Jumat, 09 Maret 2018

MASUK SURGA ATAS KEHENDAK DAN TAQDIR ALLAH

KESIMPULAN TEAM DHF
PENGERTIAN PENYEBAB MASUK SYURGA KARNA PERBUATAN BUKAN KETENTUAN.
====================

PERTANYAAN:

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
pak ust

ﺍﺩﺧﻠﻮﺍﺍﻟﺠﻨﺔﺑﻤﺎﻛﻨﺘﻢﺗﻌﻤﻠﻮﻥ

dalam ayat tersebut kan bahwa penyebab masuk surga karna perbuatan, kenapa bukan karna ketentuan allah?

sedangkan hidup mengikuti takdir allah?

JAWAB:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

قوله تعالى :
ادخلوا الجنة بما كنتم تعمملون.
Dalam ayat tersebut memeng menyebutkan secara dzahiriyah: bahwa setiap orang akan masuk surga sesuai perbuatan nya.
Jika berbuat baik maka ia akan di ganjar pahala.
Begitu sebaliknya.

Secara haqiqat nya manusia akan di masukan ke surga atas dasar kekuasan dan rahmat Allah.
Sebagai mana sabda baginda Rasulallah:
لن يدخل احد منكم الجنة بعمله... الخ
Tidak akan masuk surga salah satu dari kalian sebab amal kalian,
Sahabat bertanya:
Apakah engkau begitu juga wahai rasulallah..???

Sabda rasulallah:
Yaa begitu juga saya (tidak akan masuk surga sebab amal ku)
الا ان تغمد نى الله بفضله ورحمته
Kecuali Allah menganugrahi ku keutamaan dan Rahmat Nya.

Imam nawawi berkata:
Sesungguhnya madzhab ahli sunnah wal jama,ah bahwa sesungguhnya tidak menetapkan sesuatu secara aqal saja dalam perkara surga dan siksa (neraka) dan begitu pula dalam perkara lain nya, kecuali menetapkan sebuah hukum melalui kaca mata   syariat.

Dan  bagi Allah tidak ada sesuatu yg wajib bagi Nya , tetapi seluruh alam dan isi nya, termasuk dunia dan akhirat   adalah milik Allah, dan dalam.kekuasaan Nya. Allah juga bebas berbuat atas segala yg di kehendaki Nya.
Bahkan seandainya Allah menyuksa dan memasukan ke neraka orag yg ta,at, orah yg sholeh (ahli ibadah)  maka itu murni keadilah Allah.
Begitu sebaliknya  andai Allah memasukan org yg kafir, org yg fasik ke dalam surga maka itu juga merupakan kehendak dan kuasa Allah srta merupakan ke adilan bagi Allah.



KESIMPULAN NYA

👉Bimaa t'maluun,
Juga bergerak atas kehendak dAn taqdir Allah, jdi tak ada satupun yg terlepas dr taqdir DAN KEHENDAK JUGA KUASA Allah,

Adanya ayat tersebut menunjukan bahwa setiap ketentuan Allah itu pasti di sertai sebab,
Perbuatan baik menjadi sebab agar bisa masuk kesurga, Allah sudah tentukan asbab itu, maka jelas sudah semua berdasarkan taqdir,kehendak Allah.

Adanya sebab tersebut merupakan tanda bahwa wujib nya manusia ikhiyar, jika ingin mencapai surga, yaitu dgn cara berbuat amal baik dan sholeh,
Maslah taqdir masuk surga atau neraka semua berjalan sesuai kuasa dan kehendak Allah.

Tambahan:

👉AYAT DI ATAS MERUPAKAN potongan dari  Surat An Nahl 32,

sedang AYAT LENGKAPNYA sebagai berikut👇👇👇👇👇:

ٱلَّذِينَ تَتَوَفَّىٰهُمُ ٱلْمَلَٰٓئِكَةُ طَيِّبِينَ ۙ يَقُولُونَ سَلَٰمٌ عَلَيْكُمُ ٱدْخُلُوا۟ ٱلْجَنَّةَ بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

👉(yaitu) orang-orang yang diwafatkan dalam keadaan baik oleh para malaikat dengan mengatakan (kepada mereka): "Salaamun'alaikum, masuklah kamu ke dalam surga itu disebabkan apa yang telah kamu kerjakan".

👉Tafsir al-Jalalain
(Yaitu orang-orang) lafal alladziina di sini menjadi na`at atau sifat (yang diwafatkan oleh para malaikat dalam keadaan baik) yakni suci dari kekafiran (dengan mengatakan) para malaikat itu berkata kepada mereka ketika akan diwafatkan ("Salaamun `alaikum.") dan dikatakan pula kepada mereka kelak di hari akhirat ("Masuklah kalian ke dalam surga itu disebabkan apa yang telah kalian kerjakan.")

📚REFERENSI:

تفسير خازن ج ٣ص ٧٥👉
📔. فإن قلت
: كيف الجمع بين قوله تعالى ادخلوا الجنة بما كنتم تعملون وبين قوله: صلى الله عليه وسلم «لن يدخل أحد منكم الجنة بعمله قالوا ولا أنت يا رسول الله قال: ولا أنا إلا أن يتغمدني الله بفضله ورحمته» أخرجاه في الصحيحين من حديث أبي هريرة؟ قلت: قال الشيخ محيي الدين النووي رحمه الله في شرح مسلم. اعلم أن مذهب أهل السنة أنه لا يثبت بالعقل ثواب ولا عقاب ولا غيرها إلا بالشرع ومذهب أهل السنة أيضا أن الله سبحانه وتعالى لا يجب عليه شيء بل العالم كله ملكه والدنيا والآخرة في سلطانه يفعل فيهما ما يشاء فلو عذب المطيعين والصالحين أجمعين، وأدخلهم النار كان ذلك عدلا منه، وإذا أكرمهم ورحمهم وأدخلهم الجنة فهو فضل منه ولو نعم الكافرون، وأدخلهم الجنة كان ذلك له ومنه فضلا، ولكنه سبحانه وتعالى أخبر وخبره صادق أنه لا يفعل هذا بل يغفر للمؤمنين، ويدخلهم الجنة برحمته ويعذب الكافرين ويدخلهم النار عدلا منه. وأما المعتزلة فيثبتون الأحكام بالعقل، ويوجبون ثواب الأعمال ويوجبون الأصلح في خبط طويل لهم، تعالى الله عن اختراعاتهم الباطلة المنابذة لنصوص الشرع. وفي ظاهر هذا الحديث دلالة لأهل الحق أنه لا يستحق أحد الثواب والجنة بطاعته. وأما قوله سبحانه وتعالى: «ادخلوا الجنة بما كنتم تعملون- وتلك الجنة التي أورثتموها بما كنتم تعملون» ونحوها من الآيات التي تدل على أن الأعمال الصالحة يدخل بها الجنة، فلا تعارض بينها، وبين هذا الحديث بل معنى الآيات: أن دخول الجنة بسبب الأعمال والتوفيق للإخلاص فيها وقبولها برحمة الله تعالى وفضله فيصح أنه لم يدخل الجنة بمجرد العمل وهو مراد الحديث ويصح أنه دخل بالأعمال أي بسببها وهي من الرحمة، والفضل والمنة والله أعلم بمراده

📔( الذين تتوفهم الملائكة طيبين يقلون سلم عليكم ادخلوا الجنة بما كنتم تعلمون ) مستمرين على تقواهم ( طيبين ) أي : طاهرين مطهرين من كل نقص ودنس يتطرق إليهم، ويخل في إيمانهم فطابت قلوبهم بمعرفة الله ومحبته، وألسنتهم بذكره والثناء عليه، وجوارحهم بطاعته والإقبال عليه، (يقولو سلام عليكم) أي: التحية الكاملة حاصلة لكم، والسلامة من كل آفة.
وقد سلمتهم من كل ما تكرهون ( ادخلوا الجنة بما كنتم تعلمون ) من الإيمان بالله والا نقياد لأمره ، فإن العمل هو السبب والمادة والأصل في دخول الجنة والنجاة من النار ، وذلك العمل حصل لهم برحمة الله ومنته عليهم ، لا يحولهم وقوتهم.

تيسير الكريم الرحمن
في تفسير كلام المنان. ص ٤٣٩


[ والله اعلم بالصواب ]

Diskusihukumfiqh212.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar