Senin, 26 Februari 2018

BATASAN AQIL DAN GHOIRU AQIL

KESIMPULAN TEAM DHF
BATASAN AQIL DAN GHAIRU AQIL ORANG AUTIS  __________________________________________________

PERTANYAAN:

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Izin bertanya
Pengidap Autisme
Deskripsi Masalah :
Autisme adalah kelainan pertumbuhan syaraf otak sejak lahir dan bawaan (belum diketahui penyebab pastinya), dengan 3 tanda umum seperti masalah dalam komunikasi, masalah dalam bersosial dan sensori (inderanya menjadi peka dan tidak dapat menerima rangsangan2 indera tertentu, seperti suara melengking, sinar lampu dan lain sebagainya.). Orang autis seringkali mengalami kelainan kejiwaan lainnya (istilah medisnya: Comorbidity), yaitu AD/HD, depresi bahkan schizophrenia. Ini adalah ujian bagi pengidap dan keluarganya.
Tiap pengidap autis memiliki taraf kelainan berbeda-beda. Tingkat keparahan ini (disebut spektrum kelainan autisme, atau Autism Sprectrum Disorders) menentukan seberapa parah kelainan tersebut. Pengindap autis berat hampir selalu tidak bisa mengontrol emosinya, sementara autis ringan (sering disebut Asperger's) bahkan kadang memiliki kecerdasan diatas rata2.
Fikih sebagai payung hukum islam seharusnya sudah membuat tingkatan-tingkatan hukum kepada pengidap autis baik berat maupun ringan.
Pertanyaan :
sejauh manakah batasan ‘Aqil dan Ghairu ‘Aqil bagi pengidap autis ini? apakah masih terkena beban taklif dalam prespektif Agama?

*JAWABAN*

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

👉Secara istilah, mukallaf adalah :
الإنسان الذي تعلق بفعله خطاب الشارع أو حكمه”

“Seorang manusia yang mana perlakuannya itu bergantungan dengan ketentuan al-Syâri’ atau hukumnya”.
Dari sini, dapat difahami bahwa mukallaf adalah orang yang telah dianggap mampu bertindak hukum, baik yang berhubungan dengan perintah Allah SWT maupun larangan-Nya. Semua tindakan hukum yang dilakukan mukallaf akan diminta pertanggung-jawabannya, baik di dunia maupun di akhirat. Pahala akan didapatkan kalau ia melakukan perintah Allah SWT, dan dosa akan dipikulnya kalau ia meninggalkan perintah Allah SWT, begitu seterusnya sesuai dengan krateria hukum taklîfî yang sudah diterangkan.

👉Syarat² mukallaf:baligh,berakal,sampainya dakwah Islam dan selamatnya panca indera,,,
Bila tidak memenuhi syarat ² diatas maka tidak mukallaf

👉Contoh ² orang yang tidak mukallaf:
Terlahir dalam keadaan buta,tuli,bisu..
Orang tuli,buta dan bisa bicara.

👉Jadi semua hal itu bisa diukur sendiri, jika dia tdk bisa bertindak hukum maka hal tersebut tidak bisa disebut mukallaf, dan bisa di qiaskan kepada orang gila atau setengah gila, sebab Jumhur (mayoritas) fuqaha memberikan hukum bahwa orang setengah gila (ma'tuh) dapat melepaskan taklif (pembebanan hukum), termasuk macamnya gila. Hukum yang berlaku pada orang setengah gila sesuai dengan hukumnya orang gila, baik dalam urusan ibadah, urusan harta dan mu'amalah, atau pada urusan akad seperti nikah, talak maupun akad tasharuf yang lain.

👉Hal ini mengacu pada hadits Nabi yang menyatakan bahwa orang setengah gila termasuk orang yang tidak dicatat amalnya. Namun Imam Ad Dabusiy (Hanafiyah) memberikan pernyataan lain: "Orang setengah gila wajib beribadah untuk berhati-hati". Imam Ibnu Abidin (Hanafiyah) juga memberikan pernyataan: "orang setengah gila itu seperti anak kecil yang mumayyiz dan berakal.

👉Sebagian ulama Hanafiyah dan Malikiyah memberikan tambahan: "Jika penyakit setengah gilanya ringan maka dianggap mumayyiz, tasharuf yang merugikan dianggap batil dan tasharuf yang berguna dianggap sah"

📚*REFERENSI*

👉Tuhfatul Murid syarh Jauharoh at-Tauhid karya syaikh Ibrahim al-Bajuri hlm 67 cetakan Dar as-Salam tahun 2002
📔وشروط التكليف البلوغ العقل وبلوغ الدعوة وسلامة الحواس...الى ان قال...وخرج بالعاقل المجنون فليس مكلف وكذا السكران غير المتعدى بخلاف المتعدى ولكن محل ذلك ان بلغ مجنونا او سكران واستمرذلك حتى مات بخلاف ما لو بلغ عاقلا ثم جن اوسكر وكان غير مؤمن ومات كذلك فهو غير ناج

📔بجيرمي خطيب ج ١ص ٤٠٨
وَلَوْ خُلِقَ أَعْمَى أَصَمُّ أَخْرَسُ فَهُوَ غَيْرُ مُكَلَّفٍ كَمَنْ لَمْ تَبْلُغْهُ الدَّعْوَةُ شَرَحَ م ر وَمِثْلُهُ مَنْ خُلِقَ أَصَمُّ أَعْمَى نَاطِقًا؛ لِأَنَّ النُّطْقَ بِمُجَرَّدِهِ لَا يَكُونُ طَرِيقًا لِمَعْرِفَةِ الْأَحْكَامِ الشَّرْعِيَّةِ بِخِلَافِ الْبَصَرِ وَالسَّمْعِ ع ش. وَيُؤْخَذُ مِنْ هَذَا شَرْطَانِ لِلْوُجُوبِ، وَهُمَا أَنْ يَكُونَ سَلِيمَ الْحَوَاسِّ وَبَلَغَتْهُ الدَّعْوَةُ ...الى ان قال...والكَلَامُ فِي الْأَخْرَسِ الْأَصْلِيِّ. أَمَّا الطَّارِئُ فَإِنْ كَانَ قَبْلَ التَّمْيِيزِ فَكَالْأَصْلِيِّ وَإِنْ كَانَ بَعْدَ التَّمْيِيزِ وَلَوْ قَبْلَ الْبُلُوغِ وَعَرَفَ الْحُكْمَ تَعَلَّقَ بِهِ الْوُجُوبُ اهـ اج.


👉Definisi berakal
📔لسان العرب
جمع: عُقُولٌ. [ع ق ل]. (مصدر عَقَلَ). "عَقْلُ الإِنْسَانِ" : قُوَّةُ الإِدْرَاكِ وَالتَّمْيِيزِ وَالتَّفْكِيرِ عِنْدَهُ. "اِخْتَلَّ عَقْلُهُ" "العَقْلُ السَّلِيمُ فِي الْجِسْمِ السَّلِيمِ".

👉Definisi tidak berakal
📔لسان العرب
مجنون جمع: مَجَانِينُ. [ج ن ن]. (مفعول مِنْ أَجَنَّ عَلَى غَيْرِ قِيَاسٍ، أَيْ جَنَّ جُنَّ).
1."مَجْنُونُ الْحَيِّ" : مَنْ ذَهَبَ عَقْلُهُ.
2."مُسْتَشْفَى الْمَجَانِينِ" : مُسْتَشْفَى الأَمْرَاضِ العَقْلِيَّةِ.

👉Al Mausu’ah al Fiqhiyyah juz 29 hal.276

📔اعتبر جمهور الفقهاء أن العته يسلب التكليف من صاحبه، وأنه نوع من الجنون، وينطبق على المعتوه ما ينطبق على المجنون من أحكام، سواء في أمور العبادات، أو في أمور المال والمعاملات المتصلة به، أو في العقود الأخرى كعقود النكاح والطلاق وغير ذلك من التصرفات الأخرى. واستدلوا بقوله صلى الله عليه وسلم: رفع القلم عن ثلاثة: عن النائم حتى يستيقظ، وعن الصبي حتى يحتلم، وعن المجنون حتى يعقل وفي رواية: عن الصبي حتى يبلغ، وعن النائم حتى يستيقظ، وعن المجنون حتى يبرأ وفي رواية: وعن المعتوه حتى يعقل. وخالف في ذلك الدبوسي من الحنفية، فقال: تجب على المعتوه العبادات احتياطا، قال ابن عابدين في حاشيته: وصرح الأصوليون: بأن حكم المعتوه كالصبي المميز العاقل في تصرفاته وفي رفع التكليف عنه وذكر الزيلعي مثل ذلك دون أن ينسبه إلى الأصوليين


👉 Al Fiqh al Islamiy wa Adillatuh juz 6 hal. 304

📔المعتوه: هو من كان قليل الفهم، مختلط الكلام، فاسد التدبير لاضطراب عقله، سواء من أصل الخلقة، أو لمرض طارئ. فإن كان العته شديداً، والمعتوه غير مميز، فهو كالمجنون والصغير غير المميز، تكون تصرفاته كلها باطلة. وقد ألحقت كتب الفقهاء العته بالجنون. وإن كان العته خفيفاً، والمعتوه مميزاً، فتصرفه الضار عند الحنفية والمالكية يكون باطلاً، والنافع يكون صحيحاً، والدائر بين النفع والضرر يكون موقوفاً على إجازة وليه، فهو كالصبي المميز

[ والله اعلم بالصواب ]
Diskusihukumfiqh212.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar