Kamis, 22 Maret 2018

HUKUM SHOLAT SUNNAH, PUNYA HUTANG QODLO SHOLAT

KESIMPUPAN TEAM DHF

HUKUM SHOLAT SUNNAH BAGI ORANG YG BELUM MENGQODLO SHOLAT YANG DI TINGGAL KAN NYA.
_________    ___    _____________

Assalamualaikum mau nanya ustad apakah dosa jika se.orang melakukan sholat sunah akan tetapi org tsb msh mempunyai tanggungan sholat fardhu (mengqodho)  mhon ma.af wassalamualaikum

JAWAB:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Dalam kasus di atas
Di tafsil dan khilafiyah

⚫Menurut qaul yg lebih ashoh/benar haram sholat sunnah bagi orang yg punya tanggungan sholat qodlo,

✅Karna bagi orang yg punya hutang sholat (  tanpa udzur) wajib  bersegera mnegqodlo dan wajib menggunakan semua waktu nya utk melaksanakn sholat qodlo tersbut.

KECUAli utk mlkukan perkara yg wajib lain nya misal sholat hadir (ad,an) atau skedar melkaukan  hajat dan kebutuhan sj semisal kerja mncari nafkah atau istrahat dan tidur.

Seandainay ttp melakukan sholat sunnah , mka sholat nya ttp sah meskipun haram, (dosa sebab lebih mengutamakan yg sunnah ketimbang yg wajib)
Artinya:
Di anggap sah sholat sunnahnya krn keharaman nya bukan dzat sholat nya tp krn kelalaian dlm bersegera mengqodlo sholat nya.

Sebagaimana perkataan ulama'
✒Barang siapa yg disibukkan oleh perkara wajib dari pada sunnah maka org tsb di anggap udzur.

Barang siapa yg disibukkan oleh perkara sunnah dari pada wajib maka org tsb tertipu.

من شغله الفرض عن النفل فهو معذور
ومن شغله النفل عن الفرض فهو مغرور

⚫Menurut IMAM AL_ZARKASYI tidak sah sholat sunnah nya.

🔴APA BILA MENINGGALKAN SHOLAT NYA KARANA ADA UDZUR,  MAKA MENURUT QAUL ASHOH (LEBIH BENAR) HANYA sebatas sunnah bersegera mengqodlo sholat fardlunya,

✍Mafhum dari pendapat ini boleh melakukan aktifitas yg bersifat sunnah//mendirikan sholat sunnah, meski yg lebih utama adalh mengqodlo sholat nya.
Sebab dalam masalh hutang qodlo sholat wajib, karena ada nya udzur, sunnah mengqodlo dgn segera.

===={{{{{{==========
Ibaroh/refrensi:

النجم الوهاج ٢ ص ٢٨

قال: (ويبادر بالفائت)؛ تعجيلًا لبراءة الذمة، فإن فات بعذر كنوم ونسيان .. ندبت المبادرة، وإن كان بغير عذر .. وجب لتفريطه، هذه طريقة الخراسانيين.

وقيل: يندب فيهما، وهو الأصح عند العراقيين؛ لأن القضاء بأمر جديد.
وقيل: يجب فيهما؛ لقوله صلى الله عليه وسلم: (من نام عن صلاة أو نسيها .. فليصلها إذا ذكرها) متفق عليه [خ٥٩٧ - م٦٨٤]. وإذا وجب الفور في المعذور .. فغيره أولى.
والأصح: التفصيل.

Artian bebas nya:

Menurut kiyai mushonnif, dan bersegera mengqodlo sholat yg tertinggal, guna segera terbebasnya dr tanggungan.

Apabila meninggalkan nya krna udzhur maka mengqolo' bersegera itu sunnah.

Apabila meninggalkan sholat nya tanpa udzhur maka wajih bersegera qodlo'

Dan menurut qiel bersegera dlm menqodlo sholat hukum nya sunnah baik meninggalkan nya karna udzur atau bukan karna udzur.
Pendapat ini di anggap shohih oleh kalangan ulama' IRAQ.

MENURUT QIEL JUGA
HUKUM menqodlo sholat segera (tdk di tunda2)  wajib hukum nya (baik krn udzur atau tidk)

Pendapat ke tiga ini berdasarkqn dhohir hadist Rasulallah

Barang siapa tertidur/lupa tidak mengerjakan sholat, maka (segeralah) sholat lah apa org tersbut apabila terbangun/ingat ( blm sholat).
Hadist muttafaqun alaih.

_apabila meninggalkan sholat karna udzur  sj wajib bersegera mengqodlo nya, maka yg dintinggalkan tanpa udzur lebih utama utk disegerakan.

Menurut qaul yg lebih shohih adalh ditafsil

(Apabila meninggalkan nya karna udzur mka SUNNAH bersegera mengqodlo nya.

(Apabila meninggalkan nya tanpa udzur maka WAJIB bersegera mengqodlo nya.

---------------------------

اعانة الطالبين.
ويبادر من مر بفائت وجوبا
ان فاتت بلاغذر فيلزمه القضاءفورا، قال شيخنا ابن حجر رحمه الله والذي يظهر انه يلزمه صرف جميع زمنه للقضاء ماعدا مايحتاج لصرفه فيمالا بد وانه يحرم عليه التطوع اي مع صحته خلافا للزركشي.
Jika meninggalkan sholat tanpa udzur , menurut ibnu hajar wajib menggunakan semua waktunya utk melakukan sholat qodlo'
Kecuali sekedar melakukan kegiatan wajib lain nya dan sekedar hajat.

👉Menurut al_imam zarkasi:
Haram sholat sunnah (bagi yg punya tanggungan sholat qodlo), tetapi tetap sah sholatnya.

---------------------

------------------------
Fathul wahab 1 hal 37 (maktabah syamilah)

وَيُبَادِرُ بِفَائِتٍ " وُجُوبًا إنْ فَاتَ بِلَا عُذْرٍ وَنَدْبًا إنْ فَاتَ بِعُذْرٍ كَنَوْمٍ وَنِسْيَانٍ تَعْجِيلًا لِبَرَاءَةِ الذِّمَّةِ وَلِخَبَرِ الصَّحِيحَيْنِ مَنْ نَامَ عَنْ صَلَاةٍ أَوْ نَسِيَهَا فَلْيُصَلِّهَا إذَا ذَكَرَهَا.




(ويبادر بفائت) من فرض صَلَاة أَو غَيرهَا مَتى تذكره وجوبا إِن فَاتَ بِغَيْر عذر تعجيلا لبراءة الذِّمَّة فَلَا يجوز لغير الْمَعْذُور أَن يصرف زَمنا فِي غير قَضَائِهِ كالتطوع وَفرض الْكِفَايَة وَفرض عين موسع إِلَّا فِيمَا يضْطَر إِلَيْهِ كالنوم وَتَحْصِيل مُؤنَة من تلْزمهُ مُؤْنَته وكالصور المستثناة من وُجُوبهَا الْفَوْرِيَّة وَهِي مسَائِل مِنْهَا مَا إِذا خَافَ فَوت أَدَاء حَاضِرَة بِأَن علم أَنه لَو اشْتغل بِقَضَاء الْفَائِتَة لم يدْرك من وَقت الْحَاضِرَة مَا يسع رَكْعَة فَيبْدَأ بالحاضرة وجوبا وَخرج بفوت أَدَاء الْحَاضِرَة فَوت جماعتها فَإِذا خَافَ فَوتهَا بَدَأَ بِالْقضَاءِ وَظَاهر هَذَا أَنه يبْدَأ بالفائتة وَلَو بِعُذْر وَأَنه لَا فرق بَين أَن يَرْجُو جمَاعَة غير هَذِه أَو لَا
وَمِنْهَا مَا إِذا لم يُوجد إِلَّا ثوب وَاحِد فِي رفْقَة عُرَاة أَو ازدحموا على بِئْر أَو مَكَان للصَّلَاة فَلَا يقْضِي حَتَّى تَنْتَهِي النّوبَة إِلَيْهِ
وَمِنْهَا فَاقِد الطهُورَيْنِ إِذا صلى لحُرْمَة الْوَقْت ثمَّ وجد خَارج الْوَقْت تُرَابا لَا يسْقط بِهِ الْفَرْض كَأَن كَانَ بِمحل يغلب فِيهِ وجود المَاء فَلَا يقْضِي بِهِ إِذْ لَا فَائِدَة فِيهِ
وَمِنْهَا مَا إِذا وجد غريقا يجب إنقاذه فَيحرم اشْتِغَاله بِالْقضَاءِ ويبادر بفائت اسْتِحْبَابا مسارعة لبراءة ذمَّته إِن فَاتَ بِعُذْر فَإِن وجوب قَضَائِهِ على التَّرَاخِي والعذر كنوم لم يَتَعَدَّ بِهِ بِأَن كَانَ قبل دُخُول الْوَقْت أَو فِيهِ ووثق بيقظته قبل خُرُوجه بِحَيْثُ يدْرك الصَّلَاة فِيهِ فَإِن كَانَ مُتَعَدِّيا بِهِ كَأَن نَام بعد دُخُوله وَلم يَثِق بيقظته فِيهِ وَجب الْقَضَاء فَوْرًا وَحَيْثُ لم يكن مُتَعَدِّيا بِالنَّوْمِ واستيقظ من نَومه وَقد بَقِي من وَقت الْفَرِيضَة مَا لَا يسع إِلَّا الْوضُوء أَو بعضه فَحكمه حكم مَا فَاتَهُ بِعُذْر فَلَا يجب قَضَاؤُهَا فَوْرًا
وَمن الْأَعْذَار نِسْيَان لم ينشأ عَن تَقْصِير فَإِن كَانَ عَن تَقْصِير كاشتغال بلعب فَلَيْسَ عذرا واشتغال بِمَا يلْزمه تَقْدِيمه على الصَّلَاة كدفع صائل وتقضي الْجُمُعَة ظهرا.

Nihayatuzzain 1 hal 10.

Intinya bila meninggalkan kan sholat tanpa udzur haram melakukan aktifitas yg bersifat sunnah, kecwli hal2 yg genting dan hajat sepert kerja mncri nafkah

Bgitu jg haram sholat sunnah.

Apabila meninggalkan sholat nya krn ada udzur semisal lupa atau tertidur maka sunnah bersegera menqodlo sholat nya,

Krn HUKUM bersegera menqodlo sholat nya sebatas sunnah, maka tdk haram (boleh) melakukan sholat sunnah.

Namun ttp mengqodlo sholat nya lebih baik agar cepat terbebas dr tanggungan.

والله اعلم بالصواب

Semoga bermanfaat
diskusihukumfiqh212.blogspot.com
hikmahdhf.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar