Sabtu, 31 Maret 2018

HUKUM LUPA NIAT PUASA

KESIMPULAN TEAM MUSYAWWIRIN DHF HUKUM LUPA
NIAT PUASA ROMADON
===================
PERTANYAAN:

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

   Saya mau nanya.
Maslah niat puasa romadhon.
   Bagaimana hukum puasa orang yang lupa berniat puasa pada bulan romadhon,  tapi dia masih melakukan sahur.?

JAWAB:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته
👉Sarat sah puasa romadlon harus niat sebelum fajar tiap hari,
Bila lupa tidak niat sebelum fajar maka puasa romadlon tidak sah,

📝 Catatan:
Jika takut lupa akan niat d sunnah kan untuk Niat puasa sebulan penuh pada malam awal puasa romadlon . Sedangkan hukum niat untuk puasa hari-hari setelah hari pertama ulama berbeda pendapat (khilaf) :

👉.menurut madzhab syafi'iyah niat puasa untuk sebulan penuh tersebut cukup untuk puasa satu hari yang pertama,sehingga stiap hari puasa romadlonya wajib di niati,jika tidak di niati maka tidak sah puasanya sbulan tersebut kecuali puasa romadlon hari pertamanya.

Catatan:
Kendati demikian tetap di sunnahkan niat puasa satu bulan penuh, karena pada suatu saat seandainya lupa niat boleh taqlid pada madzhab malikiyah yang mana dalam.madzhab malikiyah niat puasa satu bulan penuh sah puasa utk sebulan penuh tersebut.

👉.sedangkan menurut imam Malik niat puasa romadlon untuk sebulan penuh sdah mencukupi, sehingga untuk hari-hari berikutnya tidak wajib niat kembali, yang artinya jika tidak niatpun sudah sah karena niatnya sudah sebulan penuh pada malam hari pertama awal puasa Romadlon tersebut.

✍menurut madzhab hanafiyah, niat satu bulan tetap tidak cukup, sebab puasa adalh ibadah mustaqillah, sehingga membutuhkan niat setiap harinya, terbukti bahwa setiap pelanggaran di bulan puasa yg mewajibkan kifarot, maka bisa doble kifarat nya sesuai berpa hari pelanggaran itu.

Hanya saja dalam madzhab Abu Hanifah niat puasa boleh di siang harinya (jika lupa) dan bagi yg niat satu bulan penuh di haruskan taqlid kepada madzhab malikiyah saat lupa, karena jika tidak niat taqlid maka ibadah nya tidak sah.

KESIMPULAN NYA:
bagi org yg lupa niat puasa yg mana pada hari pertama sudah niat puasa satu bulan penuh di anjurkan taqlid kepada madzhab malikiyah,
Apabila tidak taqlid kepada madzhab malikiyah tidak sah puasanya.

Dan bagi yg tidak niat puasa satu bulan penuh di hari pertama kemudian ia lupa, tidak niat di hari berikut nya maka tidak bisa taqlid kepada madzhab malikiyah, sehingga org lupa niat tersebut di anggap tidak sah puasanya .

📚 REFERENSI:

📕  كاشفة السجا ١١٧
فلو نوى ليلة اول رمضان صوم جميعه لم يكف لغير اليوم الاول ، لكن ينبغى له ذلك ليحصل له صوم اليوم الذى نسي النية فبه عند مالك كما يسن له ان ينوى اول اليوم الذى نسيها فيه ليحصل له صومه عند ابى حنيفة و واضح ان محله ان قلد و الا كان متلبسا بعبادة فاسدة فى اعتقاده و هو حرام 

📕قلبوبي ج ٥ ص ٣٦٥
قَوْلُهُ : ( التَّبْيِيتُ ) أَيْ كُلَّ لَيْلَةٍ عِنْدَنَا كَالْحَنَابِلَةِ وَالْحَنَفِيَّةِ وَإِنْ اكْتَفَى الْحَنَفِيَّةُ بِالنِّيَّةِ نَهَارًا لِأَنَّ كُلَّ يَوْمٍ عِبَادَةٌ مُسْتَقِلَّةٌ وَلِذَلِكَ تَعَدَّدَتْ الْكَفَّارَةُ بِالْوَطْءِ فِي كُلِّ يَوْمٍ مِنْهُ ، وَيُنْدَبُ أَنْ يَنْوِيَ أَوَّلَ لَيْلَةٍ صَوْمَ شَهْرِ رَمَضَانَ أَوْ صَوْمَ رَمَضَانَ كُلَّهُ لِيَنْفَعَهُ تَقْلِيدُ الْإِمَامِ مَالِكٍ فِي يَوْمٍ نَسِيَ النِّيَّةَ فِيهِ مَثَلًا لِأَنَّهَا عِنْدَهُ تَكْفِي لِجَمِيعِ الشَّهْرِ ، وَعِنْدَنَا لِلَّيْلَةِ الْأُولَى فَقَطْ

[ والله اعلم بالصواب ]

Diskusihukumfiqh212.blogspot.com
hikmahdhf.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar