Selasa, 13 Maret 2018

HUKUM MENCURI HARTA KAFIR

KESIMPULAN TEAM DHF
BERHUTANG PADA NON MUSLIM & MENCURI HARTA NON MUSLIM
___________________________
*PERTANYAAN*
اسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

ustad maunanyani kalau kita punya hutang berupa uang pada orang yg non muslim dankita belum bisa membayarnya atau sengaja tidak membayarnya lalu kita meninggal dunia apakah nanti di ahirat akan dituntud sama orang yg non muslim tersebut seperti punya hutang sesama muslim nya .... pertanyaan yg ke2 klaukita mengambil barang kepunyaan orang yg non muslim apkah termasuk barang haram

*JAWABAN*
وعليكم سلام ورحمة الله وبركاته

⏩Jika harta tersebut milik harta kafir dzimmi maka nanti akan di tuntut sebagaimana di tuntutnya berhutang kepada muslim.

Oleh sebab itu ia
Wajib membayar hutang tersebut.

✍apabila ia berhutang dengan sengaja berniat utk tidak membayar nya maku masuk pada ranah hukum pencurian, atau perampasan (haram hukum nya)

⚫Scera rinci kami jelaskan di bawah ini:

⏩Hukum Mencuri Harta Non Muslim Di Tafsil
Apabila Non Muslimnya Kafir Harbi (Musuh Islam) Maka Tidak Haram

Apabila Kafirnya Kafir Dzymmy (Kafir Yang Tidak Memusuhi Orang Islam)  Maka Tidak Haram

⏩Hukum mencuri harta orang kafir yang berada di indonesia hukumnya tidak boleh (haram) karena mereka masuk ke indonesia dengan aman dan mereka mendapatkan perlindungan dari pemerintah.

⏩Kafir , di indonisia.
Menurut syech ismail alyami di hukumi harbi,, jadi bisa di jarah harta nya.  Akan tetapi ditolak oleh banyak  kalangan ulama yang lain, kafir di indonisia  tidak dihukumi harbi juga tidak dihukumi dimmiy tetapi di hukumi kafir musta'man kafir yang berada dalam lindungan nya penguasa jadi harta orang kafir yang ada di indonisia harus di jaga harta dan jiwa, mengmbilnya dengn cara batil hukumnya haram.

⏩Menurut al-Ghazali dan Imam al-Haramain, harta yang diambil dengan cara mencuri dari orang kafir harbi termasuk harta fay' yang menjadi milik pengambilnya secara langsung tanpa harus ditakhmis (dibagi lima). Sedangkan menurut pendapat al-ashah, sesuai dengan pendapat mayoritas ulama (jumhur), harta hasil curian dari kafir harbi termasuk ghanimah (jarahan) yang harus ditakhmis.

⏩Demikian ini seperti ditulis oleh al-Rafi'i dalam al-'Aziz fi Syarh al-Wajiz (XI/425) dan al-Nawawi dalam Raudlah al-Thalibin (VII/457).  Nah apakah mencurinya berdosa? Dalam kitab Qurrah al-'Ain kami tidak menemukan keterangan mengenai masalah ini. Tetapi, dalam kitab Bughyah al-Mustarsyidin (156), ada teks, "hukum harta orang muslim, dzimmi dan musta'man sama keharamannya dalam mengambilnya dengan cara yang tidak benar.

⏩Berbeda dengan harbi". Dari sini jelas sekali, bahwa mencuri harta kafir harbi tidak haram. Wallahu a'lam bishshawab.

📚*REFERENSI*

📓AAl-'Aziz fi Syarh al-Wajiz (XI/425), Raudlah al-Thalibin (VII/457), Qurrah al-'Ain (200), Bughyah al-Mustarsyidin (156).  Bughyah hal 156 : 
(ﻣﺴﺌﻠﺔ) ﺣﻜﻢ ﻣﺎﻝ ﺍﻟﻤﺴﻠﻢ ﻭﺍﻟﺬﻣﻲ ﻭﺍﻟﻤﺴﺘﺄﻣﻦ ﺳﻮﺍﺀ ﻓﻲ ﺣﺮﻣﺔ ﺍﻻﺳﺘﻴﻼﺀ ﻋﻠﻴﻪ ﺑﻐﻴﺮ ﺣﻖ ﺑﺨﻼﻑ ﺣﺮﺑﻲ ﻟﻢ ﻳﺪﺧﻞ ﺑﺄﻣﺎﻥ ﻣﺴﻠﻢ ﻓﺤﺎﻟﻪ ﻭﻣﺎﻟﻪ ﻣﺒﺎﺡ ﻟﻤﻦ ﻇﻔﺮ ﺑﻪ ﻛﻤﺎ ﻟﻮ ﺩﺧﻞ ﻣﺴﻠﻢ ﺑﻼﺩﻫﻢ ﺑﻐﻴﺮ ﺃﻣﺎﻥ ﻣﻨﻬﻢ ﻓﻠﻪ ﺍﻏﺘﻴﺎﻟﻬﻢ

📓فتاوى الشبكة. ج - ٢٢ - ص - ٢١٤
هل يجوز سرقة مال الكفار؟
الفتوى
فاعلم أن الشرع قسم الكفار إلى صنفين ومسالمين أو معاهدين، والمسالمون أو المعاهدون قسمان : قسم له عهد دائم وهم الذين يعرفون في الإسلام بأهل الذمة.. أي لهم ذمة الله ورسوله والمسلمين وقسم له عهد مؤقت وهم المستامنون، وأما المحاربون فهم الذين بينهم وبين المسلمين حرب قائمة أو متوقعة ، وليس بينهم وبين المسلمين عهد ولا صلح ولكل قسم أحكام تخصه. فأما المسلمون أهل الذمة فالقاعدة التي تحكم تعاملنا معهم من حيث الجملة هي أن لهم مالنا وعليهم ماعلينا، إلا أشياء مستثناة تنظر في مواضعها. وبخصوص السؤال هل يجوز سرقة مال الكفار؟ فهذا القسم من الكفار لا خلاف بين علماء المسلمين أن سرقة أموالهم حرام ، وأن المسلم إذا سرق من الذمي فإن يده تقطع متى تحقق شروط القطع المعروفة، نقل هذا الاتفاق ابن قدامة في المغني إلى أن قال : وكذلك إذا دخل الحربي دار الإسلام بأمان حرم التعرض لماله، وقالت المالكية : يقطع يدا لمسلم إذا سرق مال الحربي الذي دخل دار الإسلام بأمان، فيقول في حاشية الصاوى على الشرح الصغير : السرق أخذ مكلف نصابا فأكثر من مال محترم لغيره.. ويدخل في المحترم. مال الحربي الذي دخل بأمان فيقطع سارقة. انتهى الجزء الربع اسرقة.

📓مجموع - ج - ١٩ - ص - ٤٥٢
فصل: إذا دخل الحربي دار الإسلام بأمان في تجارة أو رسالة ثبت له الامان في نفسه وماله، ويكون حكمه في ضمان النفس، والمال وما يجب عليه من الضمان والحدود حكم المهادن لأنه مثله في الامان فكان مثله فيما ذكرناه، وإن عقد الامان ثم عاد إلى دار الحرب في تجارة أورسالة فهو على الامان في النفس والمال كاالذمي إذا خرج إلى دار الحرب في تجارة أورسالة وأن رجع إلى دار الحرب بنية المقام وترك ماله في دار الإسلام انتقض الامان في نفسه ولم ينتقض في ماله، فان قتل أومات انتقل المال إلى وارثه وهل يغنم ام لا، فيه قولان. إلى ان قال فإن دخل مسلم دار الحرب بأمان فسرق منهم مالا أو اقترض منهم مالا وعاد إلى دار الإسلام ثم جاء صاحب المال إلى دار الإسلام بأمان وجب على المسلم رد ما سرق أو اقترض لان الامان يوجب ضمان المال في الجانبين فوجب رده.

والله اعلم بالصواب
Diskusihukumfiqh212.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar