Minggu, 25 Februari 2018

HUKUM ISTRI TIDAK DI NAFKAHI DZOHIR

KESIMPULAN TEAM MUSYAWWIRIN DHF
==========================
APABILA SUAMI TIDAK MEMBERI NAFKAH DHOHIR KEPADA ISTRI

Apabila seorang suami tidak memberikan nafkah sama sekali kepada istrinya, maka ada dua pilihan yang bisa dilakukan istrinya :

1. Bersabar dengan keadaan yang dihadapinya, dan mennafkahi dirinya sendiri dengan harta yang ia miliki, atau ia berhutang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, dan nantinya harta yang ia gunakan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya akan menjadi hutang yang harus dibayar oleh suaminya, apabila ia menafkahi dirinya berdasarkan kebutuhan yang wajib diberikan suami kepada istri, sedangkan apabila ia menafkahi dirinya dengan kebutuhan yang melebihi kebutuhan yang wajib diberikan suami, maka yang menjadi hutang suami hanya sebatas kebutuhan yang wajib saja.

2. Apabila ia tidak sabar atau sudah tidak tahan pada keadaan yang sedang ia hadapi, maka diperbolehkan baginya untuk mengajukan fasakh nikah ke pengadilan.

Ketentuan diatas berlaku apabila suaminya memang tidak mampu memberi nafkah, sedangkan apabila suami itu sebenarnya mampu memberi nafkah, hanya saja ia tidak mau memberikan nafkah, maka bagi sang istri tidak boleh mengajukan fasakh nikah, karena masih memungkinkan baginya untuk menuntut nafkahnya lewat jalur Pengadilan.

Dalam satu hadits yang diriwayatkan Abi Az-Zinad dijelaskan ;

ﺳَﺄَﻟْﺖُ ﺳَﻌِﻴﺪَ ﺑْﻦَ ﺍﻟْﻤُﺴَﻴِّﺐِ ﻋَﻦِ ﺍﻟﺮَّﺟُﻞِ ﻟَﺎ ﻳَﺠِﺪُ ﻣَﺎ ﻳُﻨْﻔِﻖُ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻣْﺮَﺃَﺗِﻪِ ﻗَﺎﻝَ: " ﻳُﻔَﺮَّﻕُ ﺑَﻴْﻨَﻬُﻤَﺎ " ﻗَﺎﻝَ ﺃَﺑُﻮ ﺍﻟﺰِّﻧَﺎﺩِ ﻗُﻠْﺖُ : ﺳُﻨَّﺔً , ﻗَﺎﻝَ: ﺳَﻌِﻴﺪٌ: ﺳُﻨَّﺔً

"Aku bertanya pada Said bin Al- Musayyab tentang seorang laki-laki yang tidak mempunyai harta untuk menafkahi istrinya, beliau menjawab :

"Keduanya dipisahkan", Abi Az-Zinad bertanya, :

"(Apakah hal tersebut adalah) sunnah (tuntunan) nabi?", beliau menjawab : "(Ketentuan tersebut adalah) sunnah nabi". (Sunan Al-Kubro, no.10707 dan Sunan Ad-Daruquthni, no.3783) .

Imam Syafi'i menjelaskan, yang dimaksud dari kata "sunnah" yang diucapkan Sa'id bin Al-musayyab adalah bahwa ketentuan ketentuan tersebut berasal dari Rosululloh shollallohu 'alaihi wasallam.

Kesimpulannya, selama istri belum mengajukan fasakh nikah ke pengadilan dengan ketentuan di atas atau suami belum menceraikan istrinya, maka bagi istri tersebut tidak diperbolehkan menikah lagi.

Ibarot pendukung:

Hasyiyah Al-Bajuri Ala Fathul Qorib, Juz : 2 Hal : 193-194

ﻭﺇﻥ ﺃﻋﺴﺮ ﺑﻨﻔﻘﺘﻬﺎ ( ﺃﻱ ﺍﻟﻤﺴﺘﻘﺒﻠﺔ )ﻓﻠﻬﺎ ( ﺍﻟﺼﺒﺮ ﻋﻠﻰ ﺇﻋﺴﺎﺭﻩ ﻭﺗﻨﻔﻖ ﻋﻠﻰ ﻧﻔﺴﻬﺎ ﻣﻦ ﻣﺎﻟﻬﺎ ﺃﻭ ﺗﻘﺘﺮﺽ ﻭﻳﺼﻴﺮ ﻣﺎ ﺃﻧﻔﻘﺘﻪ ﺩﻳﻨﺎ ﻋﻠﻴﻪ، ﻭﻟﻬﺎ ) ﻓﺴﺦ ﺍﻟﻨﻜﺎﺡ .( ﻭﺇﺫﺍ ﻓﺴﺨﺖ ﺣﺼﻠﺖ ﺍﻟﻤﻔﺎﺭﻗﺔ، ﻭﻫﻲ ﻓﺮﻗﺔ ﻓﺴﺦ، ﻻ ﻓﺮﻗﺔ ﻃﻼﻕ. ﻭﺃﻣﺎ ﺍﻟﻨﻔﻘﺔ ﺍﻟﻤﺎﺿﻴﺔ ﻓﻼ ﻓﺴﺦ ﻟﻠﺰﻭﺟﺔ ﺑﺴﺒﺒﻬﺎ .................................... ﻗﻮﻟﻪ ) : ﻭﺇﻥ ﺃﻋﺴﺮ ﺍﻟﺦ ( ﺧﺮﺝ ﺑﻘﻮﻟﻪ ﺃﻋﺴﺮ, ﻣﺎ ﺇﺫﺍ ﺃﻳﺴﺮ ﻟﻜﻦ ﺇﻣﺘﻨﻊ ﻣﻦ ﺍﻹﻧﻔﺎﻕ ﻋﻠﻴﻬﺎ , ﻓﻠﻴﺲ ﻟﻬﺎ ﺍﻟﻔﺴﺦ ﻟﺘﻤﻜﻨﻬﺎ ﻣﻦ ﺗﺤﺼﻴﻞ ﺣﻘﻬﺎ ﺑﺎﻟﺤﺎﻛﻢ, ﺳﻮﺍﺀ ﺣﻀﺮ ﺍﻟﺰﻭﺝ ﺃﻭ ﻏﺎﺏ , ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﺘﺮﻙ ﻟﻬﺎ ﺷﻴﺄ ﻓﻲ ﻏﻴﺒﺘﻪ ﻭﻟﻮ ﻏﺎﺏ ﻣﺪﺓ ﻃﻮﻳﻠﺔ – ﺇﻟﻰ ﺃﻥ ﻗﺎﻝ ﻗﻮﻟﻪ ) : ﻓﻠﻬﺎ ﺍﻟﺼﺒﺮ ﻋﻠﻰ ﺇﻋﺴﺎﺭﻩ ( ﺃﺷﺎﺭ ﺑﺬﻟﻚ ﺇﻟﻰ ﺃﻥ ﻣﺤﻞ ﻗﻮﻝ ﺍﻟﻤﺼﻨﻒ " ﻓﻠﻬﺎ ﻓﺴﺦ ﺍﻟﻨﻜﺎﺡ " ﺇﺫﺍ ﻟﻢ ﺗﺼﺒﺮ , ﻓﻬﻲ ﻣﺨﻴﺮ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﺼﺒﺮ ﻭﺍﻟﻔﺴﺦ – ﺇﻟﻰ ﺃﻥ ﻗﺎﻝ ﻗﻮﻟﻪ ) : ﻭﻳﺼﻴﺮ ﻣﺎ ﺃﻧﻔﻘﺘﻪ ﺩﻳﻨﺎ ﻋﻠﻴﻪ( ﺃﻱ ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﺑﻘﺪﺭ ﺍﻟﻮﺍﺟﺐ, ﺑﺨﻼﻑ ﻣﺎ ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﻣﺎﺃﻧﻔﻘﺘﻪ ﺯﺍﺋﺪﺍ ﻋﻠﻰ ﻗﺪﺭ ﺍﻟﻮﺍﺟﺐ ﻓﻼ ﻳﺼﻴﺮ ﺩﻳﻨﺎ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻻ ﻗﺪﺭ ﺍﻟﻮﺍﺟﺐ , ﻓﻠﻮ ﻗﺎﻝ : "ﻭﺻﺎﺭﺕ ﺍﻟﻨﻔﻘﺔ ﺩﻳﻨﺎ ﻋﻠﻴﻪ" ﻟﻜﺎﻥ ﺃﻭﻟﻰ, ﻭﺗﺼﻴﺮ ﺩﻳﻨﺎ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻔﺮﺿﻬﺎ ﺍﻟﻘﺎﺿﻲ ﻷﻧﻬﺎ ﺗﻤﻠﻴﻚ ﻓﻬﻲ ﻛﺴﺎﺋﺮ ﺍﻟﺪﻳﻮﻥ ﺍﻟﻤﺴﺘﻘﺮﺓ ﻗﻮﻟﻪ ) : ﻭﻟﻬﺎ ﻓﺴﺦ ﺍﻟﻨﻜﺎﺡ( ﻭﻃﺮﻳﻘﺔ ﺍﻟﻔﺴﺦ : ﺃﻥ ﺗﺮﻓﻊ ﺍﻷﻣﺮ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻘﺎﺿﻲ ﺃﻭ ﺍﻟﻤﺤﻜﻢ ﺑﺸﺮﻃﻪ ﻭﻳﺜﺒﺖ ﻋﻨﺪﻩ ﺇﻋﺴﺎﺭ ﺍﻟﺰﻭﺝ ﺑﺈﻗﺮﺍﺭﻩ ﺃﻭ ﺑﺒﻴﻨﺔ. ﺛﻢ ﺑﻌﺪ ﺛﺒﻮﺕ ﺇﻋﺴﺎﺭ ﻩ ﻳﺠﺐ ﺇﻣﻬﺎﻟﻪ ﺛﻼﺛﺔ ﺃﻳﺎﻡ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻄﻠﺐ ﺍﻹﻫﻤﺎﻝ

سبل السلام ٣/٣٩٤ :
وقال الامام يحيى: ولا وجه للتربص لكن إن ترك لها الغائب ما يقوم بها فهو كالحاضر إذ لم يفتها إلا الوطئ وهو حق له لا لها وإلا فسخها الحاكم عند مطالبتها من دون المفقود ل

بغية المسترشدين : ص ٢٤٢ :
ولو غاب الزوج وجهل يساره وإعساره لانقطاع خبره ، ولم يكن له مال بمرحلتين فلها الفسخ أيضاً بشرطه ، كما جزم به في النهاية وزكريا والمزجد والسنباطي وابن زياد و (سم) الكردي وكثيرون ، وقال ابن حجر وهو متجه مدركاً لا نقلاً ، بل اختار كثيرون وأفتى به ابن عجيل وابن كبن وابن الصباغ والروياني أنه لو تعذر تحصيل النفقة من الزوج في ثلاثة أيام جاز لها الفسخ حضر الزوج أو غاب ، وقواه ابن الصلاح ، ورجحه ابن زياد والطنبداوي والمزجد وصاحب المهذب والكافي وغيرهم ، فيما إذا غاب وتعذرت النفقة منه ولو بنحو شكاية ، قال (سم) : وهذا أولى من غيبة ماله وحده المجوّز للفسخ
______________

CATATAN:
@Seorng istri boleh mengajukan fasakh, karena sudah melewati batas tidak memberi nafkah dzohir, jelasnya
- bila suami tidak menafkahi batin saja maka tidak boleh fasakh
- bila suami selama tiga hari saja tidak memberi nafkah zhohir maka istri boleh minta fasakh

Wallohua'lam bishowwab
diskusihukumfiqih.blogspot.com
hikmahdhf.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar