
------------------------------------------------------------------------------

الفقه الإسلامي وأدلته
ﻣﺘﻰ ﺗﻘﻊ اﻟﺼﻼﺓ ﺃﺩاء ﻓﻲ اﻟﻮﻗﺖ؟ ﻣﻦ اﻟﻤﻌﻠﻮﻡ ﺃﻥ اﻟﺼﻼﺓ ﺇﺫا ﺃﺩﻳﺖ ﻛﻠﻬﺎ ﻓﻲ اﻟﻮﻗﺖ اﻟﻤﺨﺼﺺ ﻟﻬﺎ ﻓﻬﻲ ﺃﺩاء، ﻭﺇﻥ ﻓﻌﻠﺖ ﻣﺮﺓ ﺛﺎﻧﻴﺔ ﻓﻲ اﻟﻮﻗﺖ ﻟﺨﻠﻞ ﻏﻴﺮ اﻟﻔﺴﺎﺩ ﻓﻬﻲ ﺇﻋﺎﺩﺓ، ﻭﺇﻥ ﻓﻌﻠﺖ ﺑﻌﺪ اﻟﻮﻗﺖ ﻓﻬﻲ ﻗﻀﺎء، ﻭاﻟﻘﻀﺎء: ﻓﻌﻞ اﻟﻮاﺟﺐ ﺑﻌﺪ ﻭﻗﺘﻪ.
ﺃﻣﺎ ﺇﻥ ﺃﺩﺭﻙ اﻟﻤﺼﻠﻲ ﺟﺰءاً ﻣﻦ اﻟﺼﻼﺓ ﻓﻲ اﻟﻮﻗﺖ ﻓﻬﻞ ﺗﻘﻊ ﺃﺩاء؟ ﻟﻠﻔﻘﻬﺎء ﺭﺃﻳﺎﻥ: اﻷﻭﻝ ﻟﻠﺤﻨﻔﻴﺔ، ﻭاﻟﺤﻨﺎﺑﻠﺔ ﻋﻠﻰ اﻟﺮاﺟﺢ، ﻭاﻟﺜﺎﻧﻲ ﻟﻠﻤﺎﻟﻜﻴﺔ ﻭاﻟﺸﺎﻓﻌﻴﺔ. اﻟﺮﺃﻱ اﻷﻭﻝ ـ ﻟﻠﺤﻨﻔﻴﺔ ﻭاﻟﺤﻨﺎﺑﻠﺔ ﻓﻲ ﺃﺭﺟﺢ اﻟﺮﻭاﻳﺘﻴﻦ ﻋﻦ ﺃﺣﻤﺪ : ﺗﺪﺭﻙ اﻟﻔﺮﻳﻀﺔ ﺃﺩاء ﻛﻠﻬﺎ ﺑﺘﻜﺒﻴﺮﺓ اﻹﺣﺮاﻡ ﻓﻲ ﻭﻗﺘﻬﺎ اﻟﻤﺨﺼﺺ ﻟﻬﺎ، ﺳﻮاء ﺃﺧﺮﻫﺎ ﻟﻌﺬﺭ ﻛﺤﺎﺋﺾ ﺗﻄﻬﺮ، ﻭﻣﺠﻨﻮﻥ ﻳﻔﻴﻖ، ﺃﻭ ﻟﻐﻴﺮ ﻋﺬﺭ، ﻟﺤﺪﻳﺚ ﻋﺎﺋﺸﺔ: ﺃﻥ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠّﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻗﺎﻝ: «ﻣﻦ ﺃﺩﺭﻙ ﺳﺠﺪﺓ ﻣﻦ اﻟﻌﺼﺮ ﻗﺒﻞ ﺃﻥ ﺗﻐﺮﺏ اﻟﺸﻤﺲ، ﺃﻭ ﻣﻦ اﻟﺼﺒﺢ ﻗﺒﻞ ﺃﻥ ﺗﻄﻠﻊ اﻟﺸﻤﺲ، ﻓﻘﺪ ﺃﺩﺭﻛﻬﺎ» ﻭﻟﻠﺒﺨﺎﺭﻱ «ﻓﻠﻴﺘﻢ ﺻﻼﺗﻪ» ﻭﻛﺈﺩﺭاﻙ اﻟﻤﺴﺎﻓﺮ ﺻﻼﺓ اﻟﻤﻘﻴﻢ، ﻭﻛﺈﺩﺭاﻙ اﻟﺠﻤﺎﻋﺔ، ﻭﻷﻥ ﺑﻘﻴﺔ اﻟﺼﻼﺓ ﺗﺒﻊ ﻟﻤﺎ ﻭﻗﻊ ﻓﻲ اﻟﻮﻗﺖ. اﻟﺮﺃﻱ اﻟﺜﺎﻧﻲ ـ ﻟﻠﻤﺎﻟﻜﻴﺔ، ﻭاﻟﺸﺎﻓﻌﻴﺔ ﻓﻲ اﻷﺻﺢ : ﺗﻌﺪ اﻟﺼﻼﺓ ﺟﻤﻴﻌﻬﺎ ﺃﺩاء ﻓﻲ اﻟﻮﻗﺖ ﺇﻥ ﻭﻗﻊ ﺭﻛﻌﺔ ﺑﺴﺠﺪﺗﻴﻬﺎ ﻓﻲ اﻟﻮﻗﺖ، ﻭﺇﻻ ﺑﺄﻥ ﻭﻗﻊ ﺃﻗﻞ ﻣﻦ ﺭﻛﻌﺔ ﻓﻬﻲ ﻗﻀﺎء، ﻟﺨﺒﺮ اﻟﺼﺤﻴﺤﻴﻦ: «ﻣﻦ ﺃﺩﺭﻙ ﺭﻛﻌﺔ ﻣﻦ اﻟﺼﻼﺓ، ﻓﻘﺪ ﺃﺩﺭﻙ اﻟﺼﻼﺓ» ﺃﻱ ﻣﺆﺩاﺓ. ﻭﻣﻔﻬﻮﻣﻪ ﺃﻥ ﻣﻦ ﻟﻢ ﻳﺪﺭﻙ ﺭﻛﻌﺔ ﻻ ﻳﺪﺭﻙ اﻟﺼﻼﺓ ﻣﺆﺩاﺓ، ﻭاﻟﻔﺮﻕ ﺑﻴﻦ اﻷﻣﺮﻳﻦ: ﺃﻥ الركعة ﻣﺸﺘﻤﻠﺔ ﻋﻠﻰ ﻣﻌﻈﻢ ﺃﻓﻌﺎﻝ اﻟﺼﻼﺓ، ﻭﻏﺎﻟﺐ ﻣﺎ ﺑﻌﺪﻫﺎ ﻛﺎﻟﺘﻜﺮاﺭ ﻟﻬﺎ، ﻓﻜﺎﻥ ﺗﺎﺑﻌﺎً ﻟﻬﺎ. ﻭﻫﺬا اﻟﺮﺃﻱ ﻓﻴﻤﺎ ﻳﻈﻬﺮ ﺃﺻﺢ ﻷﻥ اﻟﻤﺮاﺩ ﺑﺎﻟﺴﺠﺪﺓ اﻝﺭﻛﻌﺔ، ﺑﺪﻟﻴﻞ ﻣﺎ ﺫﻛﺮ ﻣﺴﻠﻢ، ﻭﺑﺪﻟﻴﻞ ﻣﺎ ﺭﻭاﻩ اﻟﺠﻤﺎﻋﺔ ﺑﻠﻔﻆ «ﻣﻦ ﺃﺩﺭﻙ ﻣﻦ اﻟﺼﺒﺢ ﺭﻛﻌﺔ » اﻟﺦ.

----------------------------------------------------------------------
sumber dari hadist Rasulallah:

حَدَّثَنِي يَحْيَى عَنْ مَالِك عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ أَدْرَكَ رَكْعَةً مِنْ الصَّلَاةِ فَقَدْ أَدْرَكَ الصَّلَاةَ

= Telah menceritakan kepadaku Yahya dari Malik dari Ibnu Syihab dari Abu Salamah bin Abdurrahman dari Abu Hurairah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa mendapatkan satu raka'at shalat, maka dia telah mendapatkan shalat tersebut."

و حَدَّثَنِي عَنْ مَالِك عَنْ نَافِعٍ أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ كَانَ يَقُولُ إِذَا فَاتَتْكَ الرَّكْعَةُ فَقَدْ فَاتَتْكَ السَّجْدَةُ

=Telah menceritakan kepadaku dari Malik dari Nafi' dari Abdullah bin Umar bin Khathab berkata; "Apabila kamu tertinggal dari ruku' maka kamu telah ketinggalan satu raka'at."

wallahu a'la
hikmahdhf.blogspot.com
diskusihukumfiqh212.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar