Minggu, 25 Februari 2018

HUKUM PERMAINAN DENGAN SISTEM TARUHAN

KESIMPULAN TEAM DHF

HUKUM PERMAINAN YANG MENGGUNAKAN SISTEM TARUHAN
-----------------------------

📄 Pertanyaan:

Bagaimana hukum nya orang bermain futsal yang kalah bayar, apakah termasuk judi permainan tersebut:

📋 Jawaban:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Bermain futsal dengan sistem yang kalah membayar kan yang menang hukum nya " Haram" karena hal tersebut termasuk taruhan dan termasuk judi

Dan bagi pengelolah lapangan wajib mencegah hal-hal yang berkaitan dengan judi atau taruhan

Akan tetapi jika pembayaran nya secara bersama (patungan) maka hukum nya boleh

Dan berikut kami jelas kan hal-hal yang termasuk judi dalam perlombaan:

♻ YANG TERMASUK JUDI DALAM PERLOMBAAN YAITU:

Menarik uang saat pendaftaran dari peserta untuk di jadikan hadiah, sedangkan yang bukan untuk hadiah tidak termasuk judi

Dan jika kedua belah pihak yang berlomba atau bertanding mengeluar kan taruhan secara serenta, maka tidak boleh karna hal itu termasuk judi yang di haram kan, yakni semua permainan yang berkutat antara meraup atau memperoleh sama sekali

Keluar nya taruhan dari dua belah pihak dan itu lah di maksud dengan "ALMAISIR (AL-MAIDAH 90) alasan keharaman nya adalah:

Masing-masing dari dua belah pihak tersebut berkutat antara mengalah kan pihak lawan dan memperoleh kemenangan atau ke untungan jika yang mengeluar kan taruhan hanya satu pihak dan boleh di ambil jika ia kalah atau pun sebalik nya jika ia menang maka menurut pendapat yang shahih adalah haram

📚*REFERENSI*

📖 الباجورى على فتح القريب الجزء الثانى ص: 310

وعبارته: وان اخرجاه اى العوض المتسابقان معا لم يجز... وهو اى القمار المحرم كل لعب تردد بين غنم وغرم.

📖 Matan Fathul qorib

وتصح المسابقة على الدواب والمناضلة بالسهام إذا كانت المسافة معلومة وصفة المناضلة معلومة ويخرج العوض أحد المتسابقين حتى إنه إذا سبق استرده وإن سبق أخذه صاحبه له وإن أخرجاه معا لم يجز إلا أن يدخلا بينهما محللا إن سبق أخذ العوض وإن سبق لم يغرم.

Sah perlombaan pakai kendaraan  dan lomba memanah ketika jauh dn sifat perlombaan diketahui. Benda salah satu dua pemain perlombaan dikeluarkan sampai bila dia lebih dulu maka bendanya dikembalikan kepadanya. Dan bila didahului maka bendanya diambil musuhnya. Dan bila mereka berdua mengeluarkan benda sama sama maka tidak boleh kecuali denga orang ketiga yang di sebut muhalalan. Bila ia lebih dulu maka berhak mengambil bendanya. Dan bila ia didahului mak ia tidak mengganti.

Fokus nya
ويخرج العوض أحد المتسابقين حتى إنه إذا سبق استرده وإن سبق أخذه صاحبه له وإن أخرجاه معا لم يجز

📖 الباجورى على فتح القريب. ٢/٣١

وعبارته: وان اخرجاه اى العوض المتسابقان معا لم يجز... وهو اى القمار المحرم كل لعب تردد بين غنم وغرم.

📖 اسعادالرفيق. ٢/١٠٢

كل مافيه قمار.  وصورته المجمع عليها ان يخرج العوض من الجانبين مع تكافئهماوهو المرادمن الميسر فى الآيتة.  ووجه حرمته ان كل واحد متردد بين ان يغلب صاحبه فيغنم. فإن ينفرد اللاعبان بإخراج العوض ليأخذ منه ان كان مغلوبا وعكسه ان كان غالبافالأصح حرمته ايضا.

والله اعلم
Diskusihukumfiqh212.blogspot.com



KESIMPULAN TEAM DHF

HUKUM PERLOMBAAN YANG DAFTAR NYA BAYAR
====================

ASSALAMUALAIKUM WR WB

PERTANYAAN:

Bagaimanakah hukum perlombaan yg pendaftaran nya bayar.

Jawab:

Waalaikum salam wr wb.

Hukum nya di tafsil

A.apabila uang pendaftaran tersebut di jadikan hadiah maka haram.

B. Apabila uang pendaptaran tdk di jadikan hadiah/ atau hadiah utk pemenang lomba tdk berasal dr pendaftaran tersebut maka boleh.

C.apabila pendaftaran tersebut di jadikan hadiah tetapi ada muhallil (ada sebagian peserta yg ikut lomba tdk perlu membayar) maka hukum nya boleh.

D. jika ada yang salah satu peserta tdk perlu bayar (gratis) maka yang lain tidak haram, namun jika bayar semua tanpa ada yang gratis, maka haram. yang gratis ini namanya muhallil.

Not:

Solusi yang ditawarkan untuk penyelenggaraan lomba berhadiah:
1.Uang pendaftaran tidak menjadi hadiah.
2.Hadiah diperoleh dari sumber lain (sponsor)
3.Jenis yang dilombakan tidak termasuk dalam larangan syariat seperti keterampilan dalam perang, jalan cepat, berenang, balap kuda dll.

Dasar Pengambilan :
1- الباجورى على فـتح القريب الجزء الثانى ص: 310
وعبارته: وان اخـرجاه اى العوض المتسـابقان معا لم يجز... وهو اى القمار المحرم كل لعب تردد بين غنم وغرم.
2- اسعاد الرفيق شرح سلم التوفيق الجزء الثانى ص: 102
وعبارته: (كل ما فيه قمار) وصورته المجمع عليها ان يخرج العوض من الجانبين مع تكافئهما،
وهو المراد من الميسـر فى الآية. ووجه حـرمته ان كل واحد متردد بين ان يغلب صاحبه فيغنم او يغلبه صاحبه فيغرم. فان عدلا عن ذلك الى الحكم السبق والرمي بان ينفرد اللاعبين باخراج العـوض ليأخذ منه ان كان مغلوبا وعكسه ان كان غالبا فالاصح حرمته ايضا.
3- الباجور على فتح القريب الدزء الثاني ص: 10
وعبارته: ويجـوز شرط العوض من غير المتسابقين من الامام او الاجنبي كأن يقول الامام من سبق منكما فله علي كذ من مالي ، او فله فى بيت المال كذا، او يكون ما يخرجـه من بيت المال من سـهم المصالح ، وكأن يقول الاجنبي : من سبق منكما فله علي كذا، لانه بذل مال فى طاعة وليس لملتزم العوض ولو كان غير المسابقين زيادة فى العوض ولا نقص عنه.
4- مغنى المحتاج شرح منهاج الطالبين الجزء الرابع ص 311
وعبارته : ''كتاب المسابقة والمناضلة'' هما سنة ويحل اخذ عوض عليهما, وتصح المناضلة على سهام وكذا مزاريق ورماح ورمى بأحجار ومنجنيق وكل نافع فى الحرب على المذهب.

______

fathul qorib jilid 318

وذكر المصنف الثاني في قوله: (وإن أخرجاه) أي العوض المتسابقان (معا لم يجز) أي لم يصح إخراجهما للعوض (إلا أن يُدخلا بينهما مُحلِّلا) بكسر اللام الأولى. وفي بعض النسخ «إلا أن يَدخل بينهما مُحَلِّلٌ»؛ (فإن سَبق) بفتح السين كلا من المتسابقين (أخذ العوض) الذي أخرجاه، (وإن سُبق) بضم أوله (لم يغرم) لهما شيئا.

_____

Wallahu a'lam bish showab
hikmahdhf.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar