Senin, 26 Februari 2018

HUKUM MENNGUNAKAN KONDOM DAN SETATUS ANAK NYA

KESIMPULAN TEAM DHF

HUKUM BERSETUBUH DENGAN MENGGUNAKAN KONDOM (PASANGAN SUAMI ISTRI)
-----------------------------

📄 Pertanyaan:

Assalmualaikum ane mau tanya
Selama menikah suami istri selalu mengunakan kondom ketika berjimak kemudia istrinya hamil dan melahirkan anak
Bagaimana status perwaliyan bayi ini

📋Jawaban:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Pemakaian kondom tidak menjamin untuk tidak bisa hamil

Bisa jadi kondom yang di pakai bocor,hingga sperma masuk ke rahim dan terjadi lah pembuahan

Mengenai masalah nasab anak yang lahir dari persetubuhan dengan menggunakan kondom maupun ‘azl maka dalam hal ini ada baiknya kita baca hadits Nabi:

عَنْ جَابِرٍ، أَنَّ رَجُلًا أَتَى رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ: إِنَّ لِي جَارِيَةً، هِيَ خَادِمُنَا وَسَانِيَتُنَا، وَأَنَا أَطُوفُ عَلَيْهَا، وَأَنَا أَكْرَهُ أَنْ تَحْمِلَ، فَقَالَ: اعْزِلْ عَنْهَا إِنْ شِئْتَ، فَإِنَّهُ سَيَأْتِيهَا مَا قُدِّرَ لَهَا ، فَلَبِثَ الرَّجُلُ، ثُمَّ أَتَاهُ، فَقَالَ: إِنَّ الْجَارِيَةَ قَدْ حَبِلَتْ، فَقَالَ: قَدْ أَخْبَرْتُكَ أَنَّهُ سَيَأْتِيهَا مَا قُدِّرَ لَهَا

Dari Jabir: Bahwa seorang laki-laki datang kepada Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam berkata: "Saya memiliki seorang budak perempuan yang bekerja melayani dan menyirami tanaman kami, saya sering menidurinya, akan tetapi saya tidak ingin jika dia hamil”. Lantas beliau bersabda: "Jika kamu mau, lakukanlah ‘azl, namun begitu, Allah akan mendatangkan apa yang telah ditakdirkan”. Tidak lama kemudian, laki-laki itu datang kepada Nabi lalu berkata: “Budak perempuan itu telah hamil”. Lantas beliau bersabda: "Bukankah aku telah mengatakan kepadamu bahwa Allah akan mendatangkan apa yang telah ditakdirkan”. (Shahih Muslim juz 2 hal. 1064 no. 1439).


🖊Jadi Apabila seorang suami memiliki istri atau budak wanita maka ia (istri) menjadi alasnya, lalu melahirkan anak sesuai masa imkan (anak lahir di atas enam bulan setelah persetubuhan yang sah) maka anak dinasabkan kepada suami, jadilah ia seorang anak yang berlaku hukum waris diantara keduanya (suami istri) dan lainnya dari hukum-hukum sebab kelahiran, baik si anak cocok dengan suami dalam hal kemiripan ataupun berbeda".

🖋Persetubuhan dengan menggunakan kondom di dalam ilmu fiqih termasuk kategori hukum ‘azl atau persetubuhan dengan mengeluarkan sperma di luar liang senggama (vagina). Penggunaan kondom dapat dikategorikan ke dalam hukum ‘azl sebab kondom dapat mencegah sperma tertumpah ke dalam rahim. Dalam hal ini Imam Nawawi juga memberikan penjelasan:
Bahwa nasab anak tersebut di ilhaqkan, (dihubungkan nasab nya) kepada org tua nya, degan demikian tetap berhak hak waris dan perwalian nya.

Kecuali Yaqin  bahwa suami tdk menjima' istrinya, atau menjima' tapi di anus (dzubur) nya sehingga sangat tdk.memungkinkan sperma masuk ke dlm rahim maka hal itu jelas anak tersebut  tdk di ilhaqkan (nasab nya tdk disandarkan) kepada org tua nya.

📚 REFERENSI:

📖 Syarh an Nawawiy 'ala Muslim juz 10 hal. 37

إذا كان للرجل زوجة أو مملوكة صارت فراشا له فأتت بولد لمدة الإمكان منه لحقه الولد وصار ولدا يجري بينهما التوارث وغيره من أحكام الولادة سواء كان موافقا له في الشبه أم مخالفا

📖 Syarh an Nawawiy 'ala Muslim juz 10 hal. 10

قوله صلى الله عليه وسلم (لا عليكم ألا تفعلوا ما كتب الله خلق نسمة هي كائنة إلى يوم القيامة إلا ستكون) معناه ما عليكم ضرر في ترك العزل لأن كل نفس قدر الله تعالى خلقها لابد أن يخلقها سواء عزلتم أم لا وما لم بقدر خلقها لا يقع سواء سواء عزلتم أم لا فلا فائدة في عزلكم فإنه إن كان الله تعالى قدر خلقها سبقكم الماء فلا ينفع حرصكم في منع الخلق

📖 Syarh an Nawawiy 'ala Muslim juz 10 hal. 13

قوله صلى الله عليه وسلم للذي أخبره بأن له جارية يعزل عنها (إن شئت ثم أخبره أنها حبلت) إلى آخره فيه دلالة على إلحاق النسب مع العزل لأن الماء قد سبق وفيه أنه إذا اعترف بوطء أمته صارت فراشا له وتلحقه أولادها إلا أن يدعي الاستبراء وهو مذهبنا ومذهب مالك

📖 Tuhfatul Muhtaj juz 8 hal. 215

ولو وطئ وعزل حرم) النفي (على الصحيح) ؛ لأن الماء قد يسبقه ولا يشعر به ولو كان يطأ فيما دون الفرج بحيث لا يمكن وصول الماء إليه لم يلحقه أو في الدبر تناقض فيه كلامهما والأرجح أنه لا يلحقه أيضا وليس من الظن علمه من نفسه أنه عقيم على الأوجه

📖 Al Fiqh 'ala Madzahib al Arba'ah juz 5 hal. 188

فإن تيقن أنه ليس منه، بأن لم يكن وطئها الزوج، أو وطئها لكنها أتت به لأقل من ستة أشهر من وقت الوطء، أو لأكثر من أربع سنين يجب عليه القذف، ونفي الولد باللعان، لأنه ممنوع من استلحاق نسب الغير، كما هو ممنوع من نفي نسبه، كما روي عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال: (أيما امرأة أدخلت على قوم من ليس منهم فليست من الله، ولن يدخلها الله حنته،) فما حرم على المرأة أن تدخل على قوم من ليس منهم كان الرجل أيضاً كذلك. أما إن احتمل أن يكون منه بأن أتت به لأكثر من ستة أشهر من وقت الوطء، ولدون أربع سنين، نظر، إن لم يكن قد استبرأها بحيضة، أو استبرأها وأتت به لدون ستة أشهر، من وقت الاستبراء، لا يحل له القذف والنفي، وإن اتهمها بالزنا

https://diskusihukumfiqh212.blogspot.com

[ والله اعلم بالصواب ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar