Selasa, 27 Februari 2018

KEUTAMAAN BANGUN DAN SHOLAT MALAM

KESIMPULAN TEAM DHF

KE UTAMAAN KIYAMULLAIL
-----------------------------

📃 Pertanyaan:

Assalamualaikum wr. Wb.
Pimpinan saya mau bertanya tentang ibadah kalau kita jarang tidur malam walaupun tidak melakukan ibadah itu juga termaduk ibadah kan
Jadi yang saya tanyakan kalau jarang todur malam tapi kita sering berbuat maksiat mata apakah itu juga termasuk ibadah pimpinan

📋 Jawaban:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Yang termasuk ibadah tengah malam seperti:

Sholat sunnah, membaca al-qur'an, dzikir dan ibadah lain nya

Jika yang terjadi sebalik nya atau mengerjakan perkara maksiat maka tidak bernilai ibadah malah akan mendapat kan dosa

Ibadah yang paling di anjurkan pada tengah malam adalah tahajjud

Allah berfirman:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا
Artinya:

Dan padasebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadahtambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang Terpuji. (Qs.Al Isro` 79 ).

Setelah tahajjud maka berdzikir lah meminta ampun kepada Allah atau mmbca Al qur'an.

Allah berfirman:

يَا أَيُّهَا الْمُزَّمِّلُ (١) قُمِ اللَّيْلَ إِلَّا قَلِيلًا (٢) نِصْفَهُ أَوِ انْقُصْ مِنْهُ قَلِيلًا (٣) أَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ الْقُرْآَنَ تَرْتِيلًا (٤)
"Artinya

"Hai orang-orang yang berselimut, bangunlah pada sebagian malam (untuk shalat); separuhnya, atau kurangi atau lebih sedikit dari itu.
Dan bacalah al-Qur'an dengan tartil".
(QS Al Muzammil: 1-4).

فتأمَّل - رحمك الله - هذا الحديث والذي قبله، وأكثر النظر فيهما لعلَّه ينشرح صدرك لقيام الليل ويكمل نشاطك، وتصدق رغبتك فيه، وينتفي
عنك الكسل والغفلة، والإكثار من النوم الذي فيه ذهاب بركة العمر وضياع الوقت.

Maka renungkanlah hadits ini supaya dadamu menjadi lapang untuk mengerjakan shalat malam, kegiatanmu menjadi penuh dan keinginanmu menjadi benar terhadapnya.

Disamping itu akan lenyap darimu sifat malas dan lalai, banyak tidur yang menghilangkan barokah umur dan menyia-nyian waktu.

وقد ورد في بعض الآثار: أن من يكثر النوم بالليل يأتي فقيراً يوم القيامة. وورد : أن ركعتين في جوف الليل كنز من كنوز البر.

Diriwayatkan dalam atsar bahwa siapa yang banyak tidur diwaktu malam, ia akan muncul dalam keadaan miskin pada hari kiamat. Diriwayatkan bahwa dua rakaat ditengah malam termasuk kebajikan terpendam.

وقال عليه الصلاة والسلام : ((أقرب ما يكون الربُّ من عبده في جوف الليل، فإن استطعت أن تكون مصلياً في ذلك الوقت فكن)).

Nabi saw bersabda : “Kedudukan Tuhan yang terdekat terhadap hambaNya adalah ditengah malam. Maka jika engkau sanggup shalat di waktu itu hendaklah engkau shalat.”

وقال عليه الصلاة والسلام : ((يحشر الناس في صعيد واحد فينادي منادٍ: أين الذين كانت تتجافى جنوبهم عن المضاجع؟ فيقومون وهم قليل، فيدخلون الجنة بغير حساب..))الحديث.

Nabi saw bersabda : “Semua manusia dihimpun pada satu tanah lapang, kemudian seorang malaikat berseru : Dimana orang-orang yang lambung mereka dulu jauh dari tempat tidur, lalu bangun dtengah malam? Mereka itu sedikit dan masuk surga tanpa dihisab.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ , قَالَ : ” رُبَّ صَائِمٍ لَيْسَ لَهُ حَظٌّ مِنْ صَوْمِهِ إِلَّا الْجُوعُ وَالْعَطَشُ ، وَرُبَّ قَائِمٍ لَيْسَ لَهُ حَظٌّ مِنْ قِيَامِهِ إِلَّا السَّهَرُ وَالنَّصَبُ “(رواه ابن ماجه)

“Dari Abi Hurairah radliallahu’anhu bahwasanya Rosulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, ‘Berapa banyak orang berpuasa yang tidak mendapatkan apa-apa kecuali lapar dan dahaga saja. Dan berapa banyak orang yang sholat malam tiada bagian untuknya kecuali begadang dan kepayahan’ (HR. Ibnu Majah)

https://diskusihukumfiqh212.blogspot.com
hikmahdhf.blogspot.com
[ والله اعلم بالصواب ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar