Minggu, 25 Februari 2018

HUKUM MENCIUM BATU NISAN

KESIMPULAN TEAM DHF

HUKUM MENCIUM BATU NISAN SAAT BERZIAROH KE MAKAM
---------------------------------

📄 Paertanyaa

Bagaimana hukum nya jika kita mencium batu nisan ketika berziaroh

📋 Jawaban:

Mencium kuburan atau mencium batu nisan di pemakaman saat berziaroh hukum nya makruh

Dan perbuatan ini termasuk bid'ah qobihah (bid'ah yang buruk atau tercela)  dan perbuatan ini sering kali di anggap sesuatu yang baik oleh orang yang mengerjakan nya
Padahal perbuatan itu merupakan perbuatan qaum nashroni.

Kecuali sebagaimana yang di jelaskan oleh al_imam al ghozali:
Apabila yang di cium adalah batu nisan makam nya orang-orang sholeh seperti:

Makam para wali, makam para anbiya' dengan tujuan untuk mendapat kan barokah (tabarruk) ,maka dengan tujuan tersebut di perboleh kan.

Berikut kami kutipkan beberapa sumber muktabar terkait hukum di atas:

Allah berfirman:

أَفَمَنْ زُيِّنَ لَهُ سُوءُ عَمَلِهِ فَرَآهُ حَسَنًا فَإِنَّ اللَّهَ يُضِلُّ مَنْ يَشَاءُ وَيَهْدِي مَنْ يَشَاءُ فَلَا تَذْهَبْ نَفْسُكَ عَلَيْهِمْ حَسَرَاتٍ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ بِمَا يَصْنَعُونَ

Artinya:

"Maka apakah orang yang dijadikan menganggap baik pekerjaannya buruk lalu yang dia anggap pekerjaan itu baik? Maka Sesungguhnya Allah menyesatkan siapa yang dikehendaki-Nya dan menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya; Maka janganlah dirimu binasa karena Kesedihan terhadap mereka. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang mereka perbuat."
(Q.S. Fathir : 8)

Imam Nawawi berkata:

di dalam kitab Majmu' juz 5 halaman 286-267 sebagai berikut:

وعن جماعة من السلف رضي الله عنهم ، قال أبو موسى : وقال الإمام أبو الحسن محمد بن مرزوق الزعفراني : وكان من الفقهاء المحققين في كتابه في الجنائز : ولا يستلم القبر بيده ، ولا يقبله قال : وعلى هذا مضت السنة .

Dan dari jama'ah ulama' salaf-semoga Allah meridhoi mereka- Abu musa berkata :al imam abul hasan muhammad marzuk az za'faroni -beliau termasuk salah seorang ahli fiqh ahli tahqiq- dalm kitabnya dalam bab janaiz berkata :" dan tidak boleh mengusap kubur dengan tangannya dan tidak menciumnya. "imam abu hasan berkata :

قال أبو الحسن : واستلام القبور وتقبيلها الذي يفعله العوام الآن من المبتدعات المنكرة شرعا ، ينبغي تجنب فعله وينهى فاعله ، قال فمن قصد السلام على ميت سلم عليه من قبل وجهه ، وإذا أراد الدعاء تحول عن موضعه واستقبل القبلة ،

Imam abul hasan berkata  mengusap kubur dan menciumnya yang dilakukan oleh orang2 awam zaman sekarang termasuk bid'ah mungkarot syar'an, sebaiknya menjauhi pekerjaan itu dan mencegah pelakunya. barang siapa bertujuan memberi salam kepada mayit maka salamlah dari arah wajahnya, dan ketika hendak berdoa maka pindahlah dari tempatnya dan menghadap qiblat.

قال أبو موسى : وقال الفقهاء المتبحرون الخراسانيون : المستحب في زيارة القبور أن يقف مستدبر القبلة مستقبلا وجه الميت ، يسلم ولا يمسح القبر ولا يقبله ولا يمسه ، فإن ذلك عادة النصارى

Abu musa berkata para ahli fiqih dari khurosan yang ilmunya luas bagai lautan berkata :yang dianjurkan dalam ziarah kubur adalah berdiri menghadap wajahnya mayyit, memberi salam dan tidak mengusap, tidak mencium dan tidak menyentuh kuburan, karena sesungguhnya hal itu adalah kebiasaan orang2 nasroni.

Hal ini juga di jelaskan di dalam kitab:

Mau'idhotul Mukminin halaman 324

Dan di dalam kitab:

Ihya' Ulumuddin juz 4 halaman 491 sebagai berikut:

Dan yang di anjurkan dalam ziarah kubur adalah:

Berdiri menghadap wajah nya mayyit, memberi salam dan tidak mengusap, tidak menyentuh dan tidak mencium  kuburan,karena Sesungguh nya hal itu adalah kebiasaan orang-orang nasrani

Apabila yang di cium adalah batu nisan makam nya orang-orang sholeh seperti:

Makam para wali,dengan tujuan untuk mendapat kan barokah (tabarruk) ,maka dengan tujuan tersebut di perboleh kan

Imam Ahmad r.a berkata:

سألته عن الرجل يمس منبر النبي صلى الله عليه و سلم ويتبرك بمسه ويقبله ويفعل بالقبرمثل ذلك أو نحو هذا يريد بذلك التقرب إلى الله جل وعز فقال لا بأس بذلك

•Imam Ahmad bin Hanbal membolehkan bertabaruk dengan cara mengusap dan mencium mimbar dan makam Nabi dengan maksud taqarub kepada Allah.

-Al ‘Ilal wa ma’rifatu al rijal 2
Berdasarkan Hadits :

حَدَّثَنَا عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ عَمْرٍو، حَدَّثَنَا كَثِيرُ بْنُ زَيْدٍ، عَنْ دَاوُدَ بْنِ أَبِى صَالِحٍ، قَالَ: أَقْبَلَ مَرْوَانُ يَوْمًا، فَوَجَدَ رَجُلاً وَاضِعًا وَجْهَهُ عَلَى الْقَبْرِ، فَقَالَ: أَتَدْرِى مَا تَصْنَعُ؟ فَأَقْبَلَ عَلَيْهِ، فَإِذَا هُوَ أَبُو أَيُّوبَ، فَقَالَ: نَعَمْ

Sahabat Abu Ayyub al-Anshari , bertabaruk dengan mencium makam Nabi.

( Musnad Ahmad bin Hanbal)

📚 REFERENSI TAMBAHAN:

📖Tuhfatul Muhtaj, Juz : 3  Hal : 175

ويقرب) ندبا (زائره) من قبره (كقربه منه) إذا زاره (حيا) احتراما له والتزام القبر أو ما عليه من نحو تابوت ولو قبره - صلى الله عليه وسلم - بنحو يده وتقبيله بدعة مكروهة قبيحة

📖 Mughnil Muhtaj, Juz : 2  Hal : 55

ويكره تقبيل التابوت الذي يجعل على القبر كما يكره تقبيل القبر واستلامه وتقبيل الأعتاب عند الدخول لزيارة الأولياء، فإن هذا كله من البدع التي ارتكبها الناس {أفمن زين له سوء عمله فرآه حسنا} [فاطر: 8

📖 Nihayatul Muhtaj, Juz : 3  Hal : 34

ويكره أن يجعل على القبر مظلة، وأن يقبل التابوت الذي يجعل فوق القبر كما يكره تقبيل القبر واستلامه وتقبيل الأعتاب عند الدخول لزيارة الأولياء. نعم إن قصد بتقبيل أضرحتهم التبرك لم يكره كما أفتى به الوالد - رحمه الله تعالى -، فقد صرحوا بأنه إذا عجز عن استلام الحجر يسن له أن يشير بعصا، وأن يقبلها، وقالوا: أي أجزاء البيت قبل فحسن

📖 Hasyiyah Al-Jamal Ala Syarhil Manhaj, Juz : 2  Hal : 206

وقوله نعم إن قصد بتقبيل أضرحتهم التبرك لم يكره ومثلها غيرها من الأعتاب ونحوها

📖 mau'idhotul mukminin hal 324 :

والمستحب في زيارة القبور أن يقف مستدبر القبلة مستقبلا لوجه الميت ، وأن يسلم ولا يمسح القبر ولا يمسه ولا يقبله ، فإن ذلك من عادة النصارى .

📖  kitab ihya' ulumuddin (4/491)

وَالْمُسْتَحَبُّ فِي زِيَارَةِ الْقُبُورِ أَنْ يَقِفَ مُسْتَدْبِرَ القبلة مستقبلا بوجهه الْمَيِّتِ وَأَنْ يُسَلِّمَ وَلَا يَمْسَحَ الْقَبْرَ وَلَا يَمَسَّهُ وَلَا يُقَبِّلَهُ فَإِنَّ ذَلِكَ مِنْ عَادَةِ النَّصَارَى


https://diskusihukumfiqh212.blogspot.com

[ والله اعلم بالصواب ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar