Minggu, 25 Februari 2018

SANAD HADIST MAULID NABI DAN IKHTILAFUL UMMAH

KESIMPULAN TEAM DHF

DERAJAT SANAD HADIST MAULID NABI
-----------------------------

📄 Pertanyaan :

Asalmualaikm ustadz,  saya mau Tanya tentang hadist ini
من عظم مولدي كنت شفيعا له يوم القيامة
Dan hadist :
اختلاف الامتي رحمة
Itu Ada maengatakan hadist itu do'if.
Spa benar had is tersebut do'oif padahal di dalam maulid nbi banyak kiyai2 mengatakan hadist itu. 
Mohon penjelasannya ustadz

📋 Jawaban :

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته


✔ Jawaban sub A:

Hadist
من عظم مولدى كنت شفيعا له يوم القيامة
(Barang siapa yg memuliakan maulidku /kelahiran ku (Rasulullah) maka ia akan mendapatkan syafaat ku di hari kiamat nanti.

Bukan hadist dhoif,
Sebagai mana di tegaskan oleh al-ustadz Al imam Al hafidz al_musnad doktor Al habib Abdullah bin Abdul Qodir bafaqih.
Bahwa hadist tersebut
Merupakan hadist riwayat imam ibnu asakir dalam dlm kitab al-tariih juz 1 hal 60
Hadist tersebut di nyatakan shohih sanad nya olh imam az-zahabiy.

Catatan:
Imam Nawawi juga mengutip hadist tersebut dlm sebuah kitab nya:

Secara logika nalar yg sehat....

Seandainya hadist  tersebut oleh sebagian org di anggap maudug......

Tentunya imam NAWAWI tidak mengutip hadist tersebut di dalam.kitab nya.

Sebab imam Nawawi paling kritis terhadap sebuah hadits, dan juga termasuk yg kritis terhadap hukum bid,ah

Dan imam Nawawi ulama' allamah, dan penyarah hadist tak.mungkin berdusta dgn sebuah atsar hadist.

✔ Jawaban sub B:

Tentang hadist Rasulullah:
اختلاف امتى رحمة
Perbedaan ummatku adalah RAHMAT

Didalam kitab al_lubab 1/451

Disebutkan
رحمة الأمة فى اختلاف الائمة

Rahmat ummat adalh perbedaan para imam.

Terkait hadist di atas
Imam al-hailamiy menafsirkan
Bahwa (اختلاف امتى رحمة)
Yg dimaksud adalah perbedaan dalam masalah Drajat dan tingkatan serta nasib nya merupakan RAHMAT dari  Allah
(Saling membutuhkan)

Di dalam kitab ghoyatul Umam hal 189 juz 1

Di jelaskan terkait hadist tersebut
Bahwa perbedaan para ulama salafus_sholeh dlm ijtihadiyah, tentang istinbath HUKUM dlm maslah hukum syariat yg bersifat furu'iyah merupakan  nikmat dan Rahmat bagi umat.

Tafsir al_baidowi juga mengupas tentang hadist tersebut:

Dgn menegaskan dgn ayat di surah Al imran 3: ayat yg ke 105.

Janganlah kalian seperti organ _orang yang berpecah belah (Yahudi dan Nasrani) stelah adanya (datangnya) penjelasan _penjelasan , mereka itu (yang berpecah belah) siksa yg agung bagi mereka.

Penjelasan /tafsirayat tersebut menurt imam Al Baidowi bahwa janganlah kalian seperti org Yahudi dan Nasrani yg telah berpecah belah dlm tauhid nya.

Dan ayat tersebut jelas menegaskan bahwa umat islam di larang berpecah belah dlm.masalh usuludiin /maslah tauhid
Bukan tentang far,iyah.

Karena masalah far,iyah merupakan RAHMAT bagi umat dlm perbedaan hujjah bagi ulama'salfus_sholeh.
Sebagaimana di tegaskan dgn hadist.
اختلاف امتى رحمة.

Adapun perbedaan para salafus Sholeh dlm.masalh fariyah berdasarkan ijtihadiyah nya
Maka apabila ijtihadiyah tersebut benar maka mendapatkan 2.pahala
1.atas kebenaran hujjah nya
2.tas ijtihadiyah nya.

Sedangkan seandainya salah (keliru dlm hujjah nya)
Maka ia tetap mendapatkan pahala atas ijtihadiyah nya.

📚 REFERENSI:

Ibaroh sub :A

📖وَقَالَ اْلاُسْتَاذُ اْلاِمَامُ الْحَافِظُ اْلمُسْنَدُ الذُّكْتُوْرُ اْلحَبِيْبُ عَبْدُ اللهِ بْنِ عَبْدِ اْلقَادِرِ بَافَقِيْهِ بِأَنَّ قَوْلَهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ عَظَمَ مَوْلِدِيْ كُنْتُ شَفِيْعًا لَهُ يَوْمَ اْلِقيَامَةِ مَارَوَاهَ ابْنُ عَسَاكِرَ فِى التَّاريْخِ فِى الْجُزْءِ اْلاَوَّلِ صَحِيْفَةُ سِتَّيْنِ وَقَالَ الذَّهَبِى صَحِيْحٌ اِسْنَادُهُ.


Ibaroh sub: B

📖 اللباب ١ ص ٤٥١ مكتبة الشاملة
٧٨- رحمة الأمة في اختلاف الأئمة.

📖 نهاية المطالب ١٢ ص ١٥٧ مكتبة الشاملة

فقال عز من قائل: {ورفعنا بعضهم فوق بعض درجات ليتخذ بعضهم بعضا سخريا} [الزخرف: ٣٢] وقال الحليمي في تفسير قوله صلى الله عليه وسلم: "اختلاف أمتي رحمة" قال: أراد بذلك اختلافهم في الدرجات والمراتب والمناصب.
[نجز] (١) القول في الحرف وما يتعلق بالمروءات.
وأما اليسار؛ إن اعتبرناه، فيعارضه كل خصلة معتبرة في خصال الكفاءة.

📖 غايث الامم ١٨٩ جز ١ مكتبة الشاملة

٢٧٧ - ولا يخفى على ذي بصيرة أن ما أطلنا القول فيه هو الحيد عن مسلك الحق في قواعد العقائد، فأما اختلاف العلماء في فروع الشريعة، ومسالك التحري والاجتهاد، والتأخي من طرق الظنون، فعليه درج السلف الصالحون، وانقرض صحب رسول الله - صلى الله عليه وسلم - الأكرمون، واختلافهم سبب المباحثة عن أدلة الشريعة، وهو منة من الله تعالى ونعمة. وقد قال رسول الله - صلى الله عليه وسلم -: " «اختلاف أمتي رحمة» " فلا ينبغي أن يتعرض الإمام لفقهاء

📖 تفسير البيضاوى جز ٢ ص ٣٢ مكتبة الشاملة

سورة آل عمران (٣) : آية ١٠٥]
ولا تكونوا كالذين تفرقوا واختلفوا من بعد ما جاءهم البينات وأولئك لهم عذاب عظيم (١٠٥)
ولا تكونوا كالذين تفرقوا واختلفوا كاليهود والنصارى اختلفوا في التوحيد والتنزيه وأحوال الآخرة على ما عرفت. من بعد ما جاءهم البينات الآيات والحجج المبينة للحق الموجبة للاتفاق عليه. والأظهر أن النهي فيه مخصوص بالتفرق في الأصول دون الفروع
لقوله عليه السلام «اختلاف أمتي رحمة» .
ولقوله عليه الصلاة والسلام «من اجتهد فأصاب فله أجران ومن أخطأ فله أجر واحد»
. وأولئك لهم عذاب عظيم وعيد للذين تفرقوا وتهديد على التشبه بهم.

📖 اعلام الحديث (شرح صحيح البخاري) جز ١ ص ٢١٩_٢٢١ مكتبة الشاملة

فأما قول القائل: لو كان الاختلاف رحمة لكان  الاتفاق عذابا لأنه ضده، فهذا قول لم يصدر عن نظر وروية، وقد وجدت هذا الكلام لرجلين اعترضا به على الحديث: أحدهما:- مغموص عليه في دينه وهو عمرو بن بحر الذي يعرف بالجاحظ والآخر: معروف بالسخف والخلاعة في مذهبه وهو (إسحاق بن إبراهيم الموصلي)، فإنه لما وضع كتابه في الأغاني وأمعن في تلك الأباطيل ل يرض بما تزوده من إثمها حتى صدر كتابه بذم أصحاب الحديث
والحطب عليهم وزعم أنهم يروون ما لا يدرون، وذكر بأنهم رووا هذا الحديث، ثم قال: ولو كان الاختلاف رحمة لكان الاتفاق عذابا، ثم تكايس  وتعاقل فأدخل نفسه في جملة العلماء وشاركهم في تفسيره وتأويله فقال: وإنما كان الاختلافرحمة ما دام رسول الله صلى الله عليه وسلم حيا  بين ظهرانيهم فإنهم إذا اختلفوا سألوه فأجابهم وبين لهم ما اختلفوا فيه، ليس فيما يختلفون بعده، وزعم أنهم لا يعرفون وجوه الأحاديث ومعانيها فيتأولونها على غير جهاتها.
والجواب عما ألزمانا من ذلك يقال لهما: إن الشيء وضده قد يجتمعان في الحكمة، ويتفقان في المصلحة. ألا ترى أن الموت لم يكن فسادا، وإن كانت الحياة صلاحا، ولم يكن السقم سفها، وإن كانت الصحة حكمة، ولا الفرق خطأ، إذا كان الغنى صوابا. وكذلك الحركة والسكون الليل والنهار وما أشبهها من الأضداد. وقد قال سبحانه: {ومن رحمته جعل لكم الليل والنهار لتسكنوا فيه}، فسمى الليل رحمة، فهل أوجب أن يكون النهار عذابا من قبل أنه ضده، وفي هذا بيان خطأ ما ادعاه هؤلاء ولله الحمد.

وأما وجه الحديث ومعناه فإن قوله: (اختلافأمتي رحمة) كلام عام اللفظ، خاص المراد، وإنما هو اختلاف في إثبات الصانع ووحدانيته وهو كفر، واختلاف في صفاته ومشيئته وهو بدعة، وكذلك ما كان من نحو اختلاف الخوارج والروافض في إسلام بعض الصحابة، واختلاف في الحوادث من أحكام العبادات المحتملة الوجوه، جعله الله تعالى يسرا ورحمة وكرامة للعلماء منهم.
وقد قال صلى الله عليه وسلم: (إنما أنا رحمةمهداة). وقال: (بعثت بالرحمة). وقد سأل بعضهم أيضا على هذا فقال: كيف يكون مبعوثا بالرحمة، وقد بعث بالسيف وأمرنا بالقتال وسفك الدم؟
والجواب: أن الله تعالى بعث أكثر الأنبياء وأمرهم بالإبلاغ وأيدهم بالجوامع والحجج والمعجزات، فمن أنكر من تلك الأمم

📖 قواطع الادلة فى الاصول ٢ ص ٣٠٩ مكتبة الشاملة

وعلى هذا يتأول ما ورد في بعض الأخبار: "اختلاف أمتى رحمة" ١ فعلى هذا النوع يحمل هذا اللفظ دون النوع الآخر فيكون لفظا عاما والمراد به خاصا ثم أعلم أنه اختلف العلماء في حكم أقوال هؤلاء المجتهدين وذكر ذلك في ما يسوغ فيه الاجتهاد من المسائل التي اختلف فيها فقهاء الأمصار وظاهر مذهب الشافعى رحمه الله  أن المصيب من المجتهدين واحد والباقون مخطئون غير أنه خطأ يعذر فيه المخطئ ولا يؤثم وقد قال بعض أصحابنا: إن هذا قول الشافعى ومذهبه ولا يعرف له قول سواه وقد ذهب إلى هذا القول جماعة من أصحاب أبى حنيفة.
وقال بعض أصحابنا: إن للشافعى قولين. أحدهما: ما قلناه والآخر إن كل مجتهد مصيب وهو ظاهر قول مالك وإليه ذهب أكثر أصحاب أبى حنيفة وزعموا أن قوله هو قول المعتزلة وهو قول أبى الحسن الأشعرى وقال الأصم وابن عليه والمريسى: إن الحق في واحد من أقوال المجتهدين وما خالفه خطأ وصاحبه مأزور مأثوم٢. وقال أبو زيد في أصوله: قال فريق من المتكلمين: الحق في هذه الحوادث التي يجوز الفتوى في أحد أحكامها بالقياس والاجتهاد حقوق وكل مجتهد مصيب للحق بعينه. ثم إنهم افترقوا. فقال قوم: إذا لم يصب المجتهد الحق عند الله مكان مخطئا ابتداء وانتهاء حتى أن عمله لا يصح.
وقال علماؤنا: كان مخطئا للحق عند الله مصيبا في حق عمله حتى أن عمله به يقع صحيحا شرعا كأنه أصاب الحق عند الله.
قال: وبلغنا عن أبى حنيفة أنه قال ليوسف بن خالد السمتى: كل مجتهد مصيب والحق عند الله واحد فتبين لك أن الذى أخطأ ما عند الله مصيب في حق عمله.

📖 تفسير ابن عطية ١ ص ٤٨٤ مكتبة الشاملة

قال القاضي أبو محمد: وقيل غير هذا مما هو كله قريب بعضه من بعض، وقوله تعالى: جميعا حال من الضمير في قوله، اعتصموا، فالمعنى: كونوا في اعتصامكم مجتمعين. ولا تفرقوا يريد التفرق الذي لا يتأتى معه الائتلاف على الجهاد وحماية الدين وكلمة الله تعالى، وهذا هو الافتراق بالفتن والافتراق في العقائد، وأما الافتراق في مسائل الفروع والفقه فليس يدخل في هذه الآية، بل ذلك، هو الذي قال فيه رسول الله صلى الله عليه وسلم: خلاف أمتي رحمة، وقد اختلف الصحابة في الفروع أشد اختلاف، وهم يد واحدة على كل كافر، وأما الفتنة على علي بن أبي طالب رضي الله عنه فمن التفرق المنهي عنه، أما أن التأويل هو الذي أدخل في ذلك أكثر من دخله من الصحابة رضي الله عن جميعهم.

Wallahu a'lam bish_ahowab
diakusihukumfiqh212.blogspot.com

8 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Status hadits ttg maulid

    قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ` مَنْ عَظَّمَ مَوْلِدِيْ كُنْتُ شَفِيْعًا لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

    Rasulullah Saw bersabda: “Barangsiapa yang mengagungkan hari kelahiranku, maka kelak aku akan memberi syafaat kepadanya di hari kiamat.”

    Hadis ini sangat populer di masyarakat. Namun jika menelusuri jejaknya ke dalam kitab-kitab Hadis maupun kitab-kitab ulama salaf yang mu’tabarah (kitab rujukan standar ilmiyah), maka hadis di atas tidak akan pernah ditemukan. Sebab baru belakangan ini saja Hadis tersebut memiliki sumber rujukan yang jelas. Adalah kitab Madarij al-Su’ud karya ulama Nusantara Syeikh Nawawi al-Bantani yang menyebutkannya. Namun Syeikh Nawawi al-Bantani juga tidak menyebutkan dari mana sumber Hadis tersebut berasal dan siapa perawinya.

    Walhasil, Hadis tersebut memang tidak pernah ada di dalam kitab-kitab Hadis maupun kitab-kitab mu’tabarah (standar ilmiah) lainnya. Sekiranya Hadis tersebut pernah disabdakan oleh Rasulullah Saw, maka para ulama akan memasukkannya ke dalam kitab-kitab mereka. Setidaknya, jika hal itu memang pernah ada, maka akan ada juga catatan yang menjelaskan bahwa para sahabat Nabi, Tabi’in, dan ulama salaf (ulama klasik) pernah mengamalkan Hadis tersebut. Namun ternyata hal ini juga tidak pernah ditemukan. Karenanya dalam catatan sejarah tidak ada seorang pun dari ulama yang mengamalkannya, sebab Rasulullah Saw. memang tidak pernah mensabdakan Hadis tersebut. Jika dalam sejarah tercatat banyak ulama yang merayakan Maulid Nabi Saw, itu bukan karena berlandaskan pada Hadis tersebut. Melainkan karena ada dalil lain yang shahih sehingga dijadikan sebagai hujjah oleh mereka.

    Ditinjau dari kajian ilmu riwayat, Hadis tersebut tidak memiliki sanad. La sanada lahu, Tidak adanya sanad menjadikan Hadis ini bermasalah, lemah tidak memiliki dasar yang jelas. Dalam hal ini, benar penuturan Ibnu Sirin dan Ibn al-Mubarak yang menyebutkan;


    قَالَ مُحَمَّدُ بْنِ سِيْرِيْنَ: إِنَّ هَذَا الْعِلْمَ دِيْنٌ فَانْظُرُوْا عَمَّنْ تَأْخُذُوْا دِيْنَكُمْ— قَالَ عَبْدُ اللهِ بْنِ الْـمُبَارَكِ: اَلْإِسْنَادُ مِنَ الدِّيْنِ لَوْلَا الْإِسْنَادُ لَقَالَ مَنْ شَاءَ مَا شَاءَ



    Muhammad bin Sirin berkata: “Ilmu (sanad) ini adalah (bagian dari) agama, maka perhatikanlah dari siapa ia mengambil agamanya.”— Abdullah bin al-Mubarak berkata: Sanad adalah bagian dari agama, kalau bukan karena sanad, orang akan berkata seenaknya saja.”

    Sehingga kemudian Hadis seperti di atas dalam kajian ilmu Hadis disebut sebagai Hadis yang la ashla lahu atau laisa lahu ashl (tidak ada dasarnya). Hadis-hadis yang la ashla lahu seperti ini, tidak bisa dibenarkan karena tergolong sebagai Hadis maudhu’ (palsu). Memang ada ungkapan Sahabat dengan redaksi seperti berikut;

    قَالَ عُمَرُ بْنِ الْخَطَّابِ رضي الله عنه : مَنْ عَظَّمَ مَوْلِدِ النَّبِي ` فَقَدْ أَحْيَا الْإِسْلَامِ



    Umar bin al-Khattab berkata: “Barangsiapa yang mengagungkan hari kelahiran Nabi Saw, maka sungguh ia telah menghidupkan Islam.”

    قَالَ عَلِيُّ بْنِ أَبِيْ طَالِبٍ كرم الله وجهه: مَنْ عَظَّمَ مَوْلِدِ النَّبِيْ ` لَا يَخْرُجُ مِنَ الدُّنْيَا إِلَّا بِالْإِيْمَانِ



    Ali bin Abi Thalib berkata: “Barangsiapa yang mengagungkan Maulid Nabi Saw, maka ia tidak akan meninggalkan dunia ini kecuali dengan beriman.”

    Qaul al-shahabah (perkataan Sahabat) ini juga tidak bisa diterima meski redaksinya sangat mirip dan mendukung. Sebab otentitasnya juga sangat diragukan, la ashla lahu (tidak ada dasarnya), dan tidak ada satu pun catatan yang menjelaskan ungkapan tersebut bersumber dari Sahabat ‘Umar dan ‘Ali. Maka dari itu, kualitas perkataan ini kualitasnya juga maudhu’ (palsu). Jika itu dianggap benar, maka kebenaran itu hanya kebenaran satu pihak saja, tidak bisa diterima secara jama’ dan luas.

    BalasHapus


  4. ﻭﻣﺎ ﺫﻛﺮﺗﻢ ﻣﻦ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﺍﻟﺬﻱ ﺃﻭﺭﺩﻩ ﺍﻟﻌﻼﻣﺔ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﻣﺤﻤﺪ ﻧﻮﻭﻱ ﺍﻟﺠﺎﻭﻱ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻭﺃﻣﺪﻧﺎ ﻣﻦ ﺑﺮﻛﺎﺗﻪ ﻓﻠﻴﺲ ﻟﻪ ﺃﺻﻞ ﺑﻞ ﻫﻮ ﺣﺪﻳﺚ ﻣﺼﻨﻮﻉ ﻭﻣﺨﺎﻳﻞ ﺍﻟﻮﺿﻊ ﻋﻠﻴﻪ ﻻﺋﺤﺔ. ﻭﻟﻮ ﻛﺎﻥ ﻫﻨﺎﻙ ﺣﺪﻳﺚ ﻣﺜﻞ ﻫﺬﺍ ﺃﻭ ﻗﺮﻳﺐ ﻣﻨﻪ ﻭﻟﻮ ﺑﺄﻗﻞ ﺩﺭﺟﺎﺕ ﺍﻟﺮﻭﺍﻳﺔ ﻭﺍﻟﻘﺒﻮﻝ ﻟﻜﺎﻥ ﻣﺴﺘﻨﺪﺍ ﻟﺮﻓﻊ ﺍﻟﻨﺰﺍﻉ ﻭﻣﻀﻌﻔﺎ ﻟﺪﻋﻮﻯ ﺍﻟﺨﺼﻢ ﻭﻟﻜﺎﻥ ﺍﻷﺋﻤﺔ ﻣﻦ ﺍﻟﺤﻔﺎﻅ ﻭﻏﻴﺮﻫﻢ ﻳﺬﻛﺮﻭﻧﻪ ﻓﻰ ﻣﻨﺎﻇﺮﺗﻬﻢ ﻭﻣﺪﺍﻓﻌﺘﻬﻢ ﻭﻟﻢ ﻳﻘﻊ ﺷﻲﺀ ﻣﻦ ﺫﻟﻚ. ﻭﻳﻌﺘﺬﺭ ﻋﻦ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﻣﺤﻤﺪ ﻧﻮﻭﻯ ﺍﻟﺠﺎﻭﻯ ﺑﺄﻧﻪ ﻛﻐﻴﺮﻩ ﻣﻦ ﺍﻟﻔﻘﻬﺎﺀ ﻳﺘﺴﺎﻫﻠﻮﻥ ﻓﻰ ﺍﻟﺮﻭﺍﻳﺔ ﻳﻜﻮﻥ ﺟﻞ ﻏﺮﺿﻬﻢ ﻭﻣﻌﻈﻢ ﻗﺼﺪﻫﻢ ﺍﺛﺒﺎﺕ ﺍﻟﻤﻌﻨﻰ. ﻭﺫﻟﻚ ﻷﻥ ﺍﻟﻤﻌﻨﻰ ﺻﺤﻴﺢ ﻛﻤﺎ ﻳﻌﻠﻢ ﺫﻟﻚ ﻣﻦ ﻣﻘﺪﻣﺔ ﺍﻟﺠﻮﺍﺏ ﻋﻠﻰ ﺃﻧﻪ ﻗﺪ ﻳﻜﻮﻥ ﻣﺪﺳﻮﺳﺎ ﻋﻠﻴﻪ ﻓﻰ ﻛﺘﺒﻪ ﺃﻭ ﻳﻜﻮﻥ ﻭﻗﻊ ﻷﺣﺪ ﺍﻟﻌﺎﺭﻓﻴﻦ ﺑﺎﻟﻠﻪ ﺑﻄﺮﻳﻖ ﺍﻟﺮﺅﻳﺎ ﺍﻟﻤﻨﺎﻣﻴﺔ ﻭﻟﻜﻦ ﻣﺎ ﺛﺒﺖ ﺑﺬﻟﻚ ﻻ ﻳﺼﻠﺢ ﻟﻺﺳﺘﺪﻻﻝ ﻭﺇﻧﻤﺎ ﻳﺼﻠﺢ ﻟﻺﺳﺘﺌﻨﺎﺱ ﻭﻻ ﻳﺮﻭﻯ ﺑﺼﻴﻐﺔ ﺍﻟﺠﺰﻡ ﺑﻞ ﻳﺬﻛﺮ ﺑﺼﻴﻐﺔ ﺍﻟﺘﻤﺮﻳﺾ ﻣﻊ ﺍﻟﺘﻨﺒﻴﻪ ﻋﻠﻰ ﻣﺼﺪﺭﻩ. ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺃﻋﻠﻢ ﺑﺤﻘﻴﻘﺔ ﺍﻟﺤﺎﻝ ﻭﺇﻟﻴﻪ ﺍﻟﻤﺮﺟﻊ ﻭﺍﻟﻤﺂﻝ

    ﺗﺤﻘﻴﻖ ﺷﺮﺡ ﺍﻟﻌﻘﻴﺪﺓ ﺍﻟﻄﺤﺎﻭﻳﺔ ﺹ31ـ30 )

    BalasHapus
  5. أخينا إيقاظ الهمم ، لو سمحتم تذكر لنا من هو المحقق للعقيدة الطحاوية؟ و أرجو أن يكون بين الفقير و بينكم علاقة و تواصل

    BalasHapus
  6. cukup dengan dalil abu lahab di ringankan siksa di hari senin karna bahagia dengan lahirnya baginda nabi

    BalasHapus
  7. Mempermasalahkan Maulid nabi saw sama saja mempermasalkan keimanannya , membaca maulud nabinya koq dilarang , begitulah pemikiran dajjal

    BalasHapus