Senin, 26 Februari 2018

HUKUM MENIKAHI DUA ISTRI SEKALIGUS

KESIMPULAN TEAM DHF

HUKUM MENIKAHI DUA WANITA DALAM 1 WAKTU
-------------------------------

📄 Pertanyaan:

assalamualaikum ustad ganteng dan ustadzah cantik , . , ,
mau nanyak,d tv lg viral seorang laki2 menikahi 2 wanita sekaligus,jadi undangannx tertera 3 nama .emg bleh kah nikah kyk gtu?
wassalam , , ,

📋 Jawaban:
وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

*HUKUM MENIKAH LEBIH DARI SATU*

🖋Boleh laki-laki merdeka Menikah lebih dari satu maximal nya 4.istri.
Asal mampu menafkahi dan mampu adil.

Berdasarkan firman Allah:

Maka kawini lah wanita-wanita ( lain) yang kamu senangi dua, tiga, atau empat" (4:3)

⚛Di antaranya  dalam kitab:
[Kifaayah Al-Akyhaar juz 1 halaman 347]

Dan diperbolehkan bagi pria merdeka untuk menikahi empat wanita merdeka, dan untuk pria sahaya menikahi dua. Haram bagi pria merdeka menikahi lebih dari empat wanita.

🖋Namun Menikah 1. istri jauh lebih baik dizman sekarang, mengingat sulitnya adil dan sulit nya suami dapat memenuhi syarat-syarat yg di tentukan syariat.

Sebagai mana  :Di dalam kitab:[ Iqna Li As-Syarbiiny juz 16 halaman 137]

As-Shoimiry berkata:

Yang di anjur kan untuk tidak melebihi dari satu wanita terlebih di jaman sekarang ini

*HUKUM MENIKAHI WANITA LEBIH DARI SATU SEKALIGUS*

🖋Menikahi wanita dalam dalam 1 waktu ، bahkan Dalam satu kali akad hukum nya boleh.

Sebagai mana di jelaskan
Di dalam kitab:
[ Al-Baajuuri juz 11 halaman 134 ]
Dan diperbolehkan bagi orang merdeka untuk mengumpulkan empat isteri wanita merdeka(keterangan mengumpulkan empat isteri) artinya dalam satu akad atau dalam beberapa akad meskipun secara berurutan.

*HUKUM MENGUMPULKAN ISTRI-ISTRI DALAM SATU RUMAH*
🖊Tidak boleh mengumpulkan istri dalam satu Rumah' kecuali dgn ridlo istri-istrinya.

Sebagai mana di jelaskan di dalam kitab: atsnal matholib:

Haram hukum nya menyatukan semua istri nya dalam satu tempat dalam satu waktu karena hal itu bisa memicu percekcokan dan merusak hubungan satu sama lain,kecuali bila ada keridhoan di antara mereka

*HUMUM MENJIMA' ISTRI-ISTRINYA DALAM SATU KAMAR*

🖋menjima' istri di hadapan istri yg lain (satu kamar)
Tidak di perbolehkan:
Sebagaimana di jelaskan di dalam kitab tuhfatul mukhtaj:

⚜Sebagai pendapat ulama menghukumi makruh,

⚜ada yg menghukumi makruh tanzih ,

⚜bahkan imam adzro'ie  menghukumi haram .

➡Sebagian pendapat haram apabila menyakiti perasaan istri yg lain, dan keharaman nya sebab istri yang lain di haramkan melihat aurat istri satu nya.

📚REFERENSI:
📖 [ Kifaayah Al-Akhyaar juz 1 halaman 347 ]

( ويجوز للحر أن يجمع بين أربع حرائر والعبد بين اثنتين ) يحرم على الرجل الحر أن يجمع بين أكثر من أربع نسوة

📘[ Iqna Li As-Syarbiiny juz 16 halaman 137 ]

ويجوز للحر أن يجمع بين أربع زوجات حرائر، ولا يجوز له أن يجمع بين أكثر من أربع لقوله: مثنى وثلاث ورباع، قال الصيمري من أصحابنا إلا أن المستحب أن لا يزيد على واحدة لاسيما في زماننا هذا أي في زمان الصيمري

📙Al-Baajuuri II/134
ويجوز للحر ان يجمع بين اربع حرائر قوله ان يجمع اي في عقد واحد او في عقود متعددة ولو مرتبة

📘[ Al-Majmu' juz 9 halaman 336 ]

قَالَ الْأَصْحَابُ وَيُتَصَوَّرُ أَنْ يَخْلَعَ نِسْوَةً بِعِوَضٍ وَاحِدٍ وَأَنْ يَتَزَوَّجَ نِسْوَةً بِعِوَضٍ وَاحِدٍ فِي عَقْدٍ وَاحِدٍ بِأَنْ يَكُونَ الْوَلِيُّ وَاحِدًامِثْلُ أَنْ يَكُونَ لَهُ بَنَاتُ بَنِينَ أَوْ بَنَاتُ إخْوَةٍ أَوْ بَنَاتُ أَعْمَامٍ أَوْ مُعْتَقَاتٌ وَيُتَصَوَّرُ مَعَ تَعَدُّدِ الْوَلِيِّ بِأَنْ يُوَكِّلَ الْأَوْلِيَاءُ رَجُلًا وَاحِدًا قَالَ أَصْحَابُنَا فَيَصِحُّ النِّكَاحُ فِي مَسْأَلَةِ النِّكَاحِ وَيَقَعُ الطَّلَاقُ فِي مَسْأَلَةِ الْخُلْعِ

📘 Al-Wasith juz 5 halaman 232 ]

الثَّانِيَة لَو جمع بَين نسْوَة فِي عقد وَاحِد على صدَاق وَاحِد فَالنِّكَاح صَحِيح وَفِي صِحَة الصَدَاق قَولَانِ نَص عَلَيْهِمَا الشَّافِعِي رَضِي الله عَنهُ

📘[ Asnal Matholib ]

فَيَحْرُمُ عَلَيْهِ أَنْ يَجْمَعَهُنَّ بِمَسْكَنٍ وَلَوْ لَيْلَةً وَاحِدَةً إلَّا بِرِضَاهُنَّ لِأَنَّهُ يُوَلِّدُ كَثْرَةَ الْمُخَاصَمَةِ وَيُشَوِّشُ الْعِشْرَةَ .

📘ﺗﺤﻔﺔ ﺍﻟﻤﺤﺘﺎﺝ ﻓﻲ ﺷﺮﺡ ﺍﻟﻤﻨﻬﺎﺝ ﺍﻟﺠﺰﺀ ﺍﻟﺴﺎﺑﻊ
ﻭﻳﻜﺮﻩ ﻭﻁﺀ ﻭﺍﺣﺪﺓ ﻣﻊ ﻋﻠﻢ ﺍﻷﺧﺮﻯ ﺑﻪ ﻭﻻ ﺗﻠﺰﻣﻬﺎ ﺍﻹﺟﺎﺑﺔ ؛ ﻷﻥ ﺍﻟﺤﻴﺎﺀ ﻭﺍﻟﻤﺮﻭﺀﺓ ﻳﺄﺑﻴﺎﻥ ﺫﻟﻚ ﻭﻣﻦ ﺛﻢ ﺻﻮﺏ ﺍﻷﺫﺭﻋﻲ ﺍﻟﺘﺤﺮﻳﻢﻗﻮﻟﻪ: ﻭﻳﻜﺮﻩ ﺇﻟﺦ ﻇﺎﻫﺮﻩ ﻛﺮﺍﻫﺔ ﺍﻟﺘﻨﺰﻳﻪ ﻭﺑﻪ ﺻﺮﺡ ﺍﻟﻤﺼﻨﻒ ﻓﻲ ﺗﻌﻠﻴﻘﻪ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺘﻨﺒﻴﻪ ﺍ ﻫـ ﻣﻐﻨﻲ ﻭﻇﺎﻫﺮ ﺍﻟﺘﻌﻠﻴﻞ ﺍﻵﺗﻲ ﺃﻥ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺤﻜﻢ ﻻ ﻳﺨﺘﺺ ﺑﺎﻟﺰﻭﺟﺎﺕ ﺑﻞ ﻳﺠﺮﻱ ﻓﻲ ﺯﻭﺟﺔ ﻭسرﻳﺔ ﻭﻓﻲ ﺳﺮﻳﺎﺕ ﻓﻠﻴﺮﺍﺟﻊ.ﻗﻮﻟﻪ: ﻣﻊ ﻋﻠﻢ ﺍﻷﺧﺮﻯ ﺇﻟﺦ ﺑﻞ ﻳﺤﺮﻡ ﺇﻥ ﻗﺼﺪ ﺇﻳﺬﺍﺀ ﺍﻷﺧﺮﻯ ﺃﻭ ﻟﺰﻡ ﻣﻨﻪ ﺭﺅﻳﺔ ﻣﺤﺮﻣﺔ ﻟﻠﻌﻮﺭﺓ ﻡ ﺭ ﺍ ﻫـ ﺳﻢ ﻋﺒﺎﺭﺓ ﺍﻟﺮﺷﻴﺪﻱﻗﻮﻟﻪ: ﻣﻊ ﻋﻠﻢ ﺍﻷﺧﺮﻯ. ﻋﺒﺎﺭﺓ ﻏﻴﺮﻩ ﺑﺤﻀﺮﺓ ﺍﻷﺧﺮﻯ ﺍ ﻫـ ﻭﻣﻦ ﺍﻟﻐﻴﺮ ﺍﻟﻤﻐﻨﻲ .ﻗﻮﻟﻪ: ﻭﻻ ﺗﻠﺰﻣﻬﺎ ﺍﻹﺟﺎﺑﺔ. ﻭﻻ ﺗﺼﻴﺮ ﻧﺎﺷﺰﺓ ﺑﺎﻻﻣﺘﻨﺎﻉ ﺍ ﻫـ ﻣﻐﻨﻲ .ﻗﻮﻟﻪ: ﻭﻣﻦ ﺛﻢ ﺻﻮﺏ ﺍﻷﺫﺭﻋﻲ ﺇﻟﺦ ﻭﻳﻤﻜﻦ ﺍﻟﺠﻤﻊ ﺑﻴﻨﻬﻤﺎ ﺑﺄﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﻣﺤﻞ ﺍﻟﺘﺤﺮﻳﻢ ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻧﺖ ﺇﺣﺪﺍﻫﻤﺎ ﺗﺮﻯ ﻋﻮﺭﺓ ﺍﻷﺧﺮﻯ ﺍ ﻫـ ﻣﻐﻨﻲ ﺯﺍﺩ ﺍﻟﻨﻬﺎﻳﺔ ﺃﻭ ﻗﺼﺪ ﺑﻪ ﺍﻹﻳﺬﺍﺀ ﻭﺍﻷﻭﻝ ﻋﻠﻰ ﺧﻼﻓﻪ ﺍ ﻫـ

https://diskusihukumfiqh212.blogspot.com
https://hikmahdhf.blogspot.com
[ والله اعلم بالصواب ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar