Selasa, 20 Maret 2018

HUKUM MEMINTA KEMBALI MAHAR

KESIMPULAN TEAM DHF

MENCABUT KEMBALI MAHAR KARENA ISTRI BELUM DI JIMAK
=========================

✅PERTANYAAN

assalamu alaikuum..
  jika ada sepasang pasutri setelah akad si istri bernuzuz pada suaminya.
tidak pernah mengikuti perintah dan ajakan suaminya . lalu suaminya pun menalaqnya lantaran sudah tidak kuat.
apakah di perboleh bagi suami meminta mahar kembali secara keseluruhan. sehubungan belum menggauli istri dan talaq pun di karenakan  nuzuz...?

=========================
✅ JAWABAN

Waalaikumussalam,

Suami yang mencerai istrinya sebelum dukhol (jimak) , kewajiban mahar adalah separuh,
Jadi dalam kasus di atas tidak boleh meminta kembali scara keseluruhan sebagaimana Firman Allah:

ﻭَﺇِﻥْ ﻃَﻠَّﻘْﺘُﻤُﻮﻫُﻦَّ ﻣِﻦْ ﻗَﺒْﻞِ ﺃَﻥْ ﺗَﻤَﺴُّﻮﻫُﻦَّ ﻭَﻗَﺪْ ﻓَﺮَﺿْﺘُﻢْ ﻟَﻬُﻦَّ ﻓَﺮِﻳﻀَﺔً ﻓَﻨِﺼْﻒُ ﻣَﺎ ﻓَﺮَﺿْﺘُﻢْ ﺇِﻟَّﺎ ﺃَﻥْ ﻳَﻌْﻔُﻮﻥَ ﺃَﻭْ ﻳَﻌْﻔُﻮَ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﺑِﻴَﺪِﻩِ ﻋُﻘْﺪَﺓُ ﺍﻟﻨِّﻜَﺎﺡِ ۚ ﻭَﺃَﻥْ ﺗَﻌْﻔُﻮﺍ ﺃَﻗْﺮَﺏُ ﻟِﻠﺘَّﻘْﻮَﻯٰ ۚ ﻭَﻟَﺎ ﺗَﻨْﺴَﻮُﺍ ﺍﻟْﻔَﻀْﻞَ ﺑَﻴْﻨَﻜُﻢْ ۚ ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﺑِﻤَﺎ ﺗَﻌْﻤَﻠُﻮﻥَ ﺑَﺼِﻴﺮٌ
. Jika kamu menceraikan isteri-isterimu sebelum kamu bercampur dengan mereka, padahal sesungguhnya kamu sudah menentukan maharnya, maka bayarlah seperdua dari mahar yang telah kamu tentukan itu, kecuali jika isteri-isterimu itu memaafkan atau dimaafkan oleh orang yang memegang ikatan nikah, dan pemaafan kamu itu lebih dekat kepada takwa. Dan janganlah kamu melupakan keutamaan di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Melihat segala apa yang kamu kerjakan.
Albaqoroh 237

➡Pada dasarnya mahar itu tidak wajib bagi suami kecuali karena salah satu dari 3 hal:
√ suami mewajibkan mahar pada dirinya.
√ mahar diwajibkan oleh hakim
√ suami sudah menjima' istri,

👉Dan bila mahar wajib bagi suami maka mahar menjadi milik sah istri,

👉Karena hak memiliki mahar bagi seorang istri ialah sebab adanya akad pernikahan yg sah, atau sebab mahar yg di wajibkan.

👉sehingga krn adanya akad pernikahan meski tanpa di jimak ia masih berhak separuh mahar mitsil.

📝 KESIMPULAN

bila mahar wajib bagi suami karena salah satu dari 3 hal tersebut maka jawaban dari Kasus diatas adalah suami wajib memberi Separo mahar( tidak boleh meminta kembali seluruh mahar) karena mahar sudah menjadi milik sah istri,sehingga istri hanya wajib mengembalikan setengah mahar saja.

▶Artinya dalam kasus di atas, suami hanya berhak meminta mahar separuh saja tidak bisa meminta mahar sepenuh nya.

👉Kalau sudah di jimak maka wajib mahar mitsli secara utuh.
Dsn mantan suami tidks berhak meminta di..kembalikan mahar tersebut, sebab sudah menjadi hak milik istrin



Wallahu a'lam

📚 REFERENSI

📕 الفقه الإسلامي وأدلته  : 6570/9

ﻭﻗﺎﻝ  اﻟﺠﻤﻬﻮﺭ : ﻻ ﻳﻔﺴﺪ اﻟﻌﻘﺪ ﺑﺎﻟﺰﻭاﺝ ﺑﺪﻭﻥ ﻣﻬﺮ، ﺃﻭ ﺑﺎﺷﺘﺮاﻁ ﻋﺪﻡ اﻟﻤﻬﺮ، ﺃﻭ  ﺑﺘﺴﻤﻴﺔ ﺷﻲء ﻻ ﻳﺼﻠﺢ ﻣﻬﺮا؛ ﻷﻥ اﻟﻤﻬﺮ ﻟﻴﺲ ﺭﻛﻨﺎ ﻓﻲ اﻟﻌﻘﺪ ﻭﻻ ﺷﺮﻃﺎ ﻟﻪ، ﺑﻞ ﻫﻮ ﺣﻜﻢ  ﻣﻦ ﺃﺣﻜﺎﻣﻪ، ﻓﺎﻟﺨﻠﻞ ﻓﻴﻪ ﻻ ﺗﺄﺛﻴﺮ ﻟﻪ ﻋﻠﻰ اﻟﻌﻘﺪ. ﻭﻫﺬا ﻫﻮ اﻟﺮاﺟﺢ،
ﺇﺫ ﻟﻮ ﻛﺎﻥ اﻟﻤﻬﺮ ﺷﺮﻁا ﻓﻲ اﻟﻌﻘﺪ ﻟﻮﺟﺐ ﺫﻛﺮﻩ ﺣﻴﻦ اﻟﻌﻘﺪ، ﻭﻫﻮ ﻻ ﻳﺠﺐ ﺃﻥ ﻳﺬﻛﺮ ﺣﻴﻦ اﻟﻌﻘﺪ ﻟﻜﻦ ﻳﺠﺐ ﻣﻬﺮ اﻟﻤﺜﻞ.
ﻟﻬﺬا ﻛﺎﻥ ﺯﻭاﺝ اﻟﺘﻔﻮﻳﺾ (ﻭﻫﻮﺇﺧﻼء اﻟﻨﻜﺎﺡ ﻋﻦ اﻟﻤﻬﺮ) ﺻﺤﻴﺤﺎ ﺑﺎﻻﺗﻔﺎﻕ

📕 فتح القربب ص ٢٣٥

. (و) إذا صح التفويض (وجب المهر) فيه (بثلاثة أشياء): وهي (أن يفرضه الزوج على نفسه) وترضى الزوجة بما فرضه، (أو يفرضه الحاكم) على
الزوج ويكون المفروض عليه مهر المثل. ويشترط علم القاضي بقدره. أما رضا الزوجين بما يفرضه فلا يشترط، (أو يدخل) أي الزوج (بها) أي الزوجة المفوضة قبل فرض من الزوج أو الحاكم؛ (فيجب) لها (مهر المثل) بنفس الدخول. ويعتبر هذا المهر بحال العقد في الأصح.

📕 كفاية الاخيار ج١ص٣٧١

(ويسقط بالطلاق قبل الدخول نصف المهر)
اعلم أن المرأة تملك الصداق بالعقد الصحيح أو بالفرض لأنه عقد يملك به العوض وهو الانتفاع بالبضع وتوابعه فتملك به العوض كالبيع وهذا إذا كانت التسمية صحيحة وإلا فتملك مهر المثل

📕 تفسير خازن ج ١ص ١٧١
[سورة البقرة (٢): آية ٢٣٧]

وإن طلقتموهن من قبل أن تمسوهن وقد فرضتم لهن فريضة فنصف ما فرضتم إلا أن يعفون أو يعفوا الذي بيده عقدة النكاح وأن تعفوا أقرب للتقوى ولا تنسوا الفضل بينكم إن الله بما تعملون بصير (٢٣٧)
وإن طلقتموهن من قبل أن تمسوهن يعني تجامعوهن وهذا في المطلقة بعد تسمية المهر وقبل الدخول حكم الله لها بنصف المهر ولا عدة عليها وهو قوله تعالى: وقد فرضتم لهن فريضة أي سميتم لهن مهرا فنصف ما فرضتم أي فلهن نصف المهر المسمى، ومذهب الشافعي أن الخلوة من غير مسيس لا توجب إلا نصف المهر المسمى لأن المسيس إما حقيقة في المس باليد أو جعل كناية عن الجماع وأيهما كان فقد وجد الطلاق قبله.

والله أعلم بالصواب
http://Diskusihukumfiqh212.blogspot.com
hikmahdhf.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar