Senin, 19 Maret 2018

HUKUM MEMBACA AL_QUR,AN ATAU DZIKIR NYARING

KESIMPULAN TEAM DHF

HUKUM MEMBACA AL QUR'AN /DZIKIR DENGAN SUARA NYARING
📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖

📝Pertanyaan:
Assalamualaqum ustadz maok nanyak ......apa betul kalow orang ngaji membuat orang tidur terkejut itu dosa

📝Jawaban:

Kesimpulan:

Hukum asal membaca dzikir atau Al Qur'an di dlm masjid tdk di makruhkan (jawaz)
Bahkan di sunnahkan di baca keras, bila tujuan nya mendidik jama,ah mapun org lain.

Hukum sunnah tersebut bila tidak sampai mengganggu org lain,

Adapun jika mengganggu maka hukumnya makruh bahkan bisa haram.

🌸Kemakruhan tersebut, apabila adanya illat:
Seperti Krn membaca Al-Quran/dzikir org yg sedang sholat bisa tidak khusyu' atau org yg sedgn tiduran di masjid (istrahat menunggu waktu sholat tiba, atau menunggu sholat jama'ah atau istirahat' melepaskan lelah seblm sholat atau sesudah ia sholat ) bisa terganggu/terbangun, maka jika adanya illat tersebut di hukumi makruh membaca dzikir /AL-Qur'an dgn nyaring bahkan akan berakibat haram jika mengganggu nya sangat parah misal sampai ia tdk bisa istihat atau sampai yg sholat sampai keliru bacaan dalam sholatnya akibat mendengar kan suara nyaring Dr dzikir/bacaan al_ Qur'an tadi.

Sebagaimana keterangan di dalam.kitab bughiyah al_mustarsyidin, di bawah ini:

➖[ Masalah ] ➖
🏵Tidak dimakruhkan di masjid mengeraskan suara dengan dzikir dan sejenisnya, dan termasuk di dalamnya membaca Al-qur'an, kecuali jika menggangu orang sholat atau mengganggu orang tidur, (maka makruh) bahkan jika banyak gangguannya maka haram dan dicegah dari jahr ketika ini, sebagaimana, apabila duduk setelah adzan berdzikir kepada Allah, dan setiap orang yang datang untuk melakukan sholat duduk bersamanya (orang yang dzikir) sehingga mengganggu orang yang sholat, jika di situ tidak gangguan maka diperbolehkan bahkan disunnahkan dengan tujuan mengajarkan (dzikir) ini jika tidak takut riya'.

🖊Kemudian bagaimana jika org tersebut tidur nya org yg tidak sholat, dan bukan tidur Krn ibadah..????

🖊Maka jawabannya:

org yg tidur sedang kan ia TIDAK SHOLAT (meninggalkan sholat dgn sengaja tanpa udzur) tdk bisa menjadikan kemakruhan bgi orang yang baca Alquran dgn nyaring meskipun ia merasa terganggu dgn tidur nya.
Karena pada hakekat nya org yg tidur dgn sengaja sementara ia belm melaksanakn sholat fardhu wajib di bangunkan.
Dan jika ia tertidur dgn tanpa di sengaja (tidak niat meninggalkan shalat fardhu) padahal sudh masuk waktu maka Sunnah di bangunkan tetapi jika waktu sholat sudah mepet wajib di bangunkan.

📚 REFERENSI:

📖 Bughyatul Mustarsyidin :
بغيــــــــة المسترشــــــــــــدين( مسألة : ك) : لا يكره في المسجد الجهر بالذكر بأنواعه ، ومنه قراءة القرآن إلا إن شوّش على مصلّ أو أذى نائماً ، بل إن كثر التأذي حرم فيمنع منه حينئذ ، كما لو جلس بعد الأذان يذكر الله تعالى ، وكل من أتى للصلاة جلس معه وشوّش على المصلين ، فإن لم يكن ثم تشويش أبيح بل ندب لنحو تعليم إن لم يخف رياء ،

📖 حاشية إعانة الطالبين ج ١ ص ١٥٣

(قوله: ولا يجهر مصل وغيره) أي كقارئ وواعظ ومدرس.(قوله: إن شوش على نحو نائم أو مصل) لفظ نحو، مسلط على المعطوف والمعطوف عليه، ونحو الثاني، الطائف والقارئ والواعظ والمدرس.وانظر ما نحو النائم.ويمكن أن يقال نحوه المتفكر في آلاء الله وعظمته، بجامع الاستغراق في كل.وقوله: فيكره أي التشويش على من ذكر.وقضية عبارته كراهة الجهر إذا حصل التشويش ولو في الفرائض، وليس كذلك لأن ما طلب فيه الجهر - كالعشاء - لا يترك فيه الجهر لما ذكر، لأنه مطلوب لذاته فلا يترك لهذا العارض.أفاده ع ش.

📖 hasyiatul Jamal 2/417 maktabah syamilah:

قوله: ورفع رجل صوته بها) استثنى بعضهم المسجد الحرام ونحوه إذا حصل تشويش على المصلين اهـ. وفي حاشية الإيضاح لشيخنا محله إذا لم يشوش على نحو قارئ أو ذاكر أو مصل أو طائف أو نائم فإن شوش على أحد من هؤلاء لا يرفع صوته أو بفوق ما يسمع نفسه، حرم عليهإن كثر التشويش وإلا كره، وما في المجموع وغيره مما يصرح بالكراهة ينبغي حمله على الشق الثاني اهـ. عميرة اهـ. سم.

📖 tuhfatul mukhtaj juz 2 hal 57 maktabah syamilah:

 ولا يجهر مصل ولا غيره إن شوش على نحو نائم أو مصل  فيكره كما في المجموع وفتاوى المصنف وبه رد على ابن العماد نقله عنهما الحرمة إن كان مستمعو القراءة أكثر من المصلين نظرا لزيادة المصلحة ثم نظر فيه وبحث المنع من الجهر بحضرة المصلي مطلقا لأن المسجد وقف على المصلين أي أصالة دون الوعاظ والقراء ونوافل الليل المطلقة يتوسط فيها بين الجهر والإسرار بأن يقرأ هكذا مرة وهكذا أخرى أو يدعي أنبينهما واسطة بأن يرفع عن إسماع نفسه إلى حد لا يسمعه غيره

📖 minhajul qowim 126 maktabah syamilah
وخارجها "إن شوش على غيره" من نحو مصل أو قارئ أو نائم للضرر ويرجع لقول المتشوش ولو فاسقا لأنه لا يعرف إلا منه، وما ذكره من الحرمة ظاهر لكن ينافيه كلام المجموع وغيره فإنه كالصريح في عدمها إلا أن يجمع بحمله على ما إذا  خف التشويش، 

📖 Kitab i'anahtut Tholibin juz 1 hal 142 maktabah syamilah:

تنبيه) يسن إيقاظ النائم للصلاة إن علم أنه غير متعد بنومه أو جهل حاله، فإن علم تعديه بنومه كأن علم أنه نام في الوقت مع علمه أنه لا يستيقظ في الوقت، وجب.
وكذا يستحب إيقاظه إذا رآه نائما أمام المصلين، حيث قرب منهم بحيث يعد عرفا أنه سوء أدب، أو في الصف الأول أو محارب المسجد، أو على سطح لا حاجز له، أو بعد طلوع الفجر وقبل طلوع الشمس وإن كان صلى الصبح، لأن الأرض تصيح - أي ترفع صوتها - إلى الله من نومة عالم حينئذ.

والله اعلم بالصواب
diskusihukumfiqh212.blogspot.com
hikmahdhf.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar