Minggu, 25 Februari 2018

HUKUM WANITA MEMAKI MINYAK WANGI

KESIMPULAN TEAM DHF

HUKUM MEMAKAI MINYAK WANGI BAGI WANITA
----------------------------

📄 Pertanyaan:
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Bagaimana jika wanita memakai minyak wangi dan apa hukum nya

📋 Jawaban:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Hukum wanita memakai Make up, wangi-wangian atau parfum hukum nya di rinci sebagai berikut:

>> Haram, jika bertujuan untuk bersolek, dan mempercantik diri utk konsumsi publik

>> Sunnah, ketika bersama atau memakai minyak wangi hanya untuk suami

>> Makruh, jika keluar rumah meskipun bertujuan untuk ke pasar, ke masjid acara ke islamaan dll

>> Boleh, dengan sekedar nya jika bertujuan untuk menghilang kan bau badan yang tidak sedap

Sebgai mana keterangan sebagai beeikut:

Dari Yahya bin Ja’dah, “Di masa pemerintahan Umar bin Khatab ada seorang perempuan yang keluar rumah dengan memakai wewangian. Di tengah jalan, Umar mencium bau harum dari perempuan tersebut maka Umar pun memukulinya dengan tongkat. Setelah itu beliau berkata,

تخرجن متطيبات فيجد الرجال ريحكن وإنما قلوب الرجال عند أنوفهم اخرجن تفلات

“Kalian, para perempuan keluar rumah dengan memakai wewangian sehingga para laki-laki mencium bau harum kalian?! Sesungguhnya hati laki-laki itu ditentukan oleh bau yang dicium oleh hidungnya. Keluarlah kalian dari rumah dengan tidak memakai wewangian”. (HR.Abdurrazaq)

أيما امرأة استعطرت فمرت على قوم ليجدوا ريحها فهي زانية
(Perempuan manapun memakai wewangian kemudian lewat pada suatu kaum (laki-laki) agara mereka mendapati baunya maka ia seorang pelaku zina).
At-Tirmidzi[63]

Dalam bab tetang kemakruhan keluar perempuan dengan memakai wewangian, juga dari hadits Abi Musa al-‘Asy’ari dengan marfu’ kepada Rasulullah, ia bersabda:

كل عين زانية، والمرأة إذا استعطرت فمرت بالمجلس فهي كذا وكذا

(Setiap [kebanyakan] mata melakukan zina, dan perempuan jika ia memakai wewangian kemudian lewat di suatu majelis maka ia yang begini dan begini). Artinya ia seorang pelaku zina.

Hadits pertama di atas diriwayatkan oleh an-Nasa’i dan al-Baihaqi dalam suatu bab yang keduanya menamakan bab tersebut dengan “Bab makruh bagi perempuan untuk memakai wewangian”. Bab tersebut dinamakan demikian karena keduanya paham bahwa hukum perempuan memakai minyak wangi adalah makruh tanzih. Lafazh makruh jika diungkapkan secara mutlak maka yang dimaksud adalah makruh tanzih, sebagaimana dinyatakan para ulama madzhab Syafi’i. Syaikh Ahmad ibn Ruslan berkata[65]:

وفاعل المكروه لم يعذب # بل إ ن يكف لامتثال يثب

(Seorang pelaku perbuatan makruh tidak disiksa, tetapi bila ia tidak melakukan perbuatan tersebut karena tujuan melaksanakan syari’at, ia diberi pahala).
Sebagaiman diketahuai al-Baihaqi adalah salah seorang ulama besar madzhab Syafi’i. Pemahaman mazdhab Syafi’i ini juga diambil oleh madzhab Hanbali dan Maliki. Artinya semua madzhab menyatakan bahwa lafazh “makruh” jika disebut secara mutlak maka yang dimaksud adalah “makruh tanzih”. Adapaun dalam madzhab Hanafi, umumnya penyebutan tersebut untuk tujuan “makruh tahrim”; artinya pelaku perbuatan tersebut telah berdosa.
Dengan demikian, orang yang mengharamkan keluarnya perempuan dengan wewangian, akan bersikap apa terhadap hadits ‘Aisyah di atas yang merupakan hadits shahih, karena tidak ada seorang ahli haditspun (al-hafizh) yang menyatakan hadits tersebut dla’if ?!. Adapun penyataan sikap dari seorang yang bukan ahli hadits tentu saja tidak ada gunanya, karena itu tidak memberikan pengaruh (sebagaimana disebutkan dalam kitab-kitab Musthalah al-Hadits).

Hadits terakhir di atas dalam pengertian umum (Muthlaq), sementara hadits yang pertama dengan lafazh

[ليجدوا ريحها]

Dalam pengertian yang dikhususkan (Muqayyad). Tujuan kedua hadits adalah sama. Karena itu maka pengertian yang umum (Mutlaq) harus dipahami dengan mengaitkannya dengan pengertian yang khusus (Muqayyad), sebagai mana kaedah ini telah menjadi keharusan dengan kesepakatan (Ijma’) mayoritas ulama, supaya kita terhindar dari konfrontasi dengan kesepakatan (Ijma’) mayoritas ulama tersebut. Karena itu tidak ada seorangpun dari para ulama yang menyatakan haram secara mutlak bagi seorang perempuan keluar rumah dengan memakai wewangian. Pemahaman semacam ini sesuai dengan hadits ‘Aisyah yang diriwayatkan Abu Dawud dalam Sunan-nya, bahwa ia berkata[64]: “Kita [Isteri-isteri nabi] keluar bersama nabi menuju Mekah, dan kita melumuri wajah dengan misik wangi untuk ihram. Jika salah seorang dari kami berkeringat, air keringatnya mengalir di atas wajahnya [membentuk guratan-guratan], dan nabi tidak mencegah”. Padahal Rasulullah dan isteri-isterinya berpakian ihram dari Dzil Hulaifah; suatu tempat beberapa mil dari Madinah.

📚 REFERENSI:

📖 ١. الحواشي المدينة على منهج

ويكره بالطيب والزينة كمايكره الحضور لذوات الهيآت.

📖 ٢-بجيرمي على المنهج

أماالنساء فيكره لذوات الهيآت الحضور فيسن لغيرهن ويتنظفن بالماء ولايتطيبن ويخرجن في ثياب بذلتهن.. إلى ان قال : وتخرج العجوز والشابة غير الجميلة اذا لم تتزينا. قال : البرماوي فالمراد بذوات الهيئة بذنا وملبسا.

📖 الايمان القاسم بن سلام ا ص ٩٢-٩٣ مكتبة الشاملة

وكذلك حديثه في المرأة إذا استعطرت ثم مرت

بقوم يوجد ريحها "أنها زانية"١ فهل يكون هذا على الزنا الذي تجب فيه الحدود؟
ومثله قوله: "المستبان شيطانان يتهاتران ويتكاذبان" ٢. أفيتهم عليه أنه أراد الشيطانين الذين هم أولاد إبليس؟!
إنما هذا كله على ما أعلمتك من الأفعال والأخلاق والسنن
------------
Catatan kaki:

.١ حديث صحيح, أخرجه ابن خزيمة وابن حبان والحاكم في "صحاحهم" عن أبي موسى الأشعري مرفوعا بلفظ: "أيما امرأة استعطرت فمرت على  قوم ليجدوا ريحها فهي زانية, وكل عين زانية". وأخرجه بنحوه أبو داود والترمذي وصححه.
٢ حديث صحيح, أخرجه البخاري في "الأدب المفرد", وابن حبان في "صحيحه" وأحمد عن عياض بن حمار رضي الله عنه, وهو في "صحيح الجامع الصغير" رقم: ٦٥٧٢.

📖 الدر المنثور فى تفسير بالمأثور ٦ ص ١٧٨ مكتبة الشاملة،

وأخرج أحمد والبخاري ومسلم وأبو داود عن أبي هريرة قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ان الله عز وجل كتب على ابن آدم حظه من الزنا أدرك ذلك لا محالة
فزنا العين النظر وزنا اللسان المنطق وزنا الأذنين الاستماع وزنا اليدين البطش وزنا الرجلين الخطو والنفس تمنى وتشتهي والفرج يصدق ذلك أو يكذبه
وأخرج الحاكم وصححه عن حذيفة قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم النظرة سهم من سهام إبليس مسمومة فمن تركها من خوف الله أثابه إيمانا يجد حلاوته في قلبه

Hal 179

أخرج ابن أبي حاتم عن مقاتل قال: بلغنا - والله أعلم - أن جابر بن عبد الله الأنصاري حدث: أن أسماء بنت مرشد كانت في نخل لها في بني حارثة فجعل النساء يدخلن عليها غير مؤتزرات فيبدو ما في أرجلهن يعني الخلاخل ويبدو صدورهن وذوائبهن فقالت أسماء: ما أقبح هذا

فأنزل الله في ذلك {وقل للمؤمنات يغضضن من أبصارهن} الآية
وأخرج عبد الرزاق والفريابي وسعيد بن منصور وابن أبي شيبة وعبد بن حميد وابن جرير وابن المنذر وابن أبي حاتم والطبراني والحاكم وصححه وابن مردويه عن ابن مسعود في قوله {ولا يبدين زينتهن} قال: الزينة
السوار والدملج والخلخال والقرط والقلادة {إلا ما ظهر منها} قال: الثياب والجلبات
وأخرج ابن أبي شيبة وابن جرير وابن المنذر عن ابن مسعود رضي الله عنه قال: الزينة زينتان
زينة ظاهرة وزينة باطنة لا يراها إلا الزوج فاما الزينة الظاهرة: فالثياب
وأما الزينة الباطنة: فالكحل والسوار والخاتم ولفظ ابن جرير فالظاهرة منها: الثياب
وما يخفي: فالخلخالان والقرطان والسوارن
وأخرج احمد والنسائي والحاكم والبيهقي في سننه عن أبي موسى قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم أيما امرأة استعطرت فخرجت فمرت على قوم فيجدوا ريحها فهي زانية

📖 الاختلاط بين الرجال والنساء جز ١ ص ٣٧_٣٨ مكتبة الشاملة

أما إذا لم تكن هناك حاجة فقد قال الله - عز وجل -: {وقرن في بيوتكن}، ومع هذا الأمر بالقرار وحذرا من مغبة الاختلاط منع من الدخول على النساء، وكل ذلك لعظم فتنة النساء؛ قال تعالى: {زين للناس حب الشهوات من النساء والبنين والقناطير المقنطرة من الذهب والفضة والخيل المسومة والأنعام والحرث ذلك متاع الحياة الدنيا والله عنده حسن المآب (١٤)} (آل عمران:١٤)، فجعلهن من عين الشهوات، وبدأ بهن قبل بقية الأنواع، إشارة إلى أنهن الأصل في ذلك» (١).
ومما سبق نخلص إلى أن الأصل أمر النساء بلزوم البيوت، ونهيهن عن الخروج منها، أما عند الحاجة فيجوز لها أن تخرج ومن ذلك خروجها للعبادة، كالصلاة في المسجد رغم أن صلاتها في بيتها خير لها من صلاتها في المسجد، وكصلاة العيدين، ويجوز للمرأة أن تخرج للحج على أن تكون مع محرم، ويجوز لها الخروج لزيارة الآباء , والأمهات , وذوي المحارم , وشهود موت من ذكر , وحضور عرسه وقضاء حاجة لا غناء للمرأة عنها ولا تجد من يقوم بها. والدليل على ذلك قول النبي - صلى الله عليه وآله وسلم -: «قد أذن الله لكن أن تخرجن لحوائجكن» (رواه البخاري ومسلم).
فللمرأة أن تخرج من بيتها، ويكون هذا الخروج ممثلا لحركة طارئة من حيث الأصل، ومنضبطا بالشرع من حيث الممارسة، وبما لا يخل بقاعدة «القرار»، ومن ذلك:
١ - أن يكون خروج المرأة غير بغير فتنة , أما التي يخشى الافتتان بها فلا تخرج إلا إذا
أزالت أسباب الفتنة بها كالتبرج مثلا؛ قالتعالى: {ولا تبرجن تبرج الجاهلية الأولى} (الأحزاب: ٣٣).
٢ - أن تكون الطريق مأمونة من توقع المفسدة وإلا حرم خروجها.
٣ - أن يكون خروجها في زمن أمن الرجال ولا يفضي إلى خلوتها أو اختلاطها بهم الاختلاط المحرم؛ لأن تمكين النساء من اختلاطهن بالرجال أصل كل بلية وشر.
٤ - الالتزام بالحجاب فيكون خروجها في تستر تام، لقوله تعالى: {ياأيها النبي قل لأزواجك وبناتك ونساء المؤمنين يدنين عليهن من جلابيبهن ذلك أدنى أن يعرفن فلا يؤذين وكان الله غفورا رحيما (٥٩)} (الأحزاب: ٥٩).
٥ - أن يكون الخروج بإذن الزوج , فلا يجوز لها الخروج إلا بإذنه.
٦ ـ أن لا يؤدي خروجها إلى خلل في أداء واجباتها الأصلية في مقرها وهو المنزل.
٧ ـ الالتزام بغض البصر؛ قال تعالى: {وقل للمؤمنات يغضضن من أبصارهن ويحفظن فروجهن} (النور: ٣١).
٨ ـ عدم التعطر أو إصابة البخور؛ لقوله - صلى الله عليه وآله وسلم -: «أيما امرأة استعطرت، فمرت بقوم ليجدوا ريحها فهي زانية» (رواه الإمام أحمد والنسائي، وحسنه الألباني).
٩ - عدم الخضوع بالقول إذا كان هناك حاجة إلى مخاطبة الرجال.

https://diskusihukumfiqh212.blogspot.com

[ والله اعلم بالصواب ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar